Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Hal Penting bagi Pemula yang akan Belajar Menyelesaikan Project Python

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/61d177297e28f5ec4ef0e02269a0fdd6_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang saat ini paling banyak digunakan, baik oleh developer game, software, data scientist, bahkan developer website. Salah satu penyebab banyaknya user python adalah karena bahasa pemrograman ini mudah beradaptasi, memiliki bahasa yang mirip dengan bahasa inggris sehingga mudah dipelajari, powerful, multifungsi, dan dapat digunakan di berbagai device.Selain itu, python merupakan software yang bersifat open source, artinya user dapat menggunakan python baik untuk tujuan komersial maupun non komersial.  Di era big data, skill menguasai python merupakan syarat sebagian besar rekrutmen data scientist di perusahaan-perusahaan besar. Tak heran jika minat belajar python semakin meningkat dari hari ke hari. 

Ada banyak cara belajar python, salah satunya adalah dengan membangun project sebagai latihan dan mengukur kemampuan diri setelah mempelajari teori. Dengan membangun project, kita dapat menilai bagaimana progres kita selama belajar python, khususnya bagi pemula yang benar-benar baru "menyelam" di dunia python. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat project yang baik? apa yang harus kita lakukan jika menemui kesulitan? dan apa saja project yang tepat untuk pemula? Pada artikel kali ini DQLab akan membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jadi simak artikelnya sampai akhir ya!

1. Tips Memulai Project

TIps pertama adalah memilih topik yang kita minati. Jika kita tertarik dengan project yang akan kita bangun, kita akan memiliki motivasi lebih untuk menyelesaikan project tersebut. Motivasi ini sangat penting karena dapat dijadikan sebagai momentum saat kita mengalami kesulitan. Tips kedua adalah memilih apa tujuan yang ingin kita capai. Jika kamu ingin menjadi web developer, maka project yang bisa kamu pilih adalah dengan membangun aplikasi web kecil. Jika kamu ingin menjadi data scientist, maka project yang bisa kamu pilih adalah menganalisis kumpulan data yang bisa kamu temukan di internet atau sumber lain. Tips terakhir, mulailah project dari skala  kecil. Sebagai seorang beginner, kita tidak dianjurkan untuk terlalu ambisius. Sebenarnya wajar jika kita ingin mengerjakan suatu project yang impactful, namun perlu dipertimbangkan pula bahwa project yang besar pasti memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi pula. Oleh karena itu, kita bisa mulai project kecil terlebih dahulu dan ketika project tersebut sudah selesai, kita bisa tambah fungsionalitasnya sehingga pada akhirnya project tersebut menjadi project yang impactful.

Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula

2. Cara Mendapatkan Bantuan Jika Ada Kesulitan

Sebagai beginner, sudah pasti kita akan mengalami banyak kesulitan, entah bingung harus menggunakan fungsi yang mana atau error karena sintaks tidak bisa dirun dan output tidak keluar. Kuncinya, untuk mendapatkan bantuan adalah melakukan pencarian informasi yang kita butuhkan. Kita bisa memanfaatkan internet dan search engine untuk menemukan solusi dari problem yang kita hadapi. Ditambah dengan besarnya komunitas pengguna python di seluruh dunia, kita dengan mudah terhubung dengan mereka melalui internet. Salah satu komunitas online yang bisa kita gunakan untuk mencari solusi adalah Stack Overflow. Di platform ini kita tidak hanya bisa bertanya mengenai problem yang kita alami, tetapi juga bisa membantu orang lain. DI Stack Overflow kita juga bisa berdiskusi dengan user python yang lain. Selain menambah informasi, kita juga bisa berkenalan dengan user python yang lain di belahan dunia lain. 

3. Contoh Project untuk Pemula

Untuk membuat project, kita bisa memulai dari problem yang ada di sekitar kita. Beberapa contoh project yang bisa dibangun oleh pemula adalah membuat metode filtering dengan cara membuat code untuk mengurutkan data sesuai abjad atau numerik. Selain itu, kita juga bisa membuat program untuk mengkonversi suhu dengan cara menulis skrip yang dapat mengubah suhu Fahrenheit menjadi Celcius atau sebaliknya. Selain suhu, kita juga bisa membuat alat konversi pengukuran, misalnya perubahan satuan panjang dari inci ke centimeter atau meter, dan sebaliknya. 

Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python

4. Mulai Belajar Python Bersama DQLab Yuk!

Belajar Python sekarang yuk bersama DQLab! Nikmati pengalaman menarik belajar data science bersama DQLab secara gratis! Sign up sekarang dan nikmati pengalaman belajar gratis bersama DQLab! Akses module Intorduction to Data Science with Python sekarang. Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi dibawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!