SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 39 Menit 24 Detik

Hal Penting dalam Mengikuti Pelatihan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ed412215649f21f088566864d3466dfa_x_Thumbnail800.jpeg

Pada perkembangan teknologi saat ini jumlah data semakin meningkat pesat dari waktu ke waktu, bahkan peningkatan jumlah data ini meningkat dengan begitu cepat dan berbagai jenis data yang ada mulai dari data terstruktur maupun tidak terstruktur. Banyaknya jumlah data ini perlu ditindaklanjuti dengan proses analisis data agar menghasilkan informasi. Profesi yang biasanya bertanggung jawab terhadap proses analisis data disebut dengan data analyst. Saat ini pun sudah banyak penyelenggara pelatihan data analyst sebagai tempat untuk belajar menganalisis data bagi para pemula.


Profesi yang berkaitan dengan data saat ini menjadi salah satu hal yang menarik banyak perhatian para pencari kerja. Bahkan tidak sedikit orang yang alih profesi menjadi praktisi data, salah satunya adalah data analyst. Mengikuti pelatihan data analyst merupakan salah satu langkah bagi seseorang yang tidak mengerti tentang data sama sekali maupun yang ingin mengasah skill analisis data. Pada artikel kali ini kita akan mengenali hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti pelatihan data analyst.


1. Matematika Dasar

Pengetahuan dasar terkait ilmu matematika maupun statistika merupakan sesuatu yang perlu dipelajari calon praktisi data. Data analyst memang tidak harus berasal dari latar belakang pendidikan di atas, namun pengetahuan terkait ilmu tersebut menjadi pondasi utama bagi seorang data analyst. Dengan memiliki pondasi kuat terhadap bidang ilmu matematika maka proses analisis data akan menjadi lebih mudah dan seseorang dapat berpikir secara lebih kritis dan terstruktur. Beberapa bidang yang dapat kita pelajari dari matematika antara lain seperti aljabar linier geometri kalkulus statistika dan masih banyak lainnya.


Data Analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal pula dengan bahasa komputer merupakan salah satu keahlian penting yang perlu dimiliki dan dipersiapkan oleh data analyst. Seperti yang kita ketahui bahwa data yang dianalisis nantinya adalah big data, yaitu data yang berjumlah sangat besar. Hal itu perlu diproses menggunakan bantuan bahasa pemrograman agar lebih mudah dan efisien. Saat ini kita tidak perlu bingung ingin menggunakan bahasa pemrograman yang mana karena sudah banyak tersedia bahasa pemrograman yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan pengguna beberapa diantaranya seperti bahasa Python, SQL, R, Microsoft Excel dan lainnya

Data Analyst


3. Manajemen Waktu

Pada saat ingin mengikuti pelatihan atau kursus tertentu biasanya kita mendapatkan kurikulum atau jadwal pelatihan. Tidak jarang orang yang mengikuti pelatihan adalah seorang pekerja ataupun pelajar maupun mahasiswa. Salah satu hal yang perlu kita persiapkan dengan baik sebelum mengikuti pelatihan adalah manajemen waktu yang baik. Dengan memiliki manajemen waktu yang baik maka kita dapat lebih terfokus dalam mengikuti pelatihan tanpa mengesampingkan tugas-tugas lainnya.


4. Konsisten

Salah satu tantangan mengikuti pelatihan adalah menjaga kesemangatan atau konsisten dari awal materi sampai berakhirnya materi. Kita perlu memiliki pendirian untuk bersikap konsisten dalam belajar agar tidak hanya semangat pada awal materi saja. Pada umumnya dalam pelatihan seiring berjalannya waktu biasanya tingkat kesulitan materi semakin bertambah. Oleh karena itu kita perlu fokus dan konsisten dari awal pelatihan agar tidak keteteran dalam menjalankan latihan berikutnya.


Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Pelatihan data analyst merupakan salah satu perantara bagi seseorang yang ingin berkarir menjadi data analyst namun bingung untuk memulai dari mana dan bingung apa yang akan dipelajari. Dengan mengikuti pelatihan data analyst peserta akan mendapatkan mentor dan terbimbing secara khusus untuk mendapatkan materi terkait. Salah satu tempat untuk mengikuti pelatihan data analyst adalah DQLab DQLab juga menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login