JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 9 Jam 24 Menit 27 Detik

Hapus Elemen Python dengan Berbagai Metode

Belajar Data Science di Rumah 18-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-01-2024-03-18-201045_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh praktisi data. Tidak hanya praktisi data, Python juga digunakan oleh banyak role lain, seperti para developer (mulai dari software developer, website developer, game developer, dan lainnya), serta peneliti ataupun akademisi. Hal ini bisa terjadi karena adanya dukungan dari berbagai library Python sehingga membuat Python bersifat fleksibel.


Dalam proses penggunaan Python baik oleh praktisi data maupun oleh para developer, mereka kerap kali berada di kondisi yang perlu untuk menghapus elemen tertentu dari struktur data di Python. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan data-data yang tidak sesuai atau tidak relevan dengan kebutuhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghapus elemen Python dengan menggunakan berbagai metode. Yuk, kita simak pembahasannya!


1. Metode `del` untuk Menghapus Elemen dari List atau Dictionary

Salah satu cara paling sederhana untuk menghapus elemen dari list atau dictionary adalah dengan menggunakan pernyataan `del`. Teknik ini bisa digunakan pada list dan dictionary. Misalnya, jika kita memiliki list `my_list` dan ingin menghapus elemen pada indeks tertentu, kita bisa menggunakan sintaksis `del my_list[index]`. Demikian juga, untuk menghapus kunci dan nilainya dari dictionary, kita bisa menggunakan `del my_dict[key]`.


Berikut adalah contohnya:

Python


Dari contoh di atas, untuk list kita ingin menghapus elemen dengan indeks 2 yang berisi angka 3, sementara pada dictionary kita ingin menghapus elemen dengan kunci b dengan value 2. Setelah perintah berhasil dijalankan, kita bisa melihat bahwa row paling atas menunjukkan hasil penghapusan elemen dari list di indeks 2, dimana sudah tidak terdapat angka 3. Di row selanjutnya merupakan hasil hapus elemen pada dictionary dengan kunci b, sehingga kita tidak lagi menemukan kunci b dan value nya.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Metode `remove()` untuk Menghapus Elemen dari List

Jika kita tahu nilai dari elemen yang ingin dihapus dari list, kita dapat menggunakan metode `remove()`. Metode ini hanya akan menghapus nilai yang posisinya terletak di awal atau kemunculan pertama dari nilai yang diberikan dari list. Berikut contohnya:


Python


Dari list di atas, ada dua indeks yang berisi angka 3, yaitu indeks 2 dan 4. Ketika kita menggunakan metode `remove()` untuk menghapus angka 3, maka yang akan dihapus hanyalah angka 3 yang ada di indeks paling awal yaitu indeks 2. Angka 3 yang ada di indeks 4 akan tetap ada.


3. Metode `pop()` untuk Menghapus Elemen dari List berdasarkan Indeks

Metode `pop()` menghapus dan mengembalikan elemen pada indeks yang diberikan dari list. Jika tidak ada indeks yang diberikan, metode ini secara default akan menghapus dan menampilkan elemen terakhir dari list. Berikut adalah perbandingan penggunaan metode `pop()` dengan indeks dan tanpa indeks:

Python


Dari syntax di atas, kita ingin menghapus elemen dengan indeks yang spesifik yaitu indeks 2, Maka elemen yang terhapus adalah data yang ada di indeks 2 (angka 3). Lalu bagaimana jika indeks nya tidak didefinisikan? Mari kita bandingkan dengan syntax di bawah ini:

Python


Jika tidak mendefinisikan indeks, maka Python akan secara otomatis menghapus elemen yang ada di bagian paling belakang, yaitu angka 5. Bisa terlihat perbedaannya kan?

4.Metode `clear()` untuk Mengosongkan Seluruh Elemen dari List atau Dictionary

Dalam pekerjaan menggunakan Python, terkadang akan ada kondisi yang membutuhkan untuk mengosongkan semua elemen. Tentu akan sangat merepotkan jika harus menghapus satu per satu. Jika kita perlu menghapus seluruh elemen dari list atau dictionary, maka kita bisa menggunakan metode `clear()`. Teknik ini akan mengosongkan list atau dictionary tanpa menghapusnya.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Menghapus elemen dari struktur data merupakan tugas yang umum dalam proses analisis data. Dengan adanya pemahaman yang baik tentang berbagai metode penghapusan elemen, kita dapat lebih mudah untuk mengelola dan memanipulasi data dalam kode Python tersebut.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login