GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 6 Menit 32 Detik 

Ikut Beasiswa Data Science, Sudah Tahu Keuntungannya?

Belajar Data Science di Rumah 20-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f25c602d55fe26e7544ed070ad051baf_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan subjek yang cukup mendapat perhatian beberapa tahun kebelakang. Hal ini karena boomingnya istilah machine learning dan artificial intelligence. Data Science merupakan ilmu yang menggabungkan ilmu statistika, matematika, bisnis, dan ilmu komputer. Sebagian besar data science digunakan untuk mengolah data berukuran besar. Data ini sering dikenal dengan big data. Mengapa disebut big data? Well data ini memiliki empat karakteristik khusus yang tidak dimiliki oleh jenis data lain. Karakteristik tersebut adalah memiliki ukuran yang sangat besar, pertumbuhan yang sangat cepat, dan jenis data yang sangat bervariasi. Karena keunikannya ini, big data tidak bisa diproses dengan sembarang metode data science.


Meningkatnya popularitas data science membuat ketertarikan terkait data science terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tidak sedikit yang mulai belajar data science. Uniknya, bidang studi ini bisa dipelajari oleh siapapun dan dari background pendidikan apapun. Fenomena ini mendorong tumbuhnya platform yang menyediakan layanan  belajar data science bahkan hingga memberikan beasiswa belajar data science secara cuma-cuma. Dari beasiswa ini, kita akan mendapat banyak manfaat yang akan berguna bagi kita baik saat ini maupun di masa mendatang. Penasaran apa saja keuntungan tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Belajar Gratis

Data science merupakan bidang studi yang tidak murah. Hal ini karena ada banyak teori yang harus dipelajari dan tools yang harus dikuasai. Namun, dengan mengikuti beasiswa data science, kita bisa mendapatkan ilmu tersebut secara cuma-cuma alias gratis bahkan saat ini banyak beasiswa 100% yang artinya kita tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mempelajari data science. Bayangkan berapa uang yang harus kita keluarkan jika kita mempelajari data science di kampus atau kursus data science berbayar! So jika ada kesempatan beasiswa data science, jangan takut untuk mencoba ya!


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Belajar Langsung dari Expert

Sebagian besar lembaga yang menyediakan beasiswa data science bekerja sama dengan profesional yang sudah expert di bidangnya. Dengan mengikuti beasiswa ini, kita bisa mengambil ilmu langsung dari expert yang sudah bertahun-tahun menggeluti dunia data science. Selain itu, karena mereka sudah mengenal seluk beluk data science, mereka lebih paham materi apa yang banyak diaplikasikan di berbagai bidang. Kapan lagi belajar dari orang yang sudah menikmati asam garam data science? Selain belajar, kita juga akan mendapatkan motivasi tambahan untuk mendalami data science.


3. Belajar Menangani Berbagai Project

Di akhir beasiswa biasanya kita akan diberikan beberapa project yang harus diselesaikan berdasarkan materi yang telah kita pelajari. Jika beruntung, kita bisa saja diajak untuk mengerjakan project suatu perusahaan. What a priceless experience, right? 

Tujuan dari project ini adalah untuk mengukur pemahaman kita mengenai teori dan materi yang telah kita pelajari. Project ini bisa berasal dari berbagai bidang industri, seperti finance, marketing, health care, pemerintahan, bahkan retail. Project ini juga bisa kita gunakan sebagai portofolio loh!


4. Nilai Plus Di Mata Recruiter

Dalam proses recruitment, tidak jarang tim recruiter mencari kandidat yang memiliki pengalaman unik dan relevan. Menjadi penerima beasiswa data science merupakan nilai plus yang tidak dimiliki oleh semua orang. Kita akan dinilai memiliki value lebih daripada kandidat lain karena bisa mendapatkan beasiswa data science yang artinya kita memiliki experience yang mungkin tidak dimiliki oleh kandidat yang lain. Recruiter juga bisa merasa sangat tertarik dengan beasiswa yang kita dapatkan. Jika kita bisa memanfaatkan momen tersebut dengan baik, bukan hal yang mustahil kita menjadi kandidat terkuat untuk mendapatkan posisi yang kita incar.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Persiapkan Diri untuk Mendapatkan Beasiswa Data Science

Beasiswa data science merupakan salah satu beasiswa bonafit yang banyak diincar. Oleh karena itu, seleksi beasiswa ini relatif ketat karena diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari beginner hingga profesional di bidang data. Proses terberat dalam seleksi beasiswa data science adalah tes kompetensi dimana pemahaman dan pengetahuan kita mengenai data science ‘diadu’. Yuk mulai mempelajari data science untuk persiapan seleksi beasiswa data science bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati berbagai program belajar menarik lainnya sebagai bekal untuk mengikuti seleksi beasiswa data science.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita 

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!