Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Ikut Bootcamp Data Analyst, Siap Jadi Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 19-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f8d0a746-7b71-41d7-a04e-a605789fb14a-2023-06-19-163518_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst adalah profesi yang bertugas untuk mengolah dan menganalisis data mentah untuk mendapatkan insight yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Perkembangan teknologi digital membuat banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ini. Hal ini diakibatkan karena banyaknya data yang tersedia, dan tentunya akan sangat disayangkan jika perusahaan tidak bisa memanfaatkannya dengan benar.


Selain itu, hal ini juga memberikan peluang baru bagi para lembaga kursus yang menyediakan kursus Data Science. Profesi data khususnya Data Analyst yang terlihat cemerlang membuat banyak orang ingin melakukan switch career, namun mereka membutuhkan “bekal” untuk bisa menjadi praktisi data, sehingga mereka akan memilih untuk mengikuti kursus atau bootcamp Data Analyst. Salah satu lembaga kursus yang cukup terkenal adalah DQLab. Yuk, kita simak bersama, apa saja sih bootcamp yang tersedia di DQLab!


1. Mengenal Live Class DQLab

Data Analyst

Live class di DQLab adalah sesi pembelajaran online yang dilakukan secara langsung, di mana peserta dapat berinteraksi langsung dengan instruktur dan peserta lainnya. Dalam live class, instruktur akan memberikan penjelasan, contoh penggunaan, dan tanya jawab seputar topik yang sedang dipelajari. Bootcamp termasuk ke dalam bagian dari live class yang disediakan oleh DQLab. Sehingga peserta yang memilih untuk mengikuti bootcamp, sudah pasti akan bisa melakukan interaksi dua arah dengan instruktur sehingga akan membuat pemahaman yang semakin baik akan materi yang dijalankan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bootcamp Data Analyst with Excel

Data Analyst

Seperti judulnya, bootcamp ini adalah bootcamp yang mengajarkan peserta untuk melakukan analisis data dengan bantuan Excel. Bootcamp ini memang sengaja ditujukan bagi pemula yang tidak pernah belajar Excel sama sekali. Selama periode tersebut, peserta akan mendapatkan 15 kali live class atau setara dengan 30 jam belajar. Adapun materi dari bootcamp ini adalah:

  • Dasar-dasar Excel, peserta akan mempelajari hal basic Excel selama 5 sesi live class

  • Data Analysis in Excel, peserta akan menerapkan fungsi Excel untuk melakukan analisis data, terbagi menjadi 7 sesi live class

  • Data Storytelling, peserta akan belajar cara memvisualisasikan dan mempresentasikan hasil analisisnya, terbagi menjadi 3 sesi live class.


3. Bootcamp Data Analyst with Python & SQL in Google Platform

Data Analyst

Bootcamp ini juga sengaja ditujukan untuk pemula yang tidak pernah belajar Python dan SQL. Di dalam bootcamp, peserta akan diajarkan cara mengelola dan menganalisis data secara efektif menggunakan Python & SQL. Bootcamp ini terbagi menjadi 16 sesi live class atau setara dengan 32 jam belajar. Adapun materi yang akan dipelajari di bootcamp ini adalah:

  • Fundamental SQL menggunakan Google Big Queery. Materi ini dibagi menjadi 5 sesi live class, dimana peserta akan belajar cara menguasai teknik membuat dan mengelola database.

  • Fundamental Python menggunakan Google Collab. Selama 6 sesi live class, peserta akan belajar cara mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan Python.

  • Data Visualization dan Storytelling Menggunakan Looker Studio. Materi ini akan dibagi dalam 3 sesi live class, dimana peserta akan belajar caranya memvisualisasikan dan mempresentasikan data.

  • Data Science menggunakan Python. Selama 2 sesi live class, peserta akan mengeksplorasi data menggunakan Machine Learning dengan Python.


4. Machine Learning & AI for Beginning

Data Analyst

Bootcamp ini akan mempelajari konsep Machine Learning & AI dari dasar hingga mampu mengimplementasikannya dalam kasus nyata dan siap berkarier di bidang Machine Learning & AI. Bootcamp ini lebih disarankan untuk diikuti oleh pemula yang memahami dasar-dasar Python seperti Variable, Function, dan Control Flow. Selama periode tersebut, peserta akan belajar dalam 15 sesi live class atau setara dengan 30 jam belajar. Materi yang akan dibahas meliputi:

  • Machine Learning & AI 101. Peserta akan mengenal dasar Machine Learning & AI mulai dari definisi, jenis, dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Peserta juga akan mempelajari dasar bahasa pemrograman Python yang sering digunakan dalam model Machine Learning & AI. Materi ini terbagi menjadi 3 sesi live class.

  • Membangun Model Machine Learning & AI. Selama 7 sesi live class, peserta akan mempelajari ragam model Machine Learning & AI, menghasilkan model prediksi terbaik, dan mampu mengaplikasikan deep learning.

  • Tuning & Deployment. Peserta akan memahami implementasi hyperparameter tuning dan membuat aplikasi sederhana menggunakan Python. Materi ini terbagi menjadi 2 sesi live class.

  • Pengembangan Project. Di akhir program, dalam 3 sesi live class peserta akan menyelesaikan pembuatan model Machine Learning dari tahap awal (data preparation) hingga tahap deployment.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Kamu bisa memulai proses menjadi Data Analyst dengan belajar di DQLab, yang merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login