Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ikut Pelatihan Excel, Apa Saja yang Didapatkan?

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-1-2023-06-30-201930_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang sudah sering digunakan oleh para praktisi data dan bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Penggunaan microsoft excel ini sudah biasa digunakan mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja, peneliti, dan lainnya. Dengan demikian tidak mengherankan jika saat ini sudah tersedia banyak pelatihan excel sebagai tempat belajar para pemula atau seseorang yang ingin belajar lebih dalam mengenai excel.


Pada saat bekerja dalam suatu perusahaan atau mengerjakan kegiatan penelitian adakalanya kita memerlukan microsoft excel sebagai tools yang dapat membantu mempermudah pekerjaan. Microsoft excel sangat berguna untuk kebutuhan analisis data, membuat visualisasi data, melakukan perhitungan matematika dan aritmatika, untuk proses penyimpanan data, serta tersedianya begitu banyak rumus yang dapat digunakan. Pada artikel ini kita akan mengenali apa saja yang didapatkan ketika mengikuti pelatihan excel.


1. Tampilan Dasar Excel

Microsoft excel secara umum hampir sama dengan tools analisis data lainnya, yaitu memiliki fungsi khusus, memiliki tampilan dasar, dan lainnya. Pada saat peserta mengikuti pelatihan excel akan mendapatkan beberapa materi baik secara teori maupun praktek. Salah satu materi utama yang bisa didapatkan peserta antara lain mengenali tampilan dasar excel beserta fungsinya yang nantinya akan digunakan. Beberapa tampilan dasar excel yang perlu diketahui antara lain Name Box, Formula Bar, Menu Bar (Menu File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, View), Column Name, Title Bar, Ribbon Menu, Sheet, Zoom & Layout, Line Name.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memahami Dasar Penggunaan Excel

Sebagai peserta yang mengikuti pelatihan excel, salah satu tujuan utamanya adalah untuk dapat menggunakan microsoft excel dengan baik dan sesuai penggunaannya. Biasanya peserta akan mempelajari dan memahami dasar-dasar penggunaan microsoft excel seperti pengertian apa itu excel, mengapa menggunakan excel, mengenal dasar penggunaan excel, cara membuka aplikasi excel, mengenal baris judul, mengenal ribbon, mengenal formula bar dan lembar kerja, jenis-jenis data dalam excel mengatur posisi dan format text, mengatur format data, dan lainnya.

Excel

3. Rumus dalam Excel

Microsoft excel dikenal dengan tools yang memiliki banyak rumus atau fungsi. Setiap rumus dalam excel memiliki kegunaan masing-masing. Para pengguna excel tentunya perlu memahami dan dapat menerapkan rumus ini. Dalam menggunakan rumus excel terdapat beberapa komponen yang harus digunakan yaitu tanda sama dengan ( = ), nama function, dan sel yang akan diambil datanya. terdapat beberapa rumus excel yang sering digunakan dalam dunia kerja antara lain seperti SUM, MAX, MIN, AVERAGE,COUNT, COUNTA, TRIM, IF, AND, OR, NOT, VLOOKUP, HLOOKUP, CHOOSE, PRODUCT, POWER, SQRT, CONCATENATE, CEILING, COUNTIF, PROPER, dan masih banyak lainnya.

Excel


4. Visualisasi Data

Pada saat seseorang menggunakan microsoft excel untuk proses analisis data, pengguna biasanya akan melakukan visualisasi data dengan excel. Visualisasi data dalam excel ini dapat dipelajari dengan cara mengikuti pelatihan excel. Visualisasi data ini penting dapat digunakan dalam proses analisis data yang tujuannya untuk memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis. Oleh karena itu penting bagi calon praktisi data mengikuti pelatihan excel untuk menunjang keberhasil dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Microsoft excel adalah salah satu dari sekian banyak tools analisis data yang perlu dipelajari pada masa kini. Salah satu tempat untuk mempelajari microsoft excel adalah DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up & ikuti DQLab LiveClass, klik tautab berikut untuk informasi lebih lengkapnya https://dqlab.id/live-class 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login