GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 1 Menit 22 Detik 

Implementasi Metode Machine Learning dalam Bidang Data Science

Belajar Data Science di Rumah 06-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5fe8dcae5388235d0c56eab514dbbaa_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini jumlah data sangat besar dan kompleksitas data juga meningkat seiring waktu. Volume data yang sangat besar memerlukan teknik yang cukup mumpuni untuk menganalisis data lebih efisien dan cepat. Kombinasi data science dan machine learning adalah tools yang sangat powerful untuk mengolah data yang ukurannya sangat besar dan membutuhkan treatment yang berbeda dengan data-data lainnya. Machine learning adalah bagian dari artificial intelligence yang bekerja dengan cara melatih program dengan data agar bisa bekerja secara otomatis. Data scientist sering kali menggunakan machine learning untuk mengekstrak insight yang ada dalam big data.


Machine learning dan data science adalah dua ilmu yang saling melengkapi. Data science tanpa machine learning akan sangat sulit karena data yang digunakan terlalu besar dan tidak bisa diolah dengan tools konvensional. Machine learning tanpa data science pun tidak berguna karena bahan bakar dari machine learning adalah data. Machine learning memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang berbeda-beda. Setiap algoritma memiliki tujuan masing-masing dan membutuhkan treatment yang berbeda-beda. Pada artikel kali ini DQLab akan menjelaskan kegunaan machine learning dalam data science yang harus diketahui oleh data scientist. Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Real Time Navigation

Google maps adalah salah satu aplikasi real time navigation yang paling umum digunakan. Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa google maps bisa menentukan rute tercepat? Hal ini karena data perjalanan yang berhasil dicatat oleh google maps dan google membuat sistem agar google maps bisa men-track perjalanan berdasarkan data tersebut dengan bantuan pola lalu lintas yang sudah tercatat.


Jadi, semakin banyak data yang masuk ke google maka aplikasi bisa dibuat lebih akurat. Semua informasi yang didapatkan oleh users yang menggunakan aplikasi secara teratur telah membantu google untuk membentuk database lalu lintas dan memungkinkan google maps tidak hanya melacak lalu lintas pada saat itu tapi juga memprediksi apa yang akan terjadi jika kita melanjutkan perjalanan dengan rute yang sama.

machine learning


Baca juga: Berkenalan dengan Algoritma Data Science Populer 2022

2. Image Recognition

Image recognition atau biasa dikenal dengan pengenalan gambar adalah salah satu aplikasi machine learning yang paling umum dalam data science. Pengenalan gambar digunakan untuk mengidentifikasi objek, orang, tempat, dan lain sebagainya. Kasus penggunaan paling populer dari aplikasi ini adalah pengenalan wajah di smartphone, saran penandaan teman otomatis di facebook, dan lain sebagainya. Pengenalan gambar ini jika di-develop lebih dalam bisa digunakan untuk pengaman kunci pada gerbang atau pintu.

Machine Learning


3. Rekomendasi Produk

Rekomendasi produk sangat digunakan oleh perusahaan e-commerce dan platform hiburan seperti amazon, netflix, disney hotstar, dan lain sebagainya. Platform-platform ini menggunakan berbagai algoritma machine learning pada data yang dikumpulkan dari users untuk merekomendasikan produk atau layanan yang kita minati. Tahukah kamu jika produk-produk yang sering ditampilkan pada kolom rekomendasi adalah output dari machine learning?

Machine Learning


4. Speech Recognition

Speech recognition adalah proses menerjemahkan ucapan lisan ke dalam teks. Teksi ini dapat berupa kata, suku kata, bahkan karakter. Beberapa contoh teknologi yang speech recognition yang menggunakan machine learning adalah Siri, Google Assistant, Alexa Amazon, dan lain sebagainya. Teknologi yang menggunakan speech recognition seringkali dilengkapi dengan audio sehingga kita bisa berkomunikasi dua arah dengan tools tersebut.

Machine Learning


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Perdalam Machine Learning Bersama DQLab

Setelah mengetahui betapa powerful-nya penggunaan machine learning, apakah kamu ingin mendalami machine learning? Sudah dapat sumber belajar yang trusted? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun untuk beginner friendly sehingga bisa dipelajari oleh semua kalangan. Selain itu, modul-modul ini juga dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak perlu menginstall software tambahan ketika ingin menjalankan script codenya. 


Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE modul ‘Introduce to Data Science’ dengan R dan Python dan nikmati pengalaman seru menggunakan live code editor dari DQLab plus ebook gratis yang bisa diakses 24 jam. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!