Klaim Voucher Potongan Rp 50.000 untuk 100 Transaksi Pertama
Kode Voucher: MULAIBELAJARDATA . Berakhir 2 Days 14 Jam : 25 Menit : 16 Detik Claim Now

Implementasikan Pandas Python: Yuk Lakukan Analisis Data Covid di Dunia dan Asean

Implementasikan Pandas Python: Yuk Lakukan Analisis Data Covid di Dunia dan Asean

Belajar Data Science di Rumah 15-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d96f034de17c03b7f00a4823b8c0d4bb_100_persen.jpg

Implementasi pandas python dapat dilakukan sekarang! Saat pandemi Covid-19 sudah banyak sekali melumpuhkan bahkan membunuh banyak sektor di dunia. Tentu kamu ingin melakukan sesuatu bukan untuk membantu berkontribusi memperbaiki dunia. Namun, sebagai seorang praktisi data atau calon praktisi data kamu dapat turut berkontribusi untuk memberikan informasi tentang perkembangan situasi pandemi ini. Python menyediakan banyak cara untuk mendapatkan informasi perkembangan analisis data salah satunya dengan pandas. 


Kamu dapat melakukan implementasi pandas dengan banyak cara salah satunya dengan melakukan pengambilan data pada API beberapa portal berita resmi Covid 19. Misalnya untuk Covid-19 di dunia kamu dapat mengenerate data API dari sini atau jika di Indonesia kamu dapat melakukan akses dan mengenerate API  dari sini . Sehingga kamu dapat dengan mudah melakukan analisis data. 


Yuk pahami bagaimana pandas python bekerja untuk analisis data COVID-19 di Dunia dan Asean bersama DQLab


1. Import Library Pandas untuk Data Analisis


Beberapa import library yang digunakan dapat kamu implementasikan terlebih dahulu contohnya pandas. Pandas merupakan salah satu library pada python yang digunakan untuk analisis data. Fokus pandas akan digunakan untuk data manipulation, data preparation, hingga data cleansing. Pandas akan mengeksekusi dua hal yaitu data frame dan series. Sehingga pandas akan fokus melakukan eksekusi pada struktur data tabular yang berorientasi pada kolom dengan label baris dan kolom saja. Sementara series adalah objek objek array bernilai satu dimensi yang memiliki label. 


Baca Juga : Belajar Data Science dengan Data COVID-19


2. Yuk Gunakan Pandas untuk mengurutkan data Covid-19


Data preparation yang dilakukan pada gambar diatas adalah memanggil data API yang tersedia pada web resmi data Covid-19 dunia. Setelah itu melakukan manipulasi data dengan cara mengurutkan data secara ascending dengan fungsi head(). Nah, sangat mudah bukan implementasi pandas untuk melakukan penarikan data API yang bersumber pada web resmi data Covid-19 dunia. 


3. Pandas untuk Manipulasi Data Tanggal 


#merubah format date

df_covid_worldwide['last_update'] = pd.to_datetime(df_covid_worldwide['last_update'], format='%Y-%m-%d %H:%M:%S')

df_covid_worldwide['last_update'] = df_covid_worldwide['last_update'].apply(lambda x: x.date())


Contoh diatas merupakan implementasi pandas untuk melakukan manipulasi data tanggal agar mudah disesuaikan dan diterima oleh pembaca data. Dalam hal ini pandas dapat dikombinasikan dengan regular expression. Tentu saja karena pandas memiliki sifat yang fleksibel sehingga dapat dikombinasikan dengan banyak cara. Salah satunya dengan kombinasi tersebut atau dengan query SQL. 


Baca Juga : Intip Pengalaman Seru Member Bangun Portofolio Data Covid-19


4. Mulai Tertarik untuk Belajar Python Bersama DQLab? Yuk, Mulai Belajar Data Science Gratis sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Tantut Wahyu

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!