Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Implementasi Query SQL untuk Menghitung Data

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-06-2024-04-26-162611_x_Thumbnail800.jpg

Halo, sobat data enthusiast! Jika kamu tertarik dengan dunia data engineering, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan SQL, ya kan? SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data dalam database. Di artikel ini, kita akan bahas cara penggunaan SQL secara sederhana dan kekinian untuk melakukan penghitungan data yang berguna banget dalam pekerjaan data engineer. Jadi, siap-siap buka laptop dan ikutin terus ya!


Pertama-tama, mari kita bahas apa itu SQL secara singkat. SQL singkatan dari Structured Query Language, dan ini adalah bahasa standar untuk mengelola database relasional. Jadi, jika kamu ingin mengambil atau memanipulasi data dari database, SQL adalah temanmu yang setia. Nah, sekarang kita akan bahas bagaimana SQL dapat digunakan untuk melakukan penghitungan data secara efisien dan mudah dipahami. Yuk, langsung kita mulai! 


1. Menghitung Jumlah Baris Data

Salah satu tugas dasar yang sering dilakukan dalam pengelolaan data adalah menghitung jumlah baris data. Dengan SQL, kamu bisa melakukannya dengan mudah menggunakan fungsi COUNT(). Contoh, jika kamu ingin menghitung jumlah produk yang tersedia dalam tabel produk, kamu bisa menggunakan query seperti ini:

SQL

Query ini akan mengembalikan jumlah total produk dalam tabel_produk. Praktis, kan?


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python 


2. Menghitung Nilai Rata-rata

Selain menghitung jumlah data, kita juga sering perlu menghitung nilai rata-rata dari suatu kolom. Untungnya, SQL memiliki fungsi AVG() yang dapat digunakan untuk melakukan hal ini. Misalnya, jika kamu ingin menghitung rata-rata harga dari semua produk dalam tabel_produk, kamu bisa menggunakan query seperti ini:

SQL

Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah mendapatkan nilai rata-rata harga produk yang kamu miliki.


3. Mencari Nilai Maksimum dan Minimum

Kadang-kadang, kita perlu menemukan nilai maksimum atau minimum dari suatu kolom data. SQL menyediakan fungsi MAX() dan MIN() untuk melakukan hal ini. Misalnya, jika kamu ingin mencari harga maksimum dan minimum dari produk dalam tabel_produk, kamu bisa menggunakan query seperti ini:

SQL

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan harga tertinggi dan terendah dari produk yang kamu punya.


4. Menghitung Total Nilai dari Suatu Kolom

Selain itu, sering kali kita juga perlu menghitung total nilai dari suatu kolom data. SQL menyediakan fungsi SUM() untuk melakukan hal ini. Contohnya, jika kamu ingin menghitung total pendapatan dari semua penjualan dalam tabel_penjualan, kamu bisa gunakan query seperti ini:

SQL

Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mendapatkan total pendapatan dari penjualan yang telah dilakukan.


5. Menghitung Nilai Unik dalam Kolom

Terakhir, kita sering perlu menemukan nilai unik dalam suatu kolom data. SQL memiliki fungsi DISTINCT yang dapat digunakan untuk mengambil nilai unik dari kolom. Misalnya, jika kamu ingin mengetahui semua kategori unik produk yang tersedia dalam tabel_produk, kamu bisa gunakan query seperti ini:

SQL

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan daftar semua kategori unik dari produk yang kamu miliki.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data 


Mantap, kan? Sekarang kamu sudah memiliki dasar untuk menggunakan SQL dalam penghitungan data. Tapi tunggu dulu, masih banyak hal menarik yang bisa kamu pelajari dalam dunia data engineering! Yuk, bergabunglah dengan kursus-kursus data science di DQLab untuk memperdalam pemahamanmu tentang SQL dan banyak lagi.


DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login