IT'S PAYDAY! Yuk Mulai Belajar Data Bersama DQLab dengan Paket Premium Selama 6 Bulan hanya Rp 139,000.  DAFTAR

Pakai Kode: DQPAYNOV. Berakhir 2 Days 14 Jam : 21 Menit : 8 Detik

Implementasikan Python dan Kenali 4 Contoh Aplikasi Kekinian yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 25-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5a7580d93c39f3255aad34f1dac4cc61_x_Thumbnail800.png

Python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Python termasuk yang mudah untuk digunakan baik untuk ditulis ataupun dibaca. Hal ini karena Python termasuk ke dalam kategori high level programming language atau bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga bahasa yang digunakan hampir mirip dengan bahasa yang digunakan oleh manusia hanya saja menggunakan bahasa inggris. 


Python memiliki fungsi yang sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, misalnya untuk menganalisis data, mengerjakan pekerjaan Machine Learning dengan data yang sangat banyak, membuat aplikasi sederhana, menghubungkan hasil analisis ke dalam website, serta masih banyak lagi. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja sih contoh aplikasi yang telah dibuat dengan menggunakan Python. Wah penasaran gak nih? Yuk, simak artikelnya!


1. Instagram

Salah satu aplikasi yang memanfaatkan Python dalam pembuatannya adalah Instagram. Siapa yang tidak mengenal aplikasi ini, hampir semua orang pasti memiliki instagram. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk membagikan foto, cerita, video, polling, musik, pertanyaan, tautan, bahkan saat ini telah ada fitur tambahan yaitu reels dan add yours. Inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh instagram berhasil menarik minat banyak orang untuk tetap menggunakannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Databoks Katadata, jumlah pengguna instagram di kuartal pertama 2021 di seluruh dunia mencapai angka 1.07 miliar pengguna aktif, dan 354 juta di antaranya berada di usia 25-34 tahun.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. YouTube

Aplikasi yang juga memanfaatkan Python adalah YouTube. Saat ini, YouTube bahkan dianggap sebagai penyelamat hidup manusia. Di YouTube, ada banyak sekali video yang bisa diakses, baik itu tutorial, review, dan hal-hal lainnya. Bahkan untuk belajar Data Science juga bisa dilakukan melalui Youtube. Dilansir dari Affde, jumlah pengguna YouTube di 2021 mencapai angka 2 miliar pengguna aktif. Ini adalah perkembangan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2012 yang hanya digunakan oleh 800 juta orang.


3. Netflix

Netflix termasuk salah satu aplikasi yang juga memanfaatkan Python. Netflix ini merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk menonton tayangan yang disukai (film, drama, dll) baik melalui smartphone, PC, maupun dihubungkan dengan televisi (Smart TV). Menurut Databoks Katadata, pengguna aktif Netflix di kuartal kedua tahun 2021 mencapai 209 juta pengguna, dengan pengguna terbanyak ada di Amerika Serikat, yaitu 67 juta pengguna. Pengguna Netflix ini tercatat mengalami kenaikan semenjak Corona ditetapkan sebagai pandemi.


4. Spotify

Jika dari tadi kita sudah banyak membahas tentang aplikasi yang berhubungan dengan visual seperti untuk memposting foto, video, dan menonton berbagai tayangan, kali ini kita akan membahas aplikasi yang berhubungan dengan indera pendengaran. Spotify merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk streaming musik. Menariknya, aplikasi ini juga terintegrasi dengan beberapa aplikasi lainnya, seperti instagram, facebook, WhatsApp, dll. Berdasarkan data yang ada di Databoks Katadata, jumlah pengguna Spotify di kuartal pertama 2021 mencapai angka 158 juta pelanggan, dimana jumlah ini naik sebanyak 21% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya di kuartal yang sama.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Belajar Bahasa Python dengan DQLab, yuk!

Untuk bisa memahami cara membuat aplikasi dengan Python, kamu harus memahami Python terlebih dahulu. Kamu juga bisa memanfaatkan kursus online seperti DQLab yang menyediakan banyak materi tentang Python. Modul itu akan bisa kamu akses jika bergabung menjadi member premium DQLab. Namun jika kamu tertarik untuk mencoba free modul, kamu masih bisa menikmatinya, kok. Kamu bisa mengakses modul “Introduction to Data Science with Python” secara gratis dan tetap mendapatkan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab dan nikmati modul-modul yang ada!

Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!