FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 22 Menit 39 Detik 

Ingin Beralih Profesi? Intip Tugas Data Analyst Profesi Hot 2022

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7e36e25365b4c2c147288fdc617fc7ad_x_Thumbnail800.jpg

Sebagian besar pekerjaan data analyst memang memerlukan gelar yang berlatar belakang di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Math) tapi, tak sedikit pula yang orang-orang bisa berkarir di profesi data analyst meskipun tidak memiliki gelar ataupun latar belakang pendidikan dari STEM.


Lantas bagaimana cara menjadi data analyst meskipun tidak memiliki background pendidikan STEM? Sebelum membahas ke arah tersebut, kita perlu memahami peran serta tanggung jawab seorang data analyst di perusahaan. 


Berdasarkan beberapa peran serta tanggung jawab secara umum kamu perlu memahami  terkait bagaimana cara visualisasikan data dalam bentuk grafik, melakukan penelitian terkait data pada perusahaan yang akan digunakan sebagai metode penentuan keputusan, serta melakukan analisis data perusahaan dalam skala besar yang sering disebut big data.


Untuk lebih lanjut, artikel ini akan menyuguhkan roadmap untuk mempelajari data analyst ala DQLab sehingga belajar kamu jadi lebih terstruktur!. Yuk, simak bersama-sama!


1. Excel dan Statistik

data analyst


Statistik dan matematika merupakan tulang punggung data science, yang artinya untuk berkarir sebagai seorang data analyst kamu harus kedua bidang keilmuan tersebut. Tidak perlu menjadi master matematika untuk memulai karir sebagai seorang data analyst, tapi jika kamu memahami matematika dan statistik maka itu akan menjadi nilai tambah.


Untuk itu kamu bisa mulai mempelajari tentang linear algebra, kalkulus, function, hingga permutasi. Selain itu, kamu juga harus paham tentang statistika dan probabilitas yang meliputi analisis statistik prediktif, regresi linier, regresi logistik, dan model linear umum. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Python atau R

data analyst

data analyst

Python dan R merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari karena sama-sama termasuk high level programming. Keduanya juga sama-sama memiliki komunitas yang besar sehingga cocok bagi kamu yang ingin berkarir sebagai seorang data analyst. DQLab menyediakan modul fundamental hingga advanced bahasa pemrograman python dan R.


Pada modul tersebut kamu akan mempelajari mulai dari penggunaan sintaks dasar python dan R, bagaimana cara mengimport dan mengeksport package atau library, hingga membuat grafik dasar dengan library yang powerfull di python dan R.


Jangan khawatir karena kamu bisa mempelajari materi-materi tersebut secara bertahap dari yang fundamental hingga advanced


3. Library untuk Visualisasi Data

data analyst


Selain kemampuan untuk mengolah dan menganalisa data, seorang data science juga dituntut untuk bisa memvisualisasikan hasil dari analisanya kepada audience. Jadi, materi fundamental data science berikutnya yang wajib dikuasai adalah fundamental data visualization dengan python ataupun R.


Python memiliki library visualisasi yang powefull seperti matplotlib. atplotlib dapat digunakan untuk memvisualisasikan data secara 2D maupun 3D dan menghasilkan gambar berkualitas yang bahkan dapat kamu simpan dalam berbagai format gambar, seperti JPEG dan PNG.


Tak kalah dengan python, R juga memiliki package atau library yang bisa kamu gunakan untuk visualisasi data yaitu ggplot.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


4. Exploratory Data Analysis dan Machine Learning

Mungkin terdengar agak lucu untuk membuat daftar “data analyst” dalam daftar keterampilan data analyst yang diperlukan. Tetapi analisis itu sendiri adalah keterampilan khusus yang perlu dikuasai. Pada intinya, data analyst berarti mengambil pertanyaan atau kebutuhan  bisnis dan mengubahnya menjadi pertanyaan data.


Kemudian, kamu harus mengubah dan menganalisis data untuk mengekstrak jawaban atas pertanyaan itu. Bentuk lain dari analisis data adalah eksplorasi. Eksplorasi data mencari tren atau hubungan yang menarik dalam data yang dapat membawa nilai ke bisnis.


Eksplorasi mungkin dipandu oleh pertanyaan bisnis asli, kamu dapat menemukan kesempatan untuk mengurangi biaya atau meningkatkan perkembangan.


data analyst


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data analyst dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0.


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :