Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ingin Jadi Data Engineer? Catat 3 Peran Pentingnya

Belajar Data Science di Rumah 06-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f60510cf32c123783506808fd5404635_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer adalah salah satu profesi yang dibutuhkan untuk mengatasi big data. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi big data mengubah banyak hal. Termasuk melahirkan profesi-profesi baru untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi karena adanya fenomena big data. Big data tidak hanya tentang ukuran data yang semakin besar, namun juga tentang jenis data yang semakin beragam, kecepatan dalam menghasilkan data, serta keaslian dari datanya.


Sebuah perusahaan yang tidak memiliki Data Engineer pasti akan terasa pincang dan memberatkan profesi praktisi data lainnya. Menjadi Data Engineer saat ini tidak lagi terikat dengan background pendidikan yang ada. Siapapun bisa memiliki peluang yang sama untuk menjadi Data Engineer selama memenuhi kualifikasi yang ada serta memiliki pengetahuan yang memadai. Jika kamu salah satu orang yang tertarik untuk menjadi Data Engineer, kamu harus paham dulu, apa sih sebenarnya peran dari seorang Data Engineer. Nah, hal itu akan kita bahas dalam artikel kali ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Data Engineer

Data Engineer

Sebelum mulai melihat apa sih sebenarnya peran yang nantinya akan dikerjakan oleh Data Engineer, ada baiknya kita mengetahui apa sih sebenarnya profesi Data Engineer itu?  Data Engineer adalah orang yang akan merancang dan membangun sistem untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data dalam skala besar. Pada dasarnya, data yang dikumpulkan merupakan data mentah yang belum siap untuk dianalisis. Sehingga pekerjaan Data Engineer bertujuan untuk menyiapkan data sehingga bisa langsung diolah oleh Data Scientist dan Data Analyst. Peran Data Engineer dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu general role, warehouse centric, dan pipeline centric.


Baca juga : Deretan Skill Penting untuk Siap Jadi Data Engineer


2. Peran Data Engineer Secara Umum (General Role)

Data Engineer

Source: Altexsoft

Data Engineer dalam general role merupakan orang yang akan bertanggung jawab untuk setiap tahapan dari data flow. Sehingga peran Data Engineer dalam general role akan dimulai dari proses konfigurasi sumber data hingga nantinya bisa mengintegrasikan tools analitik. Semua sistem ini akan dirancang, dibangun, serta dikelola oleh Data Engineer di general role. Biasanya Data Engineer ini akan ditemukan pada tim data yang berukuran kecil.


3. Warehouse Centric

Data Engineer

Source: Altexsoft

Seperti namanya, Data Engineer dengan peran warehouse centric akan berhubungan dengan data warehouse. Secara historis, Data Engineer bertanggung jawab untuk membangun penyimpanan data dengan menggunakan database SQL. Namun saat ini warehouse yang ada sudah sangat beragam. Sehingga akan ada Data Engineer yang hanya berfokus pada pembuatan arsitektur warehouse. Data Engineer yang berperan pada warehouse centric juga akan mengatasi berbagai jenis penyimpanan (baik noSQL maupun SQL), tools untuk mengatasi big data (Hadoop, Kafka), serta tools yang bisa untuk menghubungkan sumber atau database yang berbeda.


4. Pipeline Centric

Data Engineer

Source: Google

Peran yang selanjutnya adalah Data Engineer yang fokus di pipeline. Data Engineer akan menggunakan beberapa tools untuk menghubungkan berbagai data source ke data warehouse. Tools ini nantinya dapat membuat informasi dari satu tempat ke tempat yang lain atau melakukan tugas yang lebih spesifik. Misalnya untuk melihat lokasi data sebelum ditransformasi. Nah, hal-hal ini lah yang akan menjadi tugas dari Data Engineer yang berfokus di pipeline centric.


Baca juga : Ingin Berkarir sebagai Data Engineer? Yuk, Bangun Portofolio Datamu Sekarang Bersama DQLab! 


Pekerjaan Data Engineer memang cukup berbeda dengan Data Analyst dan Data Scientist. Jika pada Data Analyst dan Data Scientist akan mengolah data yang sudah siap, maka Data Engineer lah orang yang bertugas untuk mempersiapkan data yang akan diolah oleh Data Analyst dan Data Scientist. Adanya tools dan bahasa pemrograman tentu bertujuan untuk mempermudah pekerjaan Data Engineer, mengingat seorang Data Engineer akan akrab dengan data yang berukuran besar.


Data Engineer bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan karir mu mengingat kebutuhan akan profesi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan. Untuk bisa menjadi Data Engineer, kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab. Jika masih belum yakin untuk bergabung menjadi member premium, kamu juga bisa memanfaatkan free modul yang ada, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan modul “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, tunggu apa lagi, buruan daftar dan kejar impianmu untuk menjadi Data Engineer!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login