Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ingin Jadi Data Engineer di Tahun 2023? Ini Tipsnya

Belajar Data Science di Rumah 10-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f7eb07c449078f7c277d7d59112784c_x_Thumbnail800.jpeg

Data engineering adalah suatu proses yang mengacu pada pembuatan desain untuk sistem yang dapat mengekstraksi, menyimpan, dan memeriksa data dalam skala besar. Proses ini melibatkan pembuatan pipeline yang dapat mengambil data dari berbagai sumber, mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan, dan menganalisis variabel yang ada dalam data. Pipeline  ini menjadi salah satu media untuk menarik insight tersembunyi dari bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders untuk mengembangkan bisnis, seperti memahami pelanggan, iklan yang tepat sesuai kebutuhan pasar, growth penjualan, dan lain sebagainya.


Kebutuhan data engineer meningkat tajam sejak 2016. Bertahun-tahun setelah itu, terjadi ketimpangan jumlah data engineer yang terampil dengan peningkatan jumlah pekerjaan. Hal ini karena jumlah data engineer terlalu sedikit dan tidak sebanding dengan kebutuhan industri yang cukup besar. Sesuai laporan dari DICE pada tahun 2020, data engineer adalah role pekerjaan yang tumbuh paling cepat bahkan pertumbuhan tahunannya mencapai 50% pada tahun 2019.


Kabar baiknya, untuk menjadi data engineer kita tidak harus mengikuti suatu pendidikan formal. Bahkan kita dapat belajar secara mandiri dengan bantuan internet dan gadget. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan roadmap yang bisa kamu ikuti untuk belajar berbagai skill data engineer secara mandiri. Penasaran? Yuk catat setiap langkahnya!


1. Belajar Computer Programming

Data Engineer

Computer programming diperlukan oleh seorang data engineer untuk rekayasa data. Salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia data adalah Python. Kamu bisa mulai belajar dari buku “Python for Absolute Beginners” yang ditulis oleh Michael Dawson. Buku ini adalah bacaan yang menyenangkan untuk calon data engineer tingkat pemula. Dijamin kamu tidak akan merasa bosan jika mengerjakan latihan yang diberikan dalam buku ini. Buku ini punya cara yang menarik untuk memperkenalkan pembaca ke berbagai variabel dan tipe data yang digunakan dalam Python dengan berbagai challenge menarik.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Belajar Database Management Systems

database management systems merupakan makanan sehari-hari seorang data engineer. Software ini membantu menangani kumpulan data besar yang akan sangat sulit dikelola secara manual. Dengan tools ini data engineer dapat melakukan pengeditan dan kueri database dengan mudah. Ada banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari berbagai software database management system. Berikut adalah beberapa database populer dan berbagai software yang digunakan untuk database tersebut.

Data Engineer

3. Belajar Cloud Services Providers Platforms

Saat ini perusahaan cenderung menggunakan cloud computation untuk menyimpan data yang berukuran sangat besar. Tiga platform penyedia layanan cloud paling populer adalah Google Cloud Platform, Amazon Web Services, dan Microsoft Azure. Ketiga platform tersebut memberikan sertifikasi resmi yang dapat dikejar melalui situs web resmi. Nah, kamu bisa mendapatkan sertifikasi tersebut untuk mempermudah proses pencarian kerjamu kelak. Saat ini sudah ada banyak sumber terbuka dan free yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari cloud database.

Data Engineer


4. Belajar Big Data Engineering Tools

Ukuran data yang ditangani oleh seorang data engineer biasanya sangat besar. Untuk mengelola data tersebut, seorang data engineer harus mempelajari tools big data. Tools ini akan melengkapi pengetahuan cloud database karena para data engineer akan sering mengimplementasikan code yang dapat menangani kumpulan data besar melalui cloud. Oleh karena itu, kamu bisa belajar tools big data engineering di internet seperti Apache Spark, Apache Hadoop, Apache Hive, dan lain sebagainya.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Skill SQL is a must untuk seorang data engineer. Tools ini akan menjadi teman akrab dan akan digunakan oleh data engineer dalam tugas sehari-hari. Yuk perdalam skill SQL dan Python kamu bersama DQLab! Kita akan belajar teori dan mengimplementasikannya secara langsung menggunakan project dan data yang mencerminkan data real di berbagai industri. Modul DQLab juga dilengkapi dengan live code editor sehingga kita tidak memerlukan tools tambahan saat mengerjakan projectnya. Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses  FREE MODULE ‘Introduction to Data Science’ with R and Python dan mulai perjalanan belajar data engineer kamu bersama DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login