PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 59 Menit 14 Detik 

Ingin Jadi Data Scientist? Kuatkan Basic Data dengan Module DQLab

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ce3609a667248dadaaf68f7f97e976a6_x_Thumbnail800.jpg

Di era teknologi modern, ada berbagai cara untuk menjadi Data Scientist. Saat ini untuk mempelajari sesuatu kita tidak harus belajar secara formal seperti mendaftar pada satuan pendidikan formal. Menjadi data scientist merupakan cita-cita banyak orang yang tertarik di bidang data. Tugas utama Data Scientist adalah mensupport berbagai divisi seperti divisi marketing dan sales, leadership, product, dan lain sebagainya untuk mendapatkan insight yang didapat dari hasil analisis data perusahaan. Data scientist harus terbiasa menggunakan dataset berukuran besar untuk menemukan peluang untuk meningkatkan margin pendapatan, mengoptimalkan suatu proses, dan menggunakan model agar suatu pekerjaan lebih efektif.


Untuk menjadi Data Scientist, seseorang harus memiliki pengalaman menggunakan data mining, metode data analisis, menggunakan tools yang bervariasi, membangun dan mengimplementasikan model, membuat algoritma, dan lain sebagainya. Data Scientist harus dituntut untuk bisa menggunakan kemampuannya untuk mengarahkan hasil bisnis yang lebih baik berdasarkan insight dari data. Banyaknya skills yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist menyebabkan banyak data enthusiast bingung harus mulai belajar dari mana. Oleh karena itu, pada artikel kali ini DQLab akan memberikan resep cara menguasai skills data scientist menggunakan module-module DQLab. Jadi tunggu apa lagi? Let’s get started!


1. Module Data Preparation in Data Science Using R

Data preparation merupakan proses awal yang bertujuan untuk membersihkan dan mengubah raw data agar bisa diproses, diolah, dan dianalisis. Data preparation merupakan langkah yang penting untuk pengolahan dan sering kali terdiri dari reformatting data, memperbaiki data, mengkombinasikan beberapa data set untuk memperkaya data, menghilangkan missing value, dan lain sebagainya. Dalam module Data Preparation in Data Science Using R kita akan belajar step by step transformasi struktur data. Tidak hanya belajar materi dan teori saja, kita juga akan belajar praktek langsung menggunakan environment dari DQLab dan menggunakan data real, yaitu data Kependudukan DKI Jakarta.


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Module Machine Learning with Python for Beginner

Machine learning merupakan teknologi untuk mengotomatisasi proses dari analisis data dan membuat prediksi berdasarkan data secara real time tanpa adanya bantuan manusia. Salah satu tugas dari data scientist adalah membangun dan melakukan training testing dari algoritma machine learning agar bisa mensupport data analyst dalam menganalisis data. Pada module Machine Learning with Python for Beginner kita akan belajar basic machine learning, dari mulai membuat model sederhana, mengenal jenis-jenis algoritma machine learning, hingga pengaplikasian algoritma machine learning di dunia industri.


data scientist


3. Module Python for Data Professional Part 1, 2, dan 3

Pentingnya python dalam data science, mendorong DQLab untuk menyusun banyak module mengenai penggunaan python dalam data profesional bahkan hingga ada 3 part module yang hanya membahas bagaimana penggunaan python dalam dunia data. Pada module part 1 kita akan belajar mengenai konsep dasar bahasa pemrograman python, environment python, fungsi python, cara menggunakan package, dan lain sebagainya. Module part 2 akan membahas mengenai manipulasi data seperti collecting data, cara mengakses dan menggabungkan list atau tuple, dan lain sebagainya. Terakhir pada module part 3 kita akan belajar lebih dalam mengenai sintaks dan teknis penulisan kode program menggunakan OOP python. Walaupun terdiri dari 3 part, kita tidak akan bosan saat belajar karena di dalam modul kita akan banyak praktik langsung menggunakan live code editor.


data scientist


4. Semua Module SQL

Data science tidak akan terlepas dari data, terutama big data. Oleh karena itu, data scientist butuh tools manajemen data yang powerful untuk mengelola data berukuran besar. Tools tersebut adalah SQL. Manajemen database relasional ini berisi berbagai statement atau fungsi, mulai untuk memilih dataset, menggabungkan dataset, mengelompokkan dataset dengan kriteria tertentu, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting bagi data scientist untuk memiliki pemahaman mengenai SQL dan bagaimana cara menggunakannya.

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Cara Mengakses Modul DQLab

Nah setelah mengetahui bocoran cara menjadi data scientist, tertarik mencoba modul-modul di atas? Yuk bergabung dengan DQLab! Klik button di bawah ini untuk Sign Up atau bisa juga dengan mengunjungi DQLab.id dan nikmati modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dengan R dan Python sebagai pembuka sebelum mempelajari 4 modul di atas. 


Sahabat DQ juga bisa akses ebook gratis dari DQLab sebagai tambahan informasi dan menunjang proses belajar kamu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk buruan signup!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!