2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 57 Menit 48 Detik

Ingin Jadi Developer? Ini Alasan Wajib Belajar Python

Belajar Data Science di Rumah 10-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2024-05-11-092248_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer saat ini. Kemudahan sintaksnya dapat dipelajari dan diaplikasikan untuk segala kebutuhan dan pekerjaan. Begitu juga bagi developer, sangat penting untuk memahami Python. Salah satu alasannya karena Python sangat fleksibel untuk mengembangkan apapun. Misalnya pengembangan website, game, data mining, atau pengembangan machine learning. Namun, bagaimana caranya? Adakah platform yang cocok bahkan untuk pemula? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!


1. Mengenal Python

Python

Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Guido van Rossum ini terus mengalami pembaruan hingga saat ini. Nama Python sendiri diambil dari program televisi favoritnya yang bernama “Monty Python Flying Circus”. Python adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan di seluruh dunia untuk mengembangkan situs web, algoritma dan menyederhanakan proses otomatisasi. Melalui bahasa pemrograman Python, setiap program akan menjadi lebih ringkas jika dibandingkan bahasa pemrograman lain. Tak hanya  itu, Python bertujuan untuk menghasilkan kode yang lebih jelas dan lebih logis untuk berbagai keperluan. 


Proses pengkodean Python sangat sederhana sehingga memberikan keleluasaan bagi developer untuk mengembangkan fitur baru dari suatu situs atau aplikasi. Python banyak diaplikasikan pada berbagai sistem operasi seperti Linux, Microsoft Windows, Mac OS, Android, Symbian OS, Amiga, Palm dan lain-lain. Dengan kemudahan yang diberikan, tak heran Python lebih mudah dipelajari oleh pemula. Dalam perkembangannya, Python tak hanya digunakan dalam dunia teknologi, namun juga dalam hal lain khususnya analisis.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kegunaan Python

Python

Terdapat banyak hal yang dapat dipermudah dengan menerapkan bahasa pemrograman tersebut di dalamnya. Berikut adalah beberapa kegunaan Python sehingga penting untuk dipelajari.

  • Pengembangan IoT. Hal lain yang menunjukan pentingnya Python adalah pengembangan internet of things (IoT). Internet of things adalah sebuah sistem di mana berbagai benda atau peralatan dapat berkomunikasi satu sama lain dengan piranti internet. Untuk mengembangkan hal tersebut, Python digunakan karena berbagai kemudahan dan fleksibilitasnya.

  • Data mining. Hal lain yang termasuk dalam kegunaan Python adalah pengaturan dan pembersihan data. Python dianggap sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk mengerjakannya. Selain itu, pembelajaran mesin dengan Python menyederhanakan analisis data dengan menggunakan algoritma.

  • Pengembangan website. Dalam membangun bisnis, adanya website tentu menjadi unsur penting di dalamnya. Selain sebagai pemberi informasi kepada calon konsumen, website juga menunjukkan kredibilitas perusahaan. Tak jarang, berbagai website untuk bisnis pun diberikan berbagai macam fitur agar pengunjung dapat lebih memahami bisnis yang dijalankan. Untuk mengembangkan suatu website agar lebih intuitif dan menarik, menggunakan Python akan mempermudah prosesnya.

  • Pengembangan machine learning. Masih berkaitan dengan penambangan data, dalam menjalankan machine learning akan dibutuhkan beragam data untuk diinput. Beragam data yang masuk kemudian diolah untuk menjadi suatu tindakan yang dilakukan oleh mesin tersebut. Dalam prosesnya, untuk mempermudah proses ini bahasa pemrograman Python-lah yang digunakan.

  • Pengembangan game. Ternyata, Python juga berguna untuk mengembangkan game yang kalian mainkan. Dalam Python, terdapat program yang bernama GUI. Antarmuka pengguna grafis (graphical user interface/GUI) memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan komputer menggunakan elemen visual seperti ikon atau gambar alih-alih perintah berbasis teks. 


3. Kelebihan Python

Python

Sebagai bahasa pemrograman yang banyak digunakan di berbagai industri perusahaan, berikut kelebihan Python dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

  • Mudah dipahami dan dipelajari. Sesuai dengan tujuan pembuatannya, bahasa pemrograman satu ini memiliki proses coding dan sintaks yang sederhana, sehingga mudah kalian mengerti dan pelajari. Hal tersebut juga membuatnya sangat cocok bagi pemula. 

  • Meningkatkan produktivitas. Selain cocok untuk pemula, penggunaanya juga terbilang sangat efektif serta efisien dalam menjalankan berbagai fungsi complex. Melaluinya, developer mampu membuat proyek skala besar dengan lebih cepat dan mudah. Jika kita membandingkan dengan skrip programming lainnya, Python merupakan bahasa paling produktif. Maka dari itu, tidak heran bila banyak perusahaan developer besar menggunakannya.

  • Fleksibel dan gratis. Bahasa programming Python terbilang sangat fleksibel. Penggunaanya membebaskan user dalam mencoba mengembangkan berbagai fitur. Bahkan, fleksibilitasnya ini juga terbukti dari kemampuan integrasinya dengan program yang terancang menggunakan skrip pemrograman lain. Di samping itu, kalian dapat mengunduhnya secara gratis. 

  • Menyediakan berbagai macam libraries. Python programming language menyediakan banyak macam libraries dengan berbagai fungsi. Library sendiri merupakan kumpulan modul berisi kode-kode yang bisa kalian gunakan berkali-kali saat membuat program. Hal inilah yang membuatnya menjadi efektif dan efisien di mata developer.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Belajar Python di DQLab untuk Persiapan Karir

Setelah mengetahui bahwa Python ramah bagi pemula, merupakan bahasa pemrograman yang general sehingga dapat digunakan di kebutuhan apa saja, dan sintaksnya sederhana, tentu kalian semakin tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi bagi kalian yang menginginkan karir yang cemerlang di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini. DQLab adalah jawaban terbaik untuk kalian memulai mempelajari Python. 


Saat ini, DQLab memberikan fasilitas Live Class yang membantu kalian untuk memahami penggunaan Python secara menyeluruh. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login