Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ingin Magang? Kenali Keseharian Data Engineer Dulu

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/02ea674223ca30e150fb605991c9c751_x_Thumbnail800.jpeg

Permintaan praktisi data engineer di perusahaan semakin meningkat sehingga banyak sekali perusahaan yang memberi kesempatan para data enthusiast untuk berkarir menjadi intern data engineer. Selain memberi manfaat bagi perusahaan, ini juga menjadi peluang dan kesempatan emas bagi kalian terutama fresh graduate untuk memiliki pengalaman bekerja secara nyata di industri sebagai data engineer.


Menjadi data engineer memang membutuhkan berbagai teknik khusus yang tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat. Sehingga magang adalah salah satu cara yang tepat bagi kalian untuk mengasah skill sembari mengenal permasalahan yang sering ditemui di industri. Lantas, apa job description intern data engineer? Skill apa yang diperlukan untuk dapat menjalankan tugas tersebut dengan baik? Yuk, simak penjelasan berikut ini! 


1. Profesi Data Engineer

Data Engineer

Kini kebanyakan perusahaan terutama berbasis teknologi semakin menyadari bahwa data sangat penting untuk digunakan dalam mengambil keputusan bisnis. Tetapi, data yang dimiliki mayoritas masih bersifat mentah dan belum terkumpul dalam satu sistem manajemen yang terstruktur. Sehingga diperlukan profesional yang dapat membantu mengumpulkan dan menyiapkan data. Keahlian ini dimiliki oleh data engineer. Data yang sudah diolah dan dirapikan tersebut digunakan oleh tim data analyst atau data scientist untuk menghasilkan informasi yang akurat dalam membantu keputusan bisnis.


Data engineer merupakan software engineer yang tugas utamanya adalah menyiapkan data yang dikoleksi dari berbagai sumber informasi dengan membangun sistem data atau infrastruktur agar data tersebut dapat mudah untuk dianalisa dan mendukung kebutuhan perusahaan. Selain itu dalam tugasnya seorang data engineer dituntut untuk dapat mengoptimalkan arsitektur dan pipeline data agar pengiriman data lebih optimal.


Pada umumnya data engineer merupakan lulusan sarjana jurusan data sains, teknik informatika dan sistem informasi atau seseorang yang memiliki sertifikasi bidang data misalnya dari Google atau IBM. Kemampuan yang perlu dimiliki oleh data engineer diantaranya bahasa pemrograman SQL, Python, C++ dan platform cloud computing seperti AWS, Google Cloud Platform (GCP) dan Microsoft Azure.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengapa Magang Penting Untuk Data Engineer?

Data Engineer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa tugas umum data engineer tidaklah mudah. Bahkan efektivitas pekerjaan data analyst atau data scientist bergantung pada hasil kerja data engineer. Jika infrastruktur data yang dibangun kurang tepat, tentu proses ekstraksi data, pengolahan, dan analisa data bisa jadi kurang akurat. Selain itu, posisi ini juga membutuhkan pemahaman teknis yang cukup mendalam. Hard skill yang dibutuhkan cukup banyak dan kompleks. Sehingga data engineer akan semakin mahir dan terlatih karena sering praktik dan menyelesaikan berbagai permasalahan manajemen data.


Bagi kalian yang fresh graduate, atau berkeinginan switch career terutama tidak memiliki latar belakang IT pasti akan kesulitan untuk bisa menguasai skill tersebut tanpa persiapan. Terlebih jika tidak memiliki pengalaman, maka tidak bisa membayangkan gambaran tugas data engineer secara nyata. Lantas apa solusinya? Magang adalah cara terbaik kalian untuk terjun langsung ke dunia kerja dan menerapkan skill yang dibutuhkan sebagai data engineer. Selain untuk mengetahui secara nyata pekerjaan tersebut, berikut manfaat lain yang akan kalian dapatkan jika magang.

  • Menambah relasi. Ketika magang, kalian akan menambah dan memperluas relasi di lingkungan profesional. Dengan begitu, kalian berpeluang untuk belajar keahlian dalam suatu bidang, mendapat mentor yang berpengalaman, mendapat rekan bisnis, hingga dipilih sebagai karyawan tetap.

  • Meningkatkan kepercayaan diri. Meningkatkan kepercayaan diri menjadi manfaat lainnya dalam melakukan kegiatan magang. Sebab, kalian akan mendapat berbagai macam ilmu dari magang, tentunya jika kalian telah siap menempuh jenjang karier selanjutnya.

  • Membuka wawasan. Kalian tentu akan berkolaborasi dengan tim lainnya. Sehingga sedikit banyak perlu mempelajari kebutuhan, istilah, atau konsep dasar dari tim tersebut. Jadi, wawasan kalian semakin luas tidak hanya pada satu pekerjaan yang ditekuni.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


3. Apa Job Description Intern Data Engineer?

Data Engineer

Sebagai seseorang yang memutuskan untuk magang tentunya memiliki pengetahuan yang terbatas. Oleh karena itu, job description sebagai intern data engineer juga cukup sesuai bagi pemula. Sebelum membahas job description, berikut sejumlah syarat dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjadi intern data engineer.

  • Pemahaman yang baik pada scripting language seperti Java atau Scala.

  • Pemahaman yang baik pada big data baik secara konsep dan teknik.

  • Pemahaman yang baik berkaitan dengan relational database dan juga NoSQL database seperti PostgreSQL & MongoDB.

  • Familiar dengan framework Spring Boot

Dari syarat dasar di atas, seorang intern data engineer memiliki tugas dan tanggung jawab diantaranya:

  • Memperbaiki jika ada error pada layanan sistem

  • Membuat layanan berupa sistem menggunakan Kafka

  • Memperbaiki aplikasi layanan sesuai keluhan konsumen

  • Meningkatkan data collection menggunakan metode Streaming 

  • Membersihkan dan mengorganisir data yang dibutuhkan tim

  • Membantu membangun ETL pipeline 


4. Persiapkan Skill Dulu di DQLab!

Data Engineer

Ternyata meskipun menjadi intern tetap dibutuhkan skill yang cukup matang ya Sahabat DQ? Nah, supaya kalian siap untuk magang sebagai data engineer sebaiknya kalian perlu memperdalam skill tersebut. Terutama berkaitan dengan olah data, kalian harus mahir melakukan query dengan SQL. Kalian juga harus memiliki pemahaman dasar untuk tools data engineer. Maka, dari mana memulainya? Tak perlu bingung, DQLab hadir untuk menemani proses pembelajaran kalian. Di sini kalian akan belajar mulai dari dasar teori sampai penerapan skill data engineer dengan berbagai studi kasus bahkan di industri yang berbeda. Modul yang dibuat lengkap dan cocok untuk pemula sehingga mudah diikuti. Studi kasus yang beragam akan menambah pengetahuan kalian dan siap berkarir di mana pun. Yuk, segera Sign Up dan persiapkan diri menjadi praktisi data profesional!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login