PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 20 Menit 43 Detik 

Ingin Ubah Excel menjadi PDF? Yuk, Kenali 3 Cara Ini

Belajar Data Science di Rumah 04-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e468926367b9cddc24872a43c27572a1_x_Thumbnail800.png

Mengubah file dengan ekstensi lain ke dalam bentuk PDF memang banyak digunakan akhir-akhir ini. Bahkan saat proses melamar pekerjaan, terkadang semua file yang dibutuhkan akan diminta dalam bentuk PDF. Salah satu fungsinya adalah agar susunan dari file tersebut tidak berubah meskipun masuk ke dalam device lain. Terkadang perbedaan versi aplikasi membuat kita tidak bisa menampilkan bentuk file yang sebenarnya. Biasanya akan terlihat tidak rapi, baik itu kehilangan spasi, simbol yang tidak bisa terbaca, dll. 

PDF sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format. Ternyata file dengan ekstensi ini dikembangkan oleh Adobe Systems. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang sama dengan perusahaan yang mengembangkan software olah grafis populer, seperti Photoshop dan Lightroom. Lalu bagaimana cara mengubah file Excel menjadi PDF? Ada beberapa cara yang bisa digunakan, baik secara offline maupun secara online. Apa saja sih?


1. Mengapa Perlu Dikonversi ke PDF?

Tujuan mengkonversi file Excel ke dalam bentuk PDF adalah mempermudah orang yang menerima file tersebut untuk membaca file nya karena akan terlihat lebih rapi dan tidak mengubah susunan apapun dari file yang ada. Tidak jarang kita butuh untuk menggunakan simbol-simbol tertentu yang tidak dapat terbaca Hal ini juga bisa bermanfaat jika seandainya orang yang menerima file tersebut adalah orang yang tidak memiliki Excel di device nya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Mengubah Langsung Melalui Microsoft Excel

Cara pertama yang bisa dicoba adalah mengubah langsung melalui microsoft Excelnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka file Excel yang ingin diubah ke dalam bentuk PDF

  • Jika kamu hanya ingin mengubah sebagian dari lembar kerja, block terlebih dahulu lembar kerja yang akan diubah menjadi PDF atau bisa menggunakan page break. Namun jika kamu akan mengkonversi semua lembar kerja Excel tersebut, cara ini tidak perlu Anda lakukan.

  • Klik menu File kemudian klik Save As.

  • Pilih PDF di Save as type nya


3.Mengkonversi Melalui Google Spreadsheet

Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah mengubah file Excel menjadi PDF dengan bantuan Google Spreadsheet. Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka Google Spreadsheet dan buat dokumen baru

  • Setelah berhasil membuat dokumen baru, klik File kemudian pilih Import dan pilih yang Upload jika file belum masuk ke dalam Google Sheet.

  • Jika telah berhasil mengimport file, kemudian klik File.

  • Pilih Download, dan tipenya ganti menjadi PDF document (.pdf).


4. Mengkonversi Menggunakan Website

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah mengubah dengan cara online yaitu melalui berbagai website. Saat ini sudah banyak website yang disediakan untuk membantu kita mengubah file Excel menjadi PDF ataupun sebaliknya. Caranya hampir sama untuk setiap website. Kita hanya perlu mengimport file Excel nya dan menunggu beberapa menit. Setelah file berhasil dikonversi, kita bisa mendownload nya kembali. Beberapa contoh website yang bisa digunakan adalah SmallPDF, ILovePDF, PDFCandy, CloudConvert, dan masih banyak lagi.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Tertarik untuk Belajar Excel Lebih Lanjut? 

Setelah memahami tentang cara mengubah file Excel menjadi PDF, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lain yang berhubungan dengan Excel di modul platinum yang ada di DQLab. Kamu bisa mulai belajar Excel dari level dasar hingga ke level yang cukup rumit. Keuntungan jika kamu membeli modul platinum di DQLab, kamu bisa mengakses modul tersebut secara unlimited. Nah, tunggu apalagi? Yuk buruan daftarkan akun mu dan mulai belajar Excel!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :