Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ini 4 Tanda Bootcamp Data Analyst Terbaik!

Belajar Data Science di Rumah 07-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-03-2023-11-08-145735_x_Thumbnail800.jpg

Dengan banyaknya permintaan posisi data analyst, semakin banyak pula pihak-pihak yang membuka bootcamp. Masing-masing memiliki nilai lebih tersendiri, mulai dari harga yang bersaing, kualitas materi yang diberikan hingga jaminan mendapatkan pekerjaan. Semua ini bisa jadi membuat kalian salah memilih tempat bootcamp. Alhasil pelayanan yang diberikan tidak seperti yang diharapkan.


Oleh karena itu, perlu untuk memahami tanda-tanda bootcamp data analyst terbaik sebelum memutuskan untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang kalian ke pihak tersebut. Sesuai dengan tujuan tersebut, berikut akan dijelaskan empat tanda bootcamp terbaik yang bisa kalian pertimbangkan.


Cari tahu langsung di pembahasan ini!


1. Kurikulum yang Komprehensif

Data Analyst


Kurikulum yang dirancang dengan baik dan komprehensif mencakup berbagai topik dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang data analyst yang kompeten. Bootcamp yang menawarkan kurikulum yang komprehensif akan menyajikan materi-materi yang meliputi dasar-dasar statistika, matematika, pengolahan data, analisis prediktif, serta pemrograman dan penggunaan tools analisis data terkini seperti Python, R, SQL, dan tools visualisasi data seperti Tableau atau Power BI.


Memahami konsep-konsep dasar ini diperlukan untuk menginterpretasikan data dengan benar dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis statistik.


Data analyst juga harus mampu mengelola data dengan efisien, termasuk membersihkan, merapikan, dan mempersiapkan data untuk analisis lebih lanjut. Selain itu, dengan kemampuan menggunakan tools visualisasi data, kalian dapat menyajikan hasil analisis dalam bentuk visual yang mudah dimengerti.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Mentor yang Berpengalaman

Data Analyst


Tanda selanjutnya dari bootcamp data analyst terbaik adalah adanya mentor yang berpengalaman. Mentor yang berpengalaman dapat memberikan bimbingan langsung kepada para peserta. Mereka dapat membimbing peserta dalam memahami konsep-konsep yang sulit, menjawab pertanyaan, dan memberikan klarifikasi tentang topik-topik yang cukup teknis. 


Mentor yang telah bekerja dalam bidang data analyst juga memiliki pengetahuan praktis yang dapat dibagikan langsung ke peserta, termasuk proyek-proyek yang telah mereka kerjakan, masalah-masalah yang telah mereka hadapi, dan solusi-solusi terbaik dari berbagai skenario.


Informasi ini memberikan wawasan yang tidak dapat diperoleh dari buku pelajaran atau materi kuliah saja.


3. Dilengkapi Proyek Nyata

Data Analyst

Proyek nyata memungkinkan kalian untuk menerapkan konsep-konsep teoritis yang dipelajari dalam situasi praktis. Dengan menghadapi masalah nyata, kalian dapat menguji pemahaman tentang konsep-konsep data analyst dan menerapkan pengetahuan tersebut untuk menyelesaikan masalah konkret.


Mulai dari proses pengumpulan data, pembersihan data, analisis, interpretasi hasil, dan penyajian insight kepada stakeholder. Pengalaman ini sangat diperlukan untuk mempersiapkan diri dalam pekerjaan sebenarnya setelah menyelesaikan bootcamp.


Selain itu, proyek-proyek tersebut juga sering melibatkan kerja tim dan kolaborasi antara peserta. Hal ini membantu kalian dalam mengembangkan keterampilan kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah dalam kelompok.


Keterampilan kolaborasi ini sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja nantinya, karena data analyst biasanya bekerja dengan praktisi data lain untuk menyelesaikan suatu proyek. Proyek nyata juga memberikan kalian kesempatan untuk membangun portofolio profesional.


Sebuah portofolio yang berisi proyek-proyek nyata dapat meningkatkan daya tarik peserta ketika melamar pekerjaan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Jaringan dan Kesempatan Karir

Data Analyst


Bootcamp yang memiliki jaringan yang luas dalam berbagai industri dapat memberikan peserta akses ke perusahaan-perusahaan terkemuka dan praktisi data yang berpengalaman lainnya. Jaringan yang baik akan memberikan peluang yang lebih besar untuk magang atau mendapat pekerjaan.


Biasanya beberapa perusahaan bekerjasama dengan bootcamp untuk mencari calon data analyst yang berkualitas. Peserta bootcamp yang memiliki jaringan yang baik memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan penempatan magang atau pekerjaan setelah menyelesaikan program.


Jaringan profesional juga menciptakan komunitas yang mendukung. Peserta dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan peluang dengan sesama anggota komunitas, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan karir dalam jangka panjang.


Jadi, dengan adanya jaringan profesional yang kuat dan peluang karir yang nyata, peserta bootcamp data analyst dapat merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja setelah menyelesaikan program.


Bagi kalian yang bingung mencari bootcamp yang terbaik, DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Analyst untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya.


Program ini memberikan beragam manfaat seperti bonus kelas persiapan untuk mengetahui pemahaman awal peserta, bimbingan belajar dan konsultasi intensif, materi dan video yang dapat dipelajari selamanya, dan komunitas yang suportif.


Menariknya, bootcamp ini terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

  • Bootcamp Data Analyst with Excel


Bootcamp Data Analyst with Python & SQL

Bootcamp Data Analyst with Python & SQL akan mengasah kemampuan Sahabat DQ dalam mengaplikasikan bahasa pemrograman Python dan SQL dalam persiapan karir sebagai Data Analyst. Beberapa materinya yaitu memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan, penyaringan, sampai penggabungan data, pengolahan data dasar dengan Python, dan masih banyak lagi.


Bootcamp Data Analyst with Excel

Program bootcamp lainnya yang disediakan DQLab adalah Bootcamp Data Analyst with Excel. Pada bootcamp ini Sahabat DQ akan mempelajari analisis data dan reporting menggunakan Excel. Kebanyakan dari pengguna Excel tidak menyadari fungsi-fungsi Excel sangat membantu pada proses analisis data. Di sini, kalian akan lebih mahir menggunakan Excel untuk kebutuhan laporan.


Beberapa materi yang diberikan yaitu menggunakan fitur formatting, filter, dan sorting, hingga menghasilkan chart sederhana pada Excel, menerapkan Data Storytelling & Visualisasi, melakukan analisa hasil eksplorasi data yang telah diolah dengan teknik yang tepat, dan masih banyak lainnya. 


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python, untuk nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Analyst yang mahir bersama DQLab.


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login