Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ini Alasan Mengapa Belajar Data Science itu Penting

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dfb0b1e8fada44d62c6afb137ebe7fb9_x_Thumbnail800.png

Perkembangan yang pesat ini menjadikan penemuan ilmu pengetahuan semakin luas dan bertambah sehingga manfaatnya sendiri sangat membawa nilai positif bagi generasi muda di masa depan. Data Science menjadi kalimat yang sering diperbincangkan oleh khalayak terutama para data enthusiast. Namun sebenarnya, Data Science itu apa sih?


Sederhananya adalah Data Science merupakan sebuah bidang studi yang menggabungkan domain ekspert, skill pemrograman dan juga ilmu pengetahuan seperti matematika, statistik, komputer sains untuk membantu mengekstrak data menjadi sebuah wawasan yang berguna. Praktisi Data Science akan menerapkan algoritma Machine Learning kedalam teks, video, gambar dan bentuk data lainnya agar menghasilkan sebuah sistem AI untuk bisa membantu kegiatan atau tugas manusia. Dengan demikian, sudah banyak lini industri menerapkan ilmu Data Science ini baik pada organisasi besar maupun organisasi kecil sekalipun. Pada artikel DQLab ini akan memberikan sudut pandang yang bisa menjadi alasan penting bagi kamu untuk memulai belajar Data Science. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai selesai!


1. Mengembangkan Aspek Kognitif

Aspek kognitif merupakan kemampuan dalam mengenal sesuatu yang mengacu atau berkaitan dengan proses berpikir yaitu aktivitasnya mampu mengembangkan rasional, adapun beberapa aspeknya seperti pengetahuan, pemahaman, penerapan analisis hingga mengevaluasi. Dalam belajar Data Science, akan membantu sahabat Data DQLab dalam meningkatkan pengembangan aspek kognitif karena dalam proses Data Science mencakup memecahkan sebuah masalah pada data yang dimiliki, lalu melakukan analisis data hingga tingkat lanjut, kemudian membuat suatu perencanaan pada masalah. Dengan demikian, proses tersebut melatih pemikiran menjadi lebih logis dan kritis berdasarkan analisis data yang dilakukan. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Skill Komunikasi yang Baik

Jangan salah lho sahabat Data DQLab, alasan lain ketika kamu mulai belajar Data Science kamu bisa meningkatkan skill komunikasi dengan baik mengingat bahwa komunikasi tidak semuanya dapat dimiliki . Dalam melakukan analisis data tentunya akan memberikan hasil, hasil tersebut tidak semua orang mampu membacanya dengan baik. Sehingga dibutuhkannya skill komunikasi dengan baik secara verbal dan non verbal, pada komunikasi verbal sahabat Data DQLab akan melakukan sebuah storytelling atau penceritaan ulang pada data yang didapatkan dengan bantuan visualisasi data berupa grafik atau gambar lainnya seperti diagram batang, pie chart, scatter plots, dan bentuk grafik lainnya. Selain itu juga, terkadang dalam proses belajar tidak semuanya dilakukan secara individu ada kalanya sahabat Data DQLab juga membutuhkan seseorang atau melakukan tugasnya secara berkolaborasi.


3. Membantu Melihat Dunia dengan Baik

Setiap manusia pastinya menginginkan sebuah inovasi yang dapat membantu menyelesaikan masalah atau membantu menentukan sebuah pilihan dengan tepat, dengan belajar Data Science sahabat data DQLab akan memungkinkan mengeluarkan sebuah ide atau karya inovasi dan kemudian dapat membuat penemuan yang berguna bagi khalayak. Data Science sudah berekspansi dalam pengaplikasiannya, sehingga di berbagai macam industri pun mulai menerapkan ilmu Data Science dan juga memiliki sumber daya seorang praktisi yang handal dalam pengaplikasiaannya. Sebagai contoh yaitu menerapkan ilmu Data Science dalam industri kesehatan, adapun sub ilmu Data Science seperti AI dan Machine Learning yang membantu kebutuhan pasien berdasarkan data dan analisis secara mendalam. Dengan demikian, pasien akan mendapatkan perawat dengan baik dan benar sesuai aturan yang sesuai kebutuhannya.


4. Peluang Kerja di Era Digital

Data Science menjadikan salah satu karir yang menjamin di masa depan, mengapa? Karena semua lini industri sudah menjadi data-driven company untuk mencapai tujuan mereka dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dimilikinya. Sehingga, terjadinya peningkatan pada minat untuk memulai belajar Data Science bahkan ilmu Data Science sendiri sangat dianjurkan diminati oleh seluruh kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa sekalipun. Di masa depan, data menjadi salah satu aset terpenting dengan demikian pentingnya bagi sahabat Data DQLab menguasai beberapa tools secara terampil dan mengetahui teknik analitik yang tepat dan sesuai agar bisa mendapatkan sebuah wawasan dari data tersebut.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Mulai Belajar Data Science bersama DQLab yang Seru dan Aplikatif di Real Case Industry.

Latar belakang pendidikan bukanlah menjadi hambatan buat kamu untuk memulai belajar Data Science, dikarenakan data menjadi sebuah demand dalam semua industri sangat besar peluang kamu harus memulai menguasai dan terjun ke dalam bidang Data Science. Tenang saja, jika kamu sedang mencari tempat atau pembelajaran Data Science secara terstruktur, DQLab solusinya! Di DQLab sudah tersedia module dan juga mentor praktisi senior data, selain itu untuk bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari adapun fitur project yang bisa kamu kerjakan dan menjadi suatu portofolio kamu ketika sahabat data DQLab melamar pekerjaan.


Tunggu apalagi? Yuk langsung aja signup di DQLab.id dan nikmati akses module GRATIS “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. 

Selamat mencoba sahabat data DQLab!

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!