FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 8 Menit 14 Detik 

Ini Peran Besar Data Science dalam Dunia Bisnis 2023

Belajar Data Science di Rumah 12-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8ec2ad261c437ee9f30fbd63e8d63e99_x_Thumbnail800.jpeg

Data Science berperan penting dalam setiap sektor, mulai dari dunia kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, salah satu contoh pentingnya data dalam dunia bisnis adalah untuk data penjualan, data pelanggan, data produk, dan lain-lain. Data yang telah diperoleh pun tidak bisa dibiarkan begitu saja, akan tetapi perlu diolah dan dianalisis agar menghasilkan informasi atau suatu kesimpulan.


Proses pengolahan datanya pun tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan menggunakan teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Setelah didapatkan hasil analisis, hasil tersebut dapat disimpulkan atau dapat menjadi bahan pertimbangan untuk penerapan strategi pemasaran.


Mengingat setiap harinya pasti terjadi kenaikan jumlah data yang meningkat, kebutuhan ilmu Data Science dari seorang praktisi data sangat diharapkan dalam membantu mengolah data-data tersebut. Terlebih lagi, bisnis secara nasional dan internasional kini sudah menggunakan data untuk pengembangan serta keputusan perusahaan mereka.


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sih Data Science itu bisa membantu dan bermanfaat bagi sebuah bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Jadi simak terus ya artikel dibawah ini!


1. Data Science di Bidang Transportasi

Penerapan aplikasi yang pertama, Data Science dapat dimanfaatkan di bidang transportasi. Salah satu contohnya adalah Driverless Cars. Dengan bantuan mobil tanpa pengemudi, jumlah kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa dapat ditekan dengan mudah.


Data Science


Misalnya, dalam mobil tanpa pengemudi, data training dimasukkan ke dalam algoritma dan dengan bantuan Data Science, data dapat dianalisis seperti berapa batas kecepatan di jalan raya, jalan sibuk, jalan sempit, dan sebagainya serta mencari solusi bagaimana menangani situasi yang berbeda saat mengemudi.


Contoh lainnya, dengan bantuan Data Science, sektor transportasi udara juga ikut berkembang dan mempermudah perusahaan untuk memprediksi penundaan penerbangan. Hal ini juga membantu perusahaan untuk memutuskan apakah akan langsung mendarat ke tujuan atau harus transit terlebih dahulu. Pemilihan rute yang tepat sesuai dengan kepadatan bandara juga bisa dioptimalkan dengan Data Science.


Baca juga : Membandingkan 2 Algoritma Data Science Populer 2023


2. Data Science pada Aplikasi TikTok

Salah satu aplikasi yang merupakan hasil terapan dari algoritma Data Science adalah aplikasi TikTok. Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini? Pasti sahabat DQLab sudah akrab dengan aplikasi yang sering FYP (For Your Page) di halaman pencarian.


Data Science


Contoh kecil, misalnya yang lewat di beranda TikTok kamu lebih banyak ke konten kuliner atau makan-makan. Tanpa sadar, ternyata kamu sebagai pengguna ini banyak memberikan likes atau menyukai konten serupa. Nantinya konten kuliner tadi akan dipersonalisasikan ke dalam kategori makanan.


TikTok menggunakan algoritma Machine Learning untuk mengatur personalisasi konten yang ada pada FYP. Feed dipersonalisasi sesuai dengan konten yang disukai oleh pengguna dan minat yang sudah ditentukan di awal ketika melakukan pembuatan akun.


Tidak hanya berhenti disitu saja, dalam menyusun strategi rekomendasi dan kategorisasi TikTok di halaman beranda mereka juga menggunakan Computer Vision, Natural Language Processing, dan Metadata.


3. Tingkatkan Profit Bisnis Retail dengan Data Science

Suatu bisnis dapat berkembang pesat dikarenakan inovasi, baik inovasi yang berasal dari produk atau berasal dari proses bisnis itu sendiri. Misalnya inovasi bisnis di bidang retail seperti mencari hubungan antar produk dari suatu transaksi penjualan. Yang memiliki tujuan untuk memposisikan produk yang memiliki kecenderungan akan dibeli secara bersamaan, memberi rekomendasi produk terhadap konsumen, menyusun rak display produk, serta menyusun halaman produk di platform e-commerce. 


Data Science


Dengan begitu penjualan dapat meningkat, dan barang yang tidak laku jika di letakkan dengan tepat akan lebih menarik dan memiliki peluang untuk dibeli atau sering disebut dengan istilah "Market Basket Analysis". Dengan menggunakan Market Basket Analysis kamu dapat mencari rekomendasi paket produk berdasarkan pola unik dari data transaksi pelanggan yang dapat meningkatkan penjualan.


4. Data Science Membantu dalam Meningkatkan Kualitas SDM

Data Science tidak hanya berfokus pada perkembangan bisnis secara finansial, namun juga dapat membantu dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di perusahaan.


Data Science


Bayangkan jika suatu perusahaan harus melakukan pengecekan CV secara manual. Sedangkan setiap harinya hampir ratusan CV masuk. Tentu ini kurang efisien terutama jika kita membutuhkan karyawan secepatnya.


Ilmu Data Science mampu menyelesaikan permasalahan tersebut melalui pemodelan yang dibuat khusus untuk mengenali calon karyawan yang memiliki kemampuan tertentu sesuai kebutuhan. Selain efisien, cara ini akan memudahkan perusahaan mendapatkan kandidat yang paling tepat karena lebih akurat.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Di tahun 2023, penggunaan data diperkirakan akan terus meningkat dan lapangan pekerjaan di bidang Data Science akan terbuka lebar. Yuk persiapkan dirimu agar bisa bersaing dan mendapatkan dream job di bidang Data Science bersama DQLab!


DQLab adalah lembaga kursus Data Science yang menawarkan pembelajaran terstruktur dan fokus pada pengembangan skill Data Science. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan yaitu belajar bersama ahli data, sertifikat gratis setiap penyelesaian modul, project-project dengan kasus yang sering ditemui di dunia data, serta job opportunity sebagai praktisi data.


Jadi tunggu apa lagi? Yuk, Sign Up di DQLab.id dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module "Introduction to Data Science with Python" atau “Introduction to Data Science with R”. Dan bangun portofolio datamu untuk mempersiapkan diri berkarir di industri data!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :