PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 22 Jam 27 Menit 16 Detik

Ini Ragam Tugas Data Scientist di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 29-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2024-02-29-202920_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah suatu profesi yang saat ini sedang naik daun dan banyak dibutuhkan oleh berbagai instansi atau perusahaan. Profesi data scientist ini juga memiliki berbagai peranan penting dalam keberlangsungan suatu aktivitas. Lalu apakah kalian tahu apa saja tugas data scientist. Data scientist secara umum memiliki tugas yaitu bertanggung jawab terhadap data perusahaan terutama dalam proses analisis data sampai dengan menghasilkan kesimpulan.


Pada era digital seperti ini profesi yang berkaitan dengan teknologi memiliki begitu banyak pemna. Beberapa alasan diantaranya adalah dikarenakan kebutuhan akan profesi terkait juga meningkat. Terdapat beberapa alasan mengapa profesi yang berkaitan dengan data seperti data scientist maupun data analyst memiliki begitu banyak peminat, antara lain seperti banyak dibutuhkan perusahaan, memiliki jenjang karir yang bagung, gaji yang cukup menggiurkan, dan masih banyak lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja tugas data scientist. Yuk, simak bersama-sama!


1. Menganalisis Data

Proses analisis data merupakan suatu rangkaian prosedur yang tidak bisa dilewati dan perlu dilakukan dengan cara yang benar. Seorang praktisi data seperti data scientist memiliki tugas menganalisis data perusahaan dengan berdasarkan ilmu dan kemampuan yang dimiliki.. Proses analisis data ini perlu dilakukan menggunakan teknik analisis data yang benar dan sesuai dengan data yang dimiliki. 

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menyiapkan Infrastruktur Data

Data merupakan salah satu komponen penting dalam keseharian kita. Saat ini data tidak hanya dikumpulkan dan dikerjakan secara manual saja, akan tetapi seiring perkembangan teknologi ini sebagian besar data telah terintegrasi secara digital. Bersamaan dengan ini pula muncullah istilah big data yang berarti data berukuran besar bahkan dalam waktu yang sangat singkat. Infrastruktur data ini perlu disiapkan dengan baik untuk memudahkan data scientist dalam menganalisis data.

Data Scientist


3. Menggunakan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah suatu hal yang tidak terlepas dari data scientist. Seperti yang telah kita ketahui bahwa data scientist pada umumnya bertugas menganalisis big data. Big data ini sangat kecil kemungkinan jika diolah menggunakan cara manual. Oleh karena itu diperlukannya penggunaan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan data scientist kini sangat beragam dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Data Scientist


4. Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu usaha untuk menampilkan hasil analisis data dalam bentuk visual. Proses visualisasi data ini perlu diterapkan oleh praktisi data. Hal ini dikarenakan tidak semua orang yang membaca mengerti tentang data. Dengan adanya visualisasi data yang menarik, jelas dan mudah dimengerti maka akan memudahkan pembaca dalam memahami hasil analisis data. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Menjadi seorang data scientist termasuk impian dari beberapa orang di masa kini. Skill yang perlu dimiliki perlu dipelajari salah satunya di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login