SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 17 Menit 26 Detik

Ini Roadmap Data Engineer untuk Percepatan Karir

Belajar Data Science di Rumah 05-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e48b9ae917edcce25dcbbc51700c2a09_x_Thumbnail800.jpeg

Data engineer merupakan profesi yang belakangan ini menarik perhatian di industri data. Tidak dapat dipungkiri, apabila tugas besar yang dilakukan oleh seorang data engineer adalah melakukan pengolahan data berdasarkan prinsip dan alur kerja ETL (Extract, Transform, dan Load). Berdasarkan laporan dari DICE Insights, pekerjaan data engineer masih menjadi top job di industri teknologi pada kuartal ketiga tahun 2020. 


Banyak sekali perusahaan mulai dari startup hingga perusahaan yang masuk ke dalam nominasi Fortune 500 untuk mengisi posisi sebagai seorang data engineer. Posisi data engineer berada di urutan teratas mengalahkan berbagai posisi lainnya di industri data seperti Data Scientist, Cybersecurity Analyst, dan Web Developer.


Namun, untuk menapaki posisi sebagai data engineer memang bukan perkara yang mudah. Mereka sebagai calon kandidat perlu kerja keras untuk mengasah skill dan kemampuannya agar bisa bertahan di industri. Salah satu panduan yang bisa diikuti apabila ingin menjadi seorang data engineer adalah dengan mengikuti roadmap data engineer. Roadmap data engineer adalah dokumen yang berisi panduan dan langkah-langkah yang harus diambil oleh seorang data engineer untuk mencapai tujuan karirnya. 


Roadmap ini biasanya mencakup teknologi yang harus dipelajari, keterampilan yang harus dikuasai, dan pengalaman yang harus dimiliki. Seorang data engineer harus menyusun roadmap ini dengan hati-hati, karena roadmap yang tepat akan membantunya mencapai tujuan karirnya dengan lebih cepat dan efisien. Terus seberapa penting roadmap data engineer untuk percepatan karir di industri data?  Yuk simak penjelasan selengkapnya lewat artikel berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Menghindari Kegagalan

Roadmap data engineer membantu seseorang untuk merencanakan karirnya dengan lebih baik, sehingga dapat menghindari kegagalan dalam karirnya. Dengan memiliki roadmap, seorang data engineer dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil dan menghindari membuang waktu pada teknologi atau keterampilan yang tidak relevan.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Menentukan Prioritas

Roadmap data engineer membantu seseorang menentukan prioritas dalam pengembangan karirnya. Seorang data engineer dapat menentukan keterampilan apa yang harus dikuasai terlebih dahulu, teknologi apa yang harus dipelajari, atau pengalaman apa yang harus dimiliki terlebih dahulu. Dengan menentukan prioritas ini, seorang data engineer dapat mencapai tujuannya lebih cepat dan efisien.

Data Engineer


3. Membantu dalam Pemilihan Pekerjaan

Roadmap data engineer dapat membantu seseorang dalam memilih pekerjaan yang tepat. Seorang data engineer dapat mempertimbangkan teknologi apa yang digunakan oleh perusahaan, keterampilan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan pengalaman apa yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan memiliki roadmap, seorang data engineer dapat mengetahui pekerjaan apa yang paling cocok dengan keterampilan dan pengalaman yang dimilikinya.


Data Engineer


4. Membantu dalam Memilih Pelatihan atau Sertifikasi

Roadmap data engineer juga dapat membantu seseorang dalam memilih pelatihan atau sertifikasi yang sesuai. Seorang data engineer dapat mengetahui keterampilan atau teknologi apa yang dibutuhkan untuk mencapai tujuannya, dan mencari pelatihan atau sertifikasi yang tepat untuk mengembangkan keterampilan tersebut.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


5. Memotivasi untuk Terus Belajar

Roadmap data engineer dapat menjadi motivasi untuk terus belajar dan berkembang. Seorang data engineer dapat menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, dan memantau kemajuan yang telah dicapai. Dengan melihat kemajuan yang telah dicapai, seorang data engineer akan merasa terdorong untuk terus belajar dan berkembang.


Jika kamu ingin menjadi seorang data engineer, rasa-rasanya kamu harus menguasai sedikit demi sedikit keterampilan teknisnya. Jangan khawatir bagi para experience yang berencana untuk switch career, roadmap data engineer adalah panduan yang bisa kamu ikuti untuk mendalami skill-skill maupun penguasaan konsep yang berhubungan dengan peran data engineer di industri. Apapun profesinya, kini bisa dipelajari oleh siapapun tanpa terkecuali. Baik lulusan dari bidang IT maupun non IT, lulusan baru atau yang berpengalaman juga bisa.


Kebetulan DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT & mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar data science sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Dijamin bakalan seru abis. So, yuk segera cobain belajar data science bersama DQLab.


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login