FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 21 Menit 22 Detik 

Ini Teori Teknik Analisis Data di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 27-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9d1bc734eaedecb7b630b3c74de7bb1f_x_Thumbnail800.jpeg

Halo teman-teman, pernahkah ketika kalian membuka sosial media atau marketplace tiba-tiba muncul iklan atau rekomendasi produk yang relate dengan apa yang kita ketik di mesin pencarian? Hal ini salah saatnya dikarenakan penerapan teknik analisis data dibaliknya. 


Mengapa demikian? Jawabannya adalah ketika kita mencari suatu produk dalam marketplace maka algoritma dibaliknya akan memproses data pencarian kita kemudian menganalisisnya lalu membuat strategi atau tindakan baru untuk meningkat profit perusahaan mereka dan memanfaatkan tujuan teknik analisis data lainnya.


Teknik analisis data ini merupakan bagian penting dalam analisis data yang perlu digunakan dengan tepat. Pemilihan teknik analisis data perlu disesuaikan dengan jenis data dan jenis penelitian yang dikerjakan. Jika jenis penelitian serta tujuan penelitian sudah sesuai dengan teknik analisis data yang digunakan maka hasil yang diperoleh pun akan lebih maksimal dan lebih valid. Hal ini tentunya juga diiringi dengan ketersediaan data yang sesuai dan implementasi teknik analisis data yang tepat. Kira-kira apa saja tujuan teknik analisis data yang menjadi incaran para pemilik bisnis? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Langkah Analisis Data

Analisis data merupakan suatu proses mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan hasil analisis yang sesuai, perlu diterapkan menggunakan langkah atau tahapan analisis data. Beberapa tahapannya antara lain 1) pengumpulan data, 2) editing, 3) koding, 4) tabulasi data, 5) pengujian data, 6) mendeskripsikan data, 7) pengujian hipotesis, 8) penyajian dan visualisasi data.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Mendeskripsikan Data

Tujuan pertama dari penerapan teknik analisis data antara lain mendeskripsikan data penelitian. Seorang peneliti sebelum melakukan tahapan analisis data tentunya mengumpulkan data terlebih dahulu. tahapan pengumpulan data ini biasanya tidak hanya berasal dari satu sumber saja, akan tetapi dari berbagai sumber dan bahkan berbagai bentuk data. Setelah data sudah dibersihkan dan sudah siap untuk dianalisis menggunakan teknik yang sesuai maka data tersebut dapat dideskripsikan dan dikemas sesuai dengan kebutuhan data penelitian.


Teknik Analisis Data



3. Memudahkan Proses Identifikasi

Tujuan lainnya dari penggunaan teknik analisis data adalah untuk memudahkan proses identifikasi data. Proses identifikasi data merupakan suatu tindakan meliputi meneliti, mencari, menemukan serta mencatat informasi dalam data. Informasi yang dimaksud disini meliputi informasi apa saja seperti tentang seseorang, fakta, kejadian tertentu, dan masih banyak lainnya. Salah satu tujuan dari penerapan teknik analisis data antara lain untuk memudahkan proses identifikasi agar lebih efisien baik dalam segi waktu, biaya maupun tenaga.


Teknik Analisis Data


4. Menjelaskan secara Rasional

Pada saat melakukan penelitian, adakalanya sebagian pembaca kurang mengerti apakah intisari dari kegiatan penelitian tersebut. Kemungkinan besar pembaca masih belum begitu jelas dengan tujuan maupun proses dalam penelitian. Oleh karena itu  teknik analisis data juga bertujuan untuk menjelaskan secara rasional berdasarkan data yang ada mengapa tindakan tersebut dilakukan atau dengan cara apa data tersebut dianalisis. 


Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Setiap tahapan analisis data memiliki fungsi dan digunakan untuk tujuan tertentu. Begitu pula dengan teknik analisis data. Penggunaan teknik analisis data ini perlu disesuaikan dengan data dan tujuan penelitiannya. Ingin tahu lebih lanjut terkait teknik analisis data? Kalian bisa langsung mencoba di DQLab dan bisa mempelajarinya secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :