2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 25 Menit 44 Detik

Inspirasi Project Data Analyst dalam Bidang Linguistik

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-03-2024-04-05-205237_x_Thumbnail800.jpg

Data analyst memegang peranan penting dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk mengungkapkan insight yang berharga terkait bahasa dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Menariknya adalah sedikit banyaknya project yang dilakukan oleh data analyst justru didominasi oleh bidang linguistik. Proyek-proyek dalam bidang linguistik yang dilakukan oleh data analyst mencakup berbagai topik, mulai dari analisis sentimen dalam percakapan online hingga pemodelan bahasa untuk menerjemahkan teks antar bahasa dengan akurasi tinggi.


Selain itu, dengan kemajuan dalam teknologi pemrosesan bahasa alami, seperti mesin pembelajaran yang mendalam dan pengolahan bahasa alami, para data analyst dapat mengeksplorasi dan memanfaatkan data bahasa dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.


Bahkan dalam penelitian akademis, analisis data pada lingkup bahasa dapat memberikan wawasan yang berharga tentang struktur bahasa, perubahan bahasa sepanjang waktu, dan faktor-faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi penggunaan bahasa. Dengan demikian, dominasi project-project dalam bidang linguistik oleh data analyst tidak hanya mencerminkan pentingnya bahasa dalam kehidupan manusia, tetapi juga menunjukkan potensi besar yang dimiliki oleh analisis data untuk menghasilkan wawasan yang bermanfaat dan mendalam tentang aspek-aspek ini dari komunikasi manusia.


Jika kamu sedang mencari inspirasi project untuk kebutuhan data analyst dalam bidang linguistik, jangan skip artikel ini ya! Simak penjelasan detailnya yuk sahabat DQLab!


1. Analisis Sentimen

Analisis sentimen adalah area lain di mana project data analyst dalam bidang linguistik dapat memberikan wawasan yang berharga. Dengan menganalisis teks dari berbagai sumber, seperti ulasan produk, posting media sosial, atau artikel berita, data analyst dapat menentukan sentimen umum di balik teks tersebut. Ini dapat membantu bisnis dalam memahami bagaimana produk mereka diterima oleh pasar atau membantu para peneliti dalam memahami opini publik tentang topik tertentu.

Data Analyst

Sumber Gambar: Sprout Social


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Natural Language Processing

Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing/NLP) adalah salah satu bidang utama yang terlibat dalam project data analyst di bidang linguistik. Dengan menggunakan teknik-teknik NLP, data analyst dapat mengembangkan model untuk memahami dan menghasilkan teks manusia. Ini dapat mencakup penerapan teknologi kecerdasan buatan untuk menerjemahkan teks antar bahasa, merangkum teks panjang, atau bahkan memahami emosi atau sentimen dari teks yang ditulis.

Data Science

Sumber Gambar: Medium/Coursesteach


3. Pemeliharaan Model Bahasa

Project data analyst juga bertanggung jawab untuk memelihara dan meningkatkan model bahasa yang ada. Ini melibatkan pengumpulan data baru, penyesuaian parameter model, dan pengujian ulang untuk memastikan bahwa model tersebut tetap akurat dan relevan. Dengan memelihara model bahasa yang kuat, data analyst dapat terus memberikan wawasan yang berharga tentang bahasa manusia.


4. Penelusuran Pola dalam Data Bahasa

Project data analyst dalam bidang linguistik sering kali berfokus pada penelusuran pola dalam data bahasa. Mereka menggunakan teknik-teknik analisis data untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam percakapan, tulisan, atau bahkan dalam bahasa sumber tertentu. Misalnya, dengan menganalisis data dari platform media sosial, seorang data analyst dapat mengidentifikasi tren penggunaan kata-kata atau frasa tertentu dalam konteks tertentu, memberikan wawasan tentang bagaimana bahasa berubah dan berkembang seiring waktu.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya


Project data analyst dalam bidang linguistik memiliki potensi besar untuk menginspirasi pemahaman kita tentang bahasa manusia. Dengan menggunakan teknik-teknik analisis data yang canggih, mereka dapat mengungkap pola dan tren yang tidak terlihat sebelumnya, memberikan wawasan yang berharga tentang kompleksitas bahasa manusia. Sahabat DQ tentu yakin untuk terbiasa menghindari kesalahan tersebut, adalah dengan terus berlatih.


Semakin sering kita menyelesaikan berbagai project, semakin sering pula kita memperbaiki kemampuan kita. Kalian bisa mulai melatih diri dengan menyelesaikan ragam project data analyst di DQLab


Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan jadilah ahli dalam menyampaikan insight data dengan mengikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login