PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 4 Menit 37 Detik

Integrasi Data di Big Data, Apa Saja Sih Manfaatnya dalam Dunia Bisnis?

Belajar Data Science di Rumah 27-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b251ef91bd27f4711496247714d57341_x_Thumbnail800.png

Istilah integrasi data mungkin sudah tidak asing lagi dalam dunia bisnis. Banyaknya industri yang mulai menggunakan teknologi digital membuat jenis data yang mereka miliki menjadi beragam. Integrasi data menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika berhadapan dengan big data. Berbicara tentang big data, tentunya varietas dari data yang ada menjadi sangat banyak. Data-data tersebut seperti potongan puzzle yang dapat melengkapi satu sama lain sehingga dapat menghasilkan keputusan bisnis yang bijak dan menguntungkan. 

Integrasi data sendiri merupakan proses penggabungan antara dua dataset atau bahkan lebih. Hal ini dapat membuat data yang dimiliki oleh perusahaan semakin berlimpah yang tentunya akan lebih mempermudah proses analisa agar mendapatkan kesimpulan yang dapat digunakan untuk mengambil kebijakan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat-manfaat yang akan didapatkan dari integrasi data di big data dalam dunia bisnis. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Mengenal Keadaan Pasar

Salah satu manfaat dari integrasi big data adalah untuk dapat mengenali keadaan pasar. Misalkan dengan melihat hal apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh masyarakat, atau dengan melihat produk apa yang lebih banyak terjual di pasaran. Data-data yang dapat menggambarkan kondisi pasar tersebut jika dikumpulkan lalu kemudian diintegrasikan maka akan menghasilkan keputusan yang sangat bijak. Contohnya saja keputusan mengeluarkan produk baru sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Mengurangi Data yang Tidak Akurat

Data yang tidak akurat menjadi permasalahan yang cukup menyita perhatian. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan kesalahan kesimpulan yang diciptakan yang akan berdampak pada salahnya keputusan yang diambil. Dengan adanya proses integrasi data, kemungkinan data yang digunakan tidak akurat akan semakin kecil karena data-data yang telah tersimpan di data warehouse telah melewati proses ETL (Extract, Transform, Load) terlebih dahulu. Selain itu, data yang ada juga dapat diakses secara real time, sehingga semakin memperkecil peluang adanya data yang dimanipulasi.

3. Memahami Strategi yang Efektif

Strategi yang efektif tentunya akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk meningkatkan performanya. Strategi marketing yang bagus tentunya merupakan strategi yang mampu menjangkau banyak konsumen yang berada di segmen pasar yang telah menjadi tujuan di awal. Adanya integrasi data akan membuat perusahaan lebih mudah untuk menciptakan strategi yang efektif dan mengurangi risiko dalam bisnis, seperti penyusutan pangsa pasar, dan lain sebagainya.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!                                             

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login