GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 36 Menit 25 Detik 

Intip 4 Tips Cara Menjadi Data Scientist Andal

Belajar Data Science di Rumah 24-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/84ebf8a642c8ba987842e68f11bb0246_x_Thumbnail800.jpg

Data saat ini menjadi salah satu bagian yang tidak terlepas dalam keseharian kita. Seiring perkembangan teknologi, jumlah data pun semakin meningkat sehingga muncullah istilah big data. Big data ini perlu dilakukan proses tindak lanjut agar menjadi informasi, yaitu berupa proses analisis data. Proses analisis data ini dilakukan oleh seorang data scientist. Data scientist saat ini pun sudah cukup banyak dikenal orang dan bahkan banyak yang mencari tahu cara menjadi data scientist professional. 


Data scientist adalah sebutan bagi orang yang menerapkan data science. Data science atau ilmu data merupakan kombinasi dari beberapa ilmu dasar seperti matematika, statistik, sistem informasi, bahasa pemrograman, ilmu bisnis, dan lain-lain. Oleh karena itu tidak heran jika data science dapat dikatakan sebagai ilmu yang  tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah. Mungkin bagi orang-orang yang tidak familiar dengan dasar ilmunya akan lebih bekerja keras untuk memahami di awal materi maupun praktek, namun setelah semakin lama akan terbiasa dengan materinya dan semakin terlatih dengan studi kasus yang dikerjakan. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali beberapa cara menjadi data scientist


1. Kuasai Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika merupakan ilmu yang sudah sering kita gunakan dalam keseharian kita. Namun apakah kalian tahu, keduanya tidak hanya dapat digunakan untuk menghitung angka atau menghitung peluang saja. Kedua ilmu tersebut saling berkaitan dan memiliki beberapa metode yang dapat digunakan dalam analisis statistik dasar maupun analisis lanjutan. Oleh karena itu, jika ingin menjadi seorang data scientist, kita harus mengetahui dan memahami ilmu matematika dan statistika setidaknya pada tingkat dasar.


data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menguasai Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau dikenal pula sebagai bahasa komputer merupakan kumpulan  kode yang berisi perintah untuk dieksekusi. Data scientist yang biasanya digunakan untuk mengolah big data, tentunya memerlukan bahasa pemrograman karena akan mengolah data menggunakan bantuan tools pendukung. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan sangat beragam, beberapa diantaranya adalah C, C++, Python, R, SQL, Java, dan masih banyak lainnya.


data scientist


3. Data Mining dan Algoritma

Data mining adalah suatu proses pengumpulan dan pengolahan data menjadi informasi. Data yang diperoleh dari perusahaan atau dari klien tertentu pada mulanya adalah data mentah yang belum bisa menyimpulkan apapun. Dengan melakukan proses data mining, data tersebut akan diolah sehingga menghasilkan informasi penting yang dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan pengambilan keputusan. Dalam penerapannya, data mining menggunakan algoritma yang sesuai dengan jenis data, rumusan masalah serta tujuan penelitian.


4. Mempertajam Softskill

Pada beberapa bagian sebelumnya telah diberi sedikit pengenalan terkait cara menjadi data scientist dari segi hard skill antara lain seperti menguasai ilmu dasar matematika, bahasa pemrograman, dan data mining. Selain menguasai hardskill, softskill juga diperlukan oleh data scientist antara lain seperti kemampuan komunikasi yang baik, pemikiran tajam terhadap bisnis, sikap teliti & cermat, dll. Antara hardskill dan softskill ini patutnya berjalan seiringan karena keduanya akan saling berkaitan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Gabung Menjadi Data Scientist dengan Belajar di DQLab!

Data scientist saat  ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh para milenial. Kesempatan menjadi data scientist tidak hanya untuk kamu yang latar belakang pendidikan IT loh, tapi data scientist terbuka bagi semua jurusan dengan syarat kam menguasai materinya. Materi dasar data scientist dapat kamu pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!