Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Intip Alasan Mengapa Data Scientist Adalah Profesi yang Akan Bersinar Di Tahun 2022

Belajar Data Science di Rumah 29-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/778934fb713b7e352f9f5f7e2f266790_x_Thumbnail800.jpg

Data scientist adalah profesi profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data yang berukuran besar. Data scientist merupakan seseorang yang harus memiliki pemahaman mengenai matematika, statistika, dan ilmu komputer karena profesi ini memerlukan teknologi canggih seperti machine learning untuk mensupport pekerjaannya. Data scientist menggunakan big data untuk mengembangkan hipotesis, membuat kesimpulan, menganalisis trend pasar, dan manajemen risiko yang mungkin terjadi baik saat ini maupun di masa yang akan datang menggunakan algoritma machine learning. 

Dalam dunia bisnis, data scientist memiliki banyak peran, salah satunya adalah mengumpulkan dan menganalisis big data untuk memprediksi perilaku konsumen dan mengidentifikasi adanya peluang baru untuk meningkatkan margin pendapatan. Di tahun 2021, rekrutmen data scientist sangat tinggi bahkan tidak ada indikasi penurunan. Pola ini diprediksi akan terus berlanjut pada tahun 2022 bahkan di beberapa tahun mendatang. Hal ini karena penggunaan data yang terus meningkat. Mengapa data scientist termasuk ke dalam profesi yang diprediksi masuk ke dalam profesi top di tahun 2022? Yuk cari tahu bersama!


1. Sejarah Data Science

Sebelum membahas mengenai profesinya, mari kita bahas dulu sejarah munculnya data science. Istilah data science pertama kali digunakan oleh Peter Naur, seorang pelopor computer science pada tahun 1960. Dalam buku Concise Survey of Computer Methods pada tahun 1974, ia menggambarkan aspek dasar teknik dan pendekatan yang digunakan dalam data science. Dalam artikel berjudul ‘Data Science: An Action Plan for Expanding the Technical Areas of Statistics’, sang penulis Wiliam S. Cleveland memperkenalkan istilah data science sebagai disiplin ilmu. Artikel ini diterbitkan tahun 2001 dalam acara International Statistical Review. Sejak saat itu, ilmu data science terus berkembang hingga saat ini.


Baca juga : Kenali Tugas Data Scientist untuk Bekal Berkarir di Tahun 2022


2. Pentingnya Peran Data Scientist

Dalam dunia bisnis, tujuan dari data science adalah untuk menggali insight dari kumpulan data yang berguna bagi keberlangsungan bisnis seperti memberikan informasi mengenai karakteristik konsumen dan efektifitas campaign serta membantu perusahaan untuk membuat rencana yang tepat dalam menjual produk atau layanan. Data scientist banyak memanfaatkan big data untuk menghasilkan insight yang bermanfaat bagi perusahaan. Tidak semua profesi dapat menghandle big data karena jenis data ini memerlukan tools dan metode khusus untuk mengolahnya. Data scientist memiliki tugas penting untuk mendeteksi adanya penipuan atau fraud sehingga keamanan konsumen dan perusahaan lebih terjaga.


3. Perkembangan Data yang Terus Meningkat

Saat ini produksi data dunia sangat besar, namun belum dapat dimaksimalkan oleh industri. Padahal data-data ini bisa menjadi bahan bakar utama untuk meningkatkan produk dan layanan, mengefektifkan marketing, mengefisienkan kinerja sumber daya manusia, yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan. Jika perusahaan mampu menggali informasi penting yang tersembunyi dalam big data, maka perusahaan dapat mengembangkan strategi powerful untuk perkembangan bisnis. Kabar baiknya, big data tidak hanya digunakan untuk kegiatan komersil saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan non-komersial, seperti membantu pihak berwajib untuk mengatur lalu lintas, atau membuat program yang bisa mengidentifikasi adanya potensi kanker. Untuk mendapatkan informasi berharga tersebut, perlu peran data scientist di dalamnya.


4. Adanya Otomatisasi

Di era modern dimana teknologi canggih terus dikembangkan, data scientist sangat berperan penting, terutama untuk otomatisasi suatu kegiatan. Dengan adanya otomatisasi ini, maka kegiatan yang bergantung pada tenaga manusia dapat digantikan dengan program sehingga lebih efektif dan efisien. Selain itu, diharapkan dengan adanya otomatisasi ini pekerjaan menjadi lebih cepat dan minim error. Peran data scientist disini adalah untuk mengembangkan algoritma yang dapat bekerja secara otomatis. Algoritma tersebut harus dilatih dengan big data sebelum dapat digunakan.


Baca juga : Intip Cara Menjadi Data Scientist Karir Cemerlang 2022


5. Belajar Data Science Di Tahun 2022

Setelah memahami betapa pentingnya data science dalam dunia industri, apakah kamu tertarik untuk mempelajarinya? Jangan khawatir, data science dapat dipelajari oleh siapapun, bahkan oleh seseorang yang tidak memiliki background IT. Yuk belajar data science dari awal bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai tingkatan modul, mulai dari modul untuk pemula hingga modul penerapan data science di dunia industri. modul-modul ini disusun oleh profesional data science yang sudah berpengalaman sehingga materi yang kita pelajari adalah materi yang akan berguna di dunia industri. Yuk klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati pengalaman seru belajar data science. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!