FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 5 Menit 18 Detik 

Intip Beberapa Library Powerful Python untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1778b718e1fa10fff8626854ca3ce5ad_x_Thumbnail800.png

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang open source dan berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu tools terbaik yang digunakan oleh data scientist untuk berbagai project data science. Bahasa pemrograman multifungsi ini bisa digunakan untuk berbagai masalah di berbagai bidang seperti matematika, statistika, dan masalah-masalah ilmiah lainnya. Python didesain dengan berbagai library powerful untuk menangani data science. Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan adalah karena kemudahan penggunaan dan sintaks yang sederhana sehingga memudahkan user bahkan user yang tidak memiliki basic IT untuk menggunakan python. 


Menurut akademisi dan profesional di berbagai bidang industri, membangun framework menggunakan API python lebih mudah, khususnya untuk project deep learning dan machine learning. Selain itu, python juga menyediakan banyak koneksi library untuk memecahkan masalah yang kompleks seperti pemrosesan natural language, analisis sentimen, dan mendeteksi adanya penipuan. Kombinasi library python dapat menghasilkan tools yang powerful. Tak heran jika dalam pekerjaan sehari-hari seorang data scientist menggabungkan beberapa library python untuk menyelesaikan berbagai project. Python memiliki banyak library powerful untuk menangani data science. Penasaran apa saja library-library tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Library NumPy

NumPy adalah library python yang menyediakan fungsi matematika untuk menangani array berdimensi besar. Selain itu, library ini juga menyediakan berbagai fungsi matriks dan aljabar linier. NumPy yang merupakan singkatan dari Numeric Python menyediakan berbagai fitur useful untuk operasi n-array dan matriks serta vektorisasi operasi matematika untuk tipe array sehingga mempercepat eksekusi pada program. Kelebihan lain dari library NumPy adalah dapat digunakan untuk matriks multidimensi yang berukuran besar.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Library Pandas

Pandas adalah salah satu library python paling populer untuk manipulasi dan analisis data. Library ini menyediakan berbagai fungsi untuk manipulasi data terstruktur yang berukuran besar seperti tabel numerik dan data time series. Library Pandas dirancang untuk manipulasi, agregasi, dan visualisasi data yang mudah dan cepat. Ada dua struktur data pada library Pandas, yaitu data series dan dataframe. Perbedaan kedua jenis data ini terletak pada penanganan dan dimensi penyimpanan. Data series menangani dan menyimpan data dalam satu dimensi data, sedangkan data frame menangani dan menyimpan data dalam dua dimensi data.


3. Library Matplotlib

Matplotlib adalah salah satu library powerful python untuk visualisasi data. Library ini menyediakan berbagai metode untuk memvisualisasikan data dengan cara yang lebih efektif. Beberapa visualisasi data yang bisa dilakukan menggunakan library Matplotlib adalah line chart, pie chart, histogram, dan diagram lainnya. Library ini juga memiliki fitur interaktif yang membuat visualisasi data lebih menarik.


4. Library Scikit “ learn

Library  Scikit “ learn atau disingkat dengan Sklearn adalah library python yang khusus untuk machine learning. Sklearn menyediakan berbagai algoritma dan fungsi yang digunakan untuk machine learning. Library ini dibangun diatas NumPy, SciPy, dan Matplotlib. Library yang dapat mempermudah data mining ini menyediakan satu set algoritma machine learning dengan interface yang konsisten. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science untuk Pemula

Saat ini hampir setiap aktivitas kita melibatkan data. Bahkan, untuk memilih baju yang sesuai pun, kita memerlukan data mengenai ukuran baju, warna baju, bahan baju, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, data tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan manusia. Begitu pula di dunia industri. Hampir semua bidang industri membutuhkan data dalam kegiatan sehari-hari. Tak heran jika profesi di bidang data akan terus dicari. Saat ini, salah satu profesi di bidang data yang sangat dibutuhkan adalah data scientist. Yuk mulai belajar data science bersama DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis "Introduce to Data Science" dan mulai pelajari skill data science yang banyak dibutuhkan oleh industri.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :