DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 33 Menit 15 Detik 

Intip Cara Anti Ribet Install Python di Perangkat Komputer

Belajar Data Science di Rumah 09-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dc41c8f7589ca5ba3c84a5dc1520dd04_x_Thumbnail800.png

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memungkinkan pengembangan program atau aplikasi menggunakan code yang lebih efektif. Python memiliki library yang bervariasi sehingga digunakan oleh banyak developer untuk berbagai hal seperti membuat aplikasi berbasis web, aplikasi smartphone, melakukan data analysis, visualisasi data, hingga machine learning. Sangat bermanfaat, bukan? Apalagi bagi teman-teman yang ingin berkarir di bidang data, bahasa pemrograman Python ini menjadi salah satu skill wajib. Jangan khawatir dulu, Python termasuk bahasa yang mudah dipelajari sintaksnya, loh. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber online maupun buku.


Sebelum mempraktekkan sintaks Python, ada baiknya kamu pahami dulu penggunaan Python dan macam-macam librarynya. Namun mungkin sebagian teman-teman lebih suka mempelajarinya dengan praktek langsung. Untuk itu kamu perlu mengunduh Python dan install di perangkat komputer atau laptop. Python bisa di install di berbagai sistem operasi yang terpasang di perangkatmu. Caranya pun berbeda-beda tergantung sistem operasinya. Bagaimana cara download dan install Python? Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!


1. Cara Download Python

Sebelum menginstal, kamu perlu memiliki file instalasi Python terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya dengan download dari website resmi Python yaitu python.org. Selanjutnya klik menu download seperti di bawah ini:


Disana akan muncul pilihan sistem operasi yaitu Windows, MacOS, Linux/UNIX, dan platform lainnya. Pilihlah sesuai sistem operasi yang terpasang di komputer atau laptop. Misalnya kita akan download untuk Windows. Maka akan muncul beberapa versi yang bisa kita download. Sebaiknya download versi paling terbaru yang ada di paling atas seperti gambar berikut:


Klik versi Python yang ingin di download dan tunggu hingga download selesai. 


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Install Python di Windows

Setelah berhasil mendownload file instalasi Python, sekarang kita akan membahas bagaimana cara install Python di sistem operasi Windows. Pertama buka file instalasi Python bertipe .msi di folder komputer atau laptopmu dan double click file tersebut. Kemudian pilih Install for all users, klik Next. Pilih lokasi instalasi yang kamu inginkan, klik Next. kamu bisa kustomisasi fitur Python apa saja yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mengaktifkan Add python.exe to path juga agar perintah dikenali command prompt (CMD). Klik Next dan tunggu hingga instalasi selesai lalu klik Finish. Cara ini berlaku untuk versi Python 3.4.


Pada versi terbaru Python, cara installnya lebih mudah. Double click file instalasi Python. Centang pilihan yang ada di bagian bawah yaitu Install launchers for all users dan Add Python 3.6 to path. Selanjutnya klik Install Now. Tunggu proses instalasi hingga selesai. Akan muncul pilihan yaitu Disable path length limit. Pengguna Windows disarankan untuk menonaktifkan batasan ini. Proses instalasi Python pun berhasil. 


3. Cara Menjalankan Python

Sudah berhasil menginstall Python? Sekarang bagaimana menjalankannya? Cukup mudah, kok. Kamu bisa menjalankan Python dengan berbagai cara yaitu melalui Python IDLE Shell dan command prompt (CMD). Cari di Search seperti berikut:

 

Tampilan IDLE yaitu seperti berikut:


Kamu juga bisa membuka Python melalui Windows Power Shell. Caranya yaitu buka Windows Power Shell kemudian tuliskan perintah python


4. Additional Library

Python memiliki banyak library yang mendukung berbagai pengembangan program. Umumnya library sudah otomatis terpasang saat install Python. Namun ada juga library yang bisa kita tambahkan dalam Python. Kita bisa menggunakan perintah pip di command prompt. Perintahnya yaitu pip install [nama_package]. Kita juga bisa upgrade package atau library yang sudah terpasang dan menghapus package atau library yang tidak digunakan. Caranya sama dengan install yaitu pip upgrade [nama_package] untuk upgrade. Kemudian perintah pip uninstall [nama_package] untuk menghapus package. 


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Implementasi Python untuk Data Science

Implementasi Python untuk data science dapat dengan mudah kita temukan di berbagai industri. Aplikasi yang sering kita gunakan ada loh yang menggunakan bahasa pemrograman Python. Kamu tentu tidak asing dengan aplikasi Youtube. Yup, Youtube menggunakan Python dan bahasa pemrograman lainnya dalam pengembangannya. Contoh lainnya yaitu NSA (Badan Keamanan Nasional) mengimplementasikan Python untuk analisis intelijen dan kriptografi. Untuk data science sendiri Python sangat bermanfaat dalam pengelolaan Big Data. Oleh karena itu, kebutuhan talenta-talenta yang mahir menggunakan Python semakin tinggi. Tidak hanya developer tetapi juga praktisi data dengan skill Python. Untuk menguasai Python dibutuhkan latihan yang konsisten, bisa secara otodidak atau mengikuti kursus terkait Python dan data science. Mau yang gratis? Kamu bisa mendapatkan pembelajaran Python untuk Data Science secara gratis dengan daftar di DQLab.id. Modul tersebut dimentori oleh profesional di bidang data. So, jangan lewatkan kesempatan belajar gratisnya!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!