PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 11 Menit 40 Detik 

Intip, Data Science Roadmap Pemula dengan DQLab Career Track!

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c5d86be65bfe932908681aca85334ebf_x_Thumbnail800.jpg

Sebagian besar pekerjaan data science memang memerlukan gelar yang berlatar belakang di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Math) tapi, tak sedikit pula yang orang-orang bisa berkarir di profesi data science meskipun tidak memiliki gelar ataupun latar belakang pendidikan dari STEM. Lantas bagaimana cara menjadi data science meskipun tidak memiliki background pendidikan STEM? Sebelum membahas ke arah tersebut, kita perlu memahami peran serta tanggung jawab seorang data science di perusahaan. 


Berdasarkan beberapa peran serta tanggung jawab secara umum kamu perlu memahami  terkait bagaimana cara visualisasikan data dalam bentuk grafik, melakukan penelitian terkait data pada perusahaan yang akan digunakan sebagai metode penentuan keputusan, serta melakukan analisis data perusahaan dalam skala besar yang sering disebut big data. Untuk lebih lanjut, artikel ini akan menyuguhkan roadmap untuk mempelajari data science ala DQLab sehingga belajar kamu jadi lebih terstruktur!. Yuk, simak bersama-sama!


1. Memahami Bahasa Pemrograman Fundamental

data science

Kamu bisa mengikuti DQLab Career Track untuk mempelajari data science roadmap. Dalam DQLab Careet Track yang pertama kamu akan diajak untuk memahami bahasa pemrograman dari mulai yang fundamentalnya atau konsep dasarnya seperti; aturan penamaan variabel python, tipe data python, operator dalam python, python conditioning for decision, python loop control, OOP (Object Oriented Programming) yang meliputi teknik class, object dan behavior pada python beserta representasi program sederhana, teknik encapsulation, inheritance dalam pemrograman OOP beserta representasi program sederhana, dan teknik polymorphism dan teknik overloading dalam pemrograman OOP pada python.


Baca juga: Tujuan dan Penerapan Algoritma Data Science Naive Bayes


2. Memahami Bahasa SQL

data science

Setelah kamu memahami konsep dasar bahasa pemrograman, kamu juga harus memahami bahasa SQL yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database (basis data) atau lebih tepatnya sistem manajemen database relasional. Yang fungsinya untuk menambahkan, mengubah, mengupdate, mencari serta menghapus data dari suatu sistem database.


Fungsi-fungsi tersebut dibedakan dengan bagaimana cara berinteraksinya yaitu DML (Data Manipulation Language) yang terdiri dari fungsi insert, select, update, dan delete. Selein itu ada DDL (Data Definition Language) yang terdiri dari fungsi create, alter, dan drop. 


3. Memahami Konsep Exploratory Data Analysis

Kamu juga akan mempelajari konsep EDA ( Exploratory Data Analysis), pada modul ini kamu diharapkan memahami libraray pandas, numpy, dan matplotlib dari python, mengetahui jenis-jenis tipe data dalam data frame python, Mampu membaca datasets dari Excel dan CSV, Membuat summary data sederhana, mencakup distribusi, varians, dan mendeteksi outliers dari dataset., hingga latihan dalam membuat laporan bisnis sederhana menggunakan Python.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


4. Memahami Konsep Visualisasi Data

data science

Terakhir kamu juga akan diajak untuk memahami konsep visualisasi data. Langkah-langkahnya mempersiapkan data yang diperlukan, membuat plot dari data yang sudah dipersiapkan tadi, mengkustomisasi berbagai komponen chart, seperti figure size, title, axis labels, grid hingga text, serta menyimpan grafik dalam bentuk file image. Matplotlib dapat digunakan untuk memvisualisasikan data secara 2D maupun 3D dan menghasilkan gambar berkualitas yang bahkan dapat kamu simpan dalam berbagai format gambar, seperti JPEG dan PNG.


data sciencedata science


Sahabat DQ ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 

Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :