FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 50 Menit 2 Detik 

Intip Fungsi Python dalam Bidang Keuangan dan Perbankan

Belajar Data Science di Rumah 08-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b71dda0a25919f21dcd0b799afd37519_x_Thumbnail800.jpg

Otoritas Jasa Keuangan memperkirakan kinerja industri jasa keuangan akan membaik pada tahun 2022. Hal ini didorong stabilitas sektor keuangan yang terjaga, kebijakan pengawasan yang solid, dan laju perekonomian yang mulai pulih akibat pandemi Covid-19.


Banyak perusahaan jasa keuangan yang kini mulai beralih dari model konvensional ke model teknologi berbasis big data. Salah satu bentuk aplikasinya adalah penggunaan bahasa pemrograman Python dalam bidang keuangan dan perbankan. 


Python merupakan salah satu bahasa pemrograman populer dalam bidang keuangan. Hal ini didukung dengan fungsi Python yang open-source language dan bisa diakses oleh seluruh perusahaan industri jasa keuangan di seluruh dunia. Python bisa melakukan importing data yang berhubungan dengan keuangan seperti analisis pergerakan saham dengan menggunakan Pandas. Mayoritas library yang dimiliki oleh Python sangatlah support. Sifatnya yang open-source dan freely-available memudahkan dalam melakukan project dalam hal keuangan. 


Itulah kenapa Python sangat mudah untuk diterapkan dalam bidang keuangan. Tersedia juga dalam Windows, Mac dan Linux sehingga sangatlah terbuka dalam sistem apapun. Terus apa aja sih fungsi dan kegunaan Python dalam bidang Keuangan dan Perbankan? Simak terus ya artikelnya sahabat DQLab!


1. Perbedaan Python dengan Bahasa Pemrograman Lainnya

Salah satu hal yang membedakan antara Python dengan bahasa pemrograman data science lainnya adalah desain bahasanya. Bahasa Python sangat mudah dipelajari bagi siapapun. Baik kalangan pemula yang baru belajar bahasa pemrograman maupun skala professional dibidang data. 

python

Python memiliki integrasi kelas satu dengan C/C++ dan sangat available pada program Windows dan Linux. Terlebih Python juga memiliki komunitas dan dukungan yang sangat aktif di berbagai belahan dunia.


Baca juga: Easy Way Array Python untuk Analisis Korelasi


2. Alasan Python Populer untuk Bidang Keuangan 

Apakah Python bisa digunakan dalam bidang keuangan? Jawabannya bisa banget sahabat DQLab! Apapun library yang kalian butuhkan sudah ada dalam bahasa pemrograman Python. Faktanya, Python adalah pilihan bahasa pemrograman yang tepat untuk melakukan analisis kuantitatif. Sebab, data-data yang berhubungan dengan financial dan accounting merupakan jenis data kuantitatif. 

python

Banyak perusahaan besar yang sudah mulai menerapkan bahasa pemrograman Python untuk melakukan analisis di bidang keuangan. Berikut adalah fungsi Python dalam bidang keuangan:

  • Pengembangan berbagai solusi pembayaran dan perbankan online (Payment Point Online Bank)

  • Analisis pergerakan dan situasi pasar saham saat ini

  • Mengurangi risiko keuangan

  • Menentukan tingkat pengembalian saham 


3. Library Python Populer dalam Bidang Keuangan

Sekarang ini, semakin banyak perusahaan keuangan yang mulai mengalihkan perhatian mereka ke ranah IT. Hal ini sangatlah mempermudah load pekerjaan di bidang keuangan menjadi lebih mudah dalam melakukan analisis data yang kian besar (big data). Meskipun demikian, Python sangat membantu dalam hal analisis keuangan seperti impor dan transformasi data, perdagangan dan pengujian balik, integrasi Excel, visualisasi data, analisis risiko dan time series.


Dengan menggunakan Python maka dapat mempercepat tugas yang memakan waktu lama untuk memeriksa kesalahan dalam analisis keuangan.

python

Kira-kira dalam analisis keuangan dan perbankan, library apa saja yang biasanya digunakan? Nah berikut adalah rekomendasi library yang bisa kamu pakai untuk analisis keuangan:

  • Numpy alias Numerical Python bisa digunakan untuk komputasi ilmiah dan matematika. Apalagi untuk bidang keuangan pastinya tidak jauh-jauh dari Matematika dong

  • SciPy yang digunakan untuk analisis statistik dengan operasi yang lebih canggih.

  • Pandas, library yang satu ini digunakan untuk analisis keuangan dan pembuatan model keuangan (financial modelling)

  • Statsmodels (paket ini dibangun dalam SciPy dan Pandas) yang berguna untuk mengimplementasikan pengujian lebih lanjut dari model statistik keuangan

  • Quandl. Jika kalian yang bekerja di industri keuangan maka library Quandl ini adalah salah satu library yang harus kalian miliki. Library Quandl memberikan akses ke  data ekonomi, keuangan, dan pasar yang luar biasa. Semuanya tersedia data-datanya yang berasal dari bank, pemerintah dan organisasi internasional lainnya.

  • Matplotlib. Library yang satu ini digunakan untuk melakukan visualisasi data dalam hal permodelan di bidang keuangan. 


4. Implementasi Python dalam Bidang Keuangan

Python sangatlah terbuka dalam bidang apapun, salah satunya bidang industri jasa keuangan. Yuk kita intip sama-sama, apa saja implementasi Python dalam mendukung industri jasa keuangan. 

Analisis Data Keuangan

Python sangat umum digunakan dalam analisis data kuantitatif dan finansial. Python memungkinkan untuk melakukan analisis data yang besar. Salah satu pustaka alias library yang bisa dimanfaatkan adalah Pandas. Library Pandas menyederhanakan proses analisis statistik yang kompleks didukung dengan visualisasi data. 

python

Python juga dikombinasikan dengan algoritma machine learning yang powerful untuk melakukan analisis prediktif. Selain Pandas, ada juga library yang bisa kalian gunakan. Mulai dari Scikit-Learn ataupun PyBrain.


Software Perbankan

Python juga dapat diaplikasikan dalam industri jasa keuangan untuk melakukan sistem pembayaran dan online banking applications. 

python

Dengan menggunakan bahasa pemrograman Python, industri perbankan juga bisa mengimplementasikan desain sistem pembayaran ATM untuk meningkatkan pelayanan dalam proses pembayaran. 


Cryptocurrency 

Selain untuk pembuatan software pembayaran secara online dan analisis data keuangan, python juga diaplikasikan dalam Cryptocurrency. Setiap bisnis pastinya melakukan penjualan cryptocurrency. Apalagi investasi crypto merupakan salah satu instrumen investasi yang cukup populer dikalangan banyak orang. Terutama para millenial dan gen z berkat kecanggihan teknologi saat ini. 

python

Cryptocurrency sendiri adalah mata uang digital yang hanya bisa digunakan di dunia maya. Python bisa digunakan dalam melakukan prediksi mata uang kripto, analisis pergerakan dan visualisasi data. Kabarnya, python juga diaplikasikan untuk melakukan analisis bitcoin mulai dari Dash, Enigma, ZeroNet dan Koine.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Jadi gimana nih sahabat DQLab, sudah pada tahu kan? Ternyata python tidak melulu untuk diaplikasikan dalam data science dan analytics. Tetapi juga diaplikasikan dalam bidang finance. Apalagi python juga bisa dipelajari oleh kalangan pemula.


Nah kalau kamu penasaran lebih lanjut dengan python dan ingin belajar python secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar python. 


Cobain juga free module Introduction to Data Science with Python untuk upskill data analysis kamu secara gratis! Yuk, isi form dibawah ini untuk mulai belajar data science bersama DQLab!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :