FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 26 Menit 48 Detik 

Intip Keseharian Data Scientist di Dunia Media & Entertainment

Belajar Data Science di Rumah 03-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9576b74dbc76390d6539790c8c367d85_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa industri melihat lonjakan permintaan Data Scientist sebesar industri hiburan. Meskipun sebagian besar dikenal karena seninya, industri hiburan telah memberikan penekanan besar pada sainsnya dalam beberapa tahun terakhir. 

Dengan layanan streaming, studio produksi, dan perusahaan media lama yang mengumpulkan kumpulan data tentang tren produksi, kebiasaan menonton pengguna, dan perencanaan pascaproduksi, Data Scientist memegang kunci untuk membantu organisasi memahami kekayaan informasi yang mereka kumpulkan. Ini adalah peran yang membutuhkan keterampilan teknis, ketajaman analitis, dan kreativitas yang setara dengan kecintaan pada film dan televisi. 


Dalam dekade terakhir, peran Data Scientist telah meningkat pesat. Saat ini, hampir setiap perusahaan mencari Data Scientist untuk bisnis mereka. Pentingnya peran ini berasal dari keterampilan sosial dan teknisnya. Seorang Data Scientist harus memiliki kedua jenis atribut ini di kotak peralatannya. Terutama, keterampilan sosial dan teknis sama pentingnya dalam industri Berita dan Media.


Bahkan terkadang, keterampilan sosial bisa lebih penting daripada keterampilan teknis atau dapat dikatakan %51 sosial, %49 teknis.


Nah, bagaimana peran praktisi data dalam dunia media dan entertaiment industri?


1. Bagaimana Ilmu Data Digunakan dalam Industri Hiburan?

Pada intinya, ilmu data di industri hiburan tidak terlalu berbeda dengan ilmu data di bidang lain, tujuan utamanya adalah untuk menggali wawasan yang bermakna dan dapat ditindaklanjuti dari data yang dikumpulkan. Tetapi aplikasi spesifik dari ilmu data dapat sangat berbeda, dan industri hiburan adalah tempat di mana ilmuwan data memiliki pengaruh yang semakin besar terhadap lintasan organisasi.


Pada tingkat permukaan, wawasan ilmu data dapat membantu perusahaan hiburan dengan perkiraan, riset operasi, pemodelan topik, segmentasi pengguna, dan rekomendasi konten. Layanan streaming seperti Amazon dan Netflix, misalnya, mengandalkan data untuk menentukan acara apa yang diberi lampu hijau dan dipromosikan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Peran Lain Data Science dalam Industri Media

Sementara itu, di 20th Century Fox, para ilmuwan data telah menggunakan AI untuk menganalisis cuplikan film guna menentukan apa yang mungkin disukai penonton. Pada tahun-tahun sejak itu, peran ilmu data dalam hiburan semakin berkembang.


Lebih dalam lagi, ilmuwan data dapat membantu perusahaan hiburan mengoptimalkan pengambilan keputusan mereka dengan menawarkan solusi yang berakar pada data menggantikan pendekatan tradisional yang mengandalkan pengalaman dan intuisi manusia.


Misalnya, divisi analitik data Netflix telah membantu organisasi dengan keputusan bisnis dan teknis seperti merencanakan anggaran, menemukan lokasi, set bangunan, dan menjadwalkan aktor. 


Ilmuwan data Netflix juga telah menciptakan model yang memungkinkan eksekutif produksi membuat keputusan penting menggunakan skenario 'bagaimana-jika' yang berpusat pada data, daripada mengandalkan tebakan terbaik mereka.


3. Peran dan Tanggung Jawab Pekerjaan Ilmuwan Data Industri Hiburan

Sebagian besar ilmuwan data menghadirkan keterampilan teknis seperti pengetahuan tentang probabilitas dan statistik, visualisasi data, pembelajaran mesin dan AI, dan kemahiran dengan Python dan SQL. Namun, sementara keterampilan ini dapat membantu seseorang menguraikan kumpulan informasi, industri hiburan mengharapkan ilmuwan datanya juga mendekati kumpulan data dengan kreativitas, dan dapat mengkomunikasikan temuan secara efektif kepada mereka yang tidak memiliki latar belakang teknis.


Dengan kata lain, sebagian besar tugas ilmuwan data adalah menghubungkan titik-titik yang relevan untuk menceritakan sebuah kisah dan meyakinkan mereka yang bertanggung jawab bahwa wawasan itu bermakna dan layak untuk ditindaklanjuti.


4. Key Responsibility Peran Data dalam Data Science

Tanggung jawab umum lainnya dari ilmuwan data industri hiburan meliputi:

  • Menggunakan data dan pembelajaran mesin untuk membuat mesin rekomendasi

  • Mendefinisikan kinerja dan metrik keberhasilan

  • Mengembangkan dan mengkomunikasikan rekomendasi yang berakar pada data kepada anggota non-teknis organisasi

  • Merancang dan mengembangkan algoritma dan model statistik serta alur pembelajaran mesin

  • Menganalisis data perilaku dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Belajar memulai karir sebagai praktisi data science dengan menggunakan Python, R dan SQL sederhana dengan sign up dan login melalui DQLab Academy! Yuk nikmati kemudahan belajar tanpa ribet melalui live code editor DQLab. Belajar sambil buat portfolio dengan modul DQLab! 


Signup sekarang atau isi form dibawah ini ya Sahabat DQ!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :