BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 2 Menit 51 Detik 

Intip Kompetensi Penting yang Dipelajari dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 07-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/47198b1eb74330f80876c56787505a8a_x_Thumbnail800.jpg

Istilah data science saat ini sudah familiar bagi para pecinta data bukan? Namun bagi sebagian orang masih bertanya-tanya apa itu data science dan apa yang dipelajari dalam data science. Data science sata ini merupakan salah satu ilmu utama, sebagai kunci pengolahan big data terutama bagi perusahaan-perusahaan besar. beberapa diantaranya bahkan sudah kita jumpai dalam keseharian kita seperti Google,Youtube, Spotify, Netflix, Instagram, dan lain-lain.


Data science merupakan suatu bidang ilmu yang digunakan dalam proses pengolahan data. Data science terdiri dari beberapa bidang ilmu, yaitu data mining, matematik, statistika, manajemen bisnis, sistem informasi, dan bahasa pemrograman. 


Data science digunakan untuk menentukan strategi bisnis. Orang yang menerapkan data science ini disebut dengan data scientist, yang mana data scientist merupakan salah satu profesi terseksi atau profesi yang populer di abad ini. 


Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari data science bukan? Yuk, simak di artikel ini, beberapa hal yang akan dipelajari dalam data science!


1. Matematika dan Statistika

Jika berbicara tentang matematika, yang pertama kali terlintas di pikiran biasanya adalah proses perhitungan. Padahal penerapan matematika sangatlah luas. Ilmu matematika dan statistika adalah salah satu pondasi penting dalam data science. 


Terutama pada bidang aljabar, kalkulus, statistik, geometri dan optimasi. Selain itu, dengan mempelajari matematika dan statistika akan membentuk pola pikir yang lebih logis sehingga memudahkan dalam penyelesaian permasalahan data. 

data science


Baca juga: 3 Algoritma dalam Data Science yang Penting Diketahui


2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan kumpulan kode yang berisikan instruksi untuk dijalankan oleh komputer. Bahasa pemrograman adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh data scientist, Hal ini lah yang menjadi salah satu pembeda antara data science dengan statistika. 


Bahasa pemrograman yang digunakan dalam data science pun beragam, sesuai dengan kebutuhan data scientist. Beberapa diantaranya adalah Python, R, Matlab, Microsoft Excel, dll. Selain itu terdapat pula bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengakses dan mengolah data, seperti MySQL, PostgreSQL, dan Oracle Database.

data science


3. Machine Learning

Machine learning adalah mesin pembelajaran yang dirancang agar bisa belajar dengan sendiri tanpa arahan dari penggunanya. Machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence). Machine learning berfokus pada penggunaan data dan algoritma yang menirukan manusia dengan proses belajar secara bertahap. Machine learning merupakan salah satu bagian penting dalam data science, dimana data science menganalisis big data yang akan lebih efektif jika diaplikasikan menggunakan machine learning.

data science


4. Visualisasi Data dan Pemahaman Bisnis

Ketika seseorang melakukan analisis data, hasil dari analisis itu perlu divisualisasikan. Tujuan dari visualisasi data antara lain agar dapat menyampaikan serta mengkomunikasikan hasil analisis data kepada klien dengan tampilan visual yang menarik dan mudah dimengerti. Hal ini dikarenakan tidak semua orang akan paham jika hasil analisis ditampilkan dalam bentuk deretan angka atau kata-kata yang tidak umum bagi orang yang awam terhadap dunia data. 


Selain mendapatkan ilmu tentang visualisasi data, dengan belajar data science sobat data akan belajar mengenai pemahaman bisnis, salah satunya adalah dengan menciptakan strategi bisnis yang tepat dengan berdasarkan hasil analisis.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Kenali dan Pelajari Dasar Data Science di DQLab!

Data science saat ini bukanlah ilmu yang langka atau susah untuk dipelajari. Data science merupakan gabungan dari beberapa ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, manajemen bisnis, dan lain-lain. Belajar data science pun kini dapat dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan mengerjakan module gratis dari DQLab.


Mulai dari mengerjakan free modul di DQLab, Sahabat DQ akan mengetahui mulai dari fundamental data science dan bahkan bisa dilanjutkan ke tingkat selanjutnya. Caranya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :