TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 9 Menit 49 Detik

Intip Konsep Bidang Teknologi Machine Learning vs AI

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-07-2023-09-02-101137_x_Thumbnail800.jpg

Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), dan Neural Networks (NN) adalah konsep-konsep yang saling terkait dalam bidang teknologi informasi dan komputasi. Artificial Intelligence (AI) adalah bidang dalam ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia.


Ini mencakup berbagai teknik, metode, dan algoritma untuk menciptakan komputer yang dapat "berpikir" dan "belajar" seperti manusia. Salah satu subbidang dari Artificial Intelligence adalah Machine Learning. Machine Learning adalah cabang dari AI yang secara khusus berkaitan dengan pengembangan algoritma dan model komputer yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu tanpa perlu diprogram ulang.


Dalam Machine Learning, komputer mengidentifikasi pola dalam data dan membuat keputusan atau melakukan tugas berdasarkan pola ini. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik dan algoritma, termasuk Neural Networks. Neural Networks adalah salah satu teknik dalam Machine Learning yang terinspirasi oleh struktur jaringan saraf manusia.


Ini adalah model matematika yang terdiri dari lapisan-lapisan neuron buatan atau "node" yang bekerja bersama untuk memproses data. Jadi bisa dibilang, ketiganya memiliki korelasi yang saling berkaitan dalam bidang artificial intelligence maupun machine learning. Maka dari itu, untuk lebih jelasnya berikut adalah hubungan antara Artificial Intelligence, Machine Learning dan Neural Networks yang dirangkum dalam artikel berikut ini. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Artificial Intelligence

AI merujuk pada konsep komputer atau sistem yang dapat meniru kemampuan manusia dalam pemahaman, penalaran, interaksi, dan pembelajaran. AI melibatkan penggunaan berbagai teknik dan algoritma untuk memungkinkan mesin melakukan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia, seperti pengenalan wicara, pengolahan bahasa alami, pengambilan keputusan, dan banyak lagi. Machine learning adalah salah satu cabang AI yang penting.


Machine Learning

Sumber Gambar: Turing


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Machine Learning

Machine Learning adalah subbidang AI yang fokus pada pengembangan algoritma dan model statistik yang memungkinkan sistem untuk mempelajari pola dari data dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu tanpa pemrograman eksplisit. Dalam konteks ML, data menjadi bahan bakar untuk melatih model yang kemudian dapat membuat prediksi atau pengambilan keputusan berdasarkan pola yang telah dipelajari dari data tersebut.


3. Neural Network

Neural Network atau Jaringan Saraf Tiruan adalah suatu model matematika yang terinspirasi dari cara kerja jaringan saraf biologis. Ini adalah bagian penting dari beberapa teknik Machine Learning, terutama Deep Learning. Dalam NN, ada lapisan neuron buatan yang saling terhubung, di mana setiap neuron mengambil input, memprosesnya, dan mengirimkan output ke lapisan berikutnya.


Dalam Deep Learning, NN yang dalam dan kompleks (disebut Deep Neural Networks) telah membantu mencapai kemajuan besar dalam banyak tugas seperti pengenalan gambar, pemrosesan bahasa alami, dan lainnya.


Machine Learning

Sumber Gambar: IBM


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Korelasi antara Tiga Elemen

Jadi, AI adalah konsep yang lebih luas yang mencakup penggunaan komputer untuk meniru kecerdasan manusia, sedangkan Machine Learning adalah subbidang AI yang berkaitan dengan pembelajaran dari data, dan Neural Networks adalah salah satu alat penting dalam Machine Learning, terutama dalam bentuk Deep Learning, untuk mengatasi masalah yang lebih kompleks dan abstrak.


Ketiga konsep ini bersama-sama membentuk dasar bagi banyak aplikasi AI modern, seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, mobil otonom, dan banyak lagi. Dalam praktiknya, mereka sering digunakan bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu dalam pengembangan solusi AI yang kompleks.


Yuk perdalam pengetahuan kamu terkait Machine Learning bersama DQLab! DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :