PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 5 Menit 24 Detik

Intip Materi Bootcamp Python DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d5c02be94421f45cc04ce09cf420c515_x_Thumbnail800.jpeg

Python adalah bahasa yang umum digunakan oleh praktisi data dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seiring dengan meningkatkan jumlah kebutuhan akan praktisi data, namun talent yang tersedia masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini membuat banyak orang yang mulai merasa untuk perlu melakukan switch career ke bidang data karena peluang yang ada untuk posisi ini sangat terbuka lebar.


Tidak semua orang bisa menjadi praktisi data begitu saja, ada skill khusus yang harus dimiliki. Misalnya saja Python dan SQL. Nah untuk menjawab permasalahan tersebut, DQLab sebagai salah satu lembaga kursus Data Science membuka “Bootcamp Data Analyst with Python and SQL” yang akan berlangsung di tanggal 26 Juni-28 Agustus. Yuk, intip apa saja sih materi yang akan dibahas di bootcamp ini!


1. Fundamental SQL dengan Google Big Query

Python

Materi awal adalah materi SQL yang akan terbagi menjadi 5 sesi live, beberapa materinya adalah sebagai berikut:

  • Memahami konsep dasar pembangunan design database yang baik, serta memahami secara umum mengenai perbedaan utama antara pengelolaan database yang berbasis Cloud dengan On-Premise.

  • Memahami konsep dasar SQL, perbedaan DDL dan DML, serta mampu menyusun query dasar di SQL berupa SELECT.

  • Memahami dan mampu menyusun query kombinasi dari SELECT, yaitu WHERE, SORT, AGREGASI, dan HAVING di SQL.

  • Memahami dan mampu menyusun query terkait dengan tanggal, format angka dalam query, dan query lanjutan berupa sub-query di SQL.

  • Memahami dan mampu menyusun query JOIN di SQL.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Fundamental Python dengan Google Colab

Python

Setelah berhasil mengelola database dengan menguasai bahasa SQL, selanjutnya materi yang akan dipelajari adalah cara mengolah dan menganalisis data dengan Python yang akan terbagi menjadi 6 sesi live. Materi yang akan dibahas adalah:

  • Memahami konsep dasar Python untuk pemrograman, algoritma pemecahan masalah, dan mampu menyusun pseudocode.

  • Memahami variabel dan tipe data, serta mampu menyusun script di Python terkait operator matematika dan string function and methods.

  • Memahami dan mampu menyusun script terkait struktur data di Python.

  • Memahami dan mampu menyusun script terkait IF logic, function, dan loop di Python.

  • Memahami dan mampu menyusun script terkait penggunaan Pandas dan penggunaannya untuk manipulasi data.

  • Memahami dan mampu menyusun script untuk melakukan data imputation di Python.


3. Data Visualization dan Storytelling Menggunakan Looker Studio

Python

Memvisualisasikan dan mempresentasikan hasil analisis kepada para stakeholder adalah proses yang sangat penting dalam pengolahan data. Sehingga selain bisa menggunakan script untuk menganalisis data, ada baiknya kita juga tahu caranya membuat visualisasi data. Materi ini akan terbagi menjadi 3 sesi live, dimana materinya adalah:

  • Memahami dan mampu menyusun script untuk membuat visualisasi data di Python dalam rangka melakukan EDA.

  • Memahami dan mampu membangun Dashboard di Looker Studio untuk keperluan Business Intelligence (pengambilan keputusan).

  • Memahami dan mampu melakukan pengolahan dan manipulasi data di Looker Studio.


4. Data Science Menggunakan Python

Python

Tujuan akhir dari peserta yang ingin mengikuti bootcamp ini adalah untuk menjadi seorang praktisi data. Dimana selain menguasai bahasa pemrograman, mereka juga harus memiliki basic ilmu Data Science. Pemahaman ilmu Data Science menggunakan Python ini akan terbagi menjadi 2 sesi live, dimana materi yang akan dibahas adalah:

  • Memahami konsep framework data analytics menggunakan CRISP-DM dan konsep dasar machine learning.

  • Memahami dan membangun script untuk membuat model machine learning untuk melakukan klasifikasi sederhana.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman https://dqlab.id/live-class untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login