PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 25 Menit 26 Detik 

Intip Materi Dasar Data Science yang Tersedia di DQLab Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 20-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/edbb915421bbcf05cdd28072efaabffc_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digital ini, teknologi berkembang semakin cepat dan memberikan efek ke berbagai bidang, salah satunya adalah bidang data. Ilmu yang mempelajari tentang data disebut dengan data science. Penerapan data science pun sebenarnya sudah kita rasakan dalam keseharian, seperti ketika membuka marketplace kita akan diberikan rekomendasi produk berdasarkan riwayat pencarian produk sebelumnya, dll. Data science sendiri merupakan gabungan dari beberapa kombinasi ilmu. Pada artikel berikut ini kita akan mengenali apa saja yang dipelajari data science.


Data science merupakan topik yang pembahasannya sangat luas. Data science ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis data dan tentunya dengan penanganan yang berbeda-beda dan menyesuaikan datanya. Data science menggabungkan beberapa ilmu seperti bahasa pemrograman, matematika, statistika, machine learning, visualisasi data, serta soft skills lainnya seperti dapat bekerja sama dengan tim, komunikasi yang baik, dll. Untuk lebih lanjutnya, yuk simak artikel berikut ini!


1. Machine Learning

Machine learning atau biasa disingkat dengan ML merupakan mesin yang dikembangkan agar dapat belajar tanpa arahan. Machine learning ini merupakan bagian dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Machine learning dapat memudahkan pekerjaan manusia sehingga menjadi cepat dan tanpa menggunakan perintah manual. Secara umum terdapat dua teknik dasar machine learning, yaitu supervised learning dan unsupervised learning.

data science


Baca juga: 4 Algoritma Data Science untuk Klasifikasi dan Clustering


2. Matematika

Matematika merupakan ilmu dasar yang menjadi pondasi dalam data science. Matematika sendiri memiliki cabang ilmu yang begitu luas seperti kalkulus, aljabar linear, geometri, statistika, dan lain-lain. Dengan memiliki konsep paham matematika, maka seseorang akan dapat berpikir secara logis dan sistematis. Selain itu salah satu cabang ilmu matematika yang cukup dekat kaitannya dengan data science adalah statistika. Dengan menguasai ilmu matematika secara mendalam, maka akan lebih memudahkan kamu dalam mempraktekkan data science.

data science


3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa disebut juga dengan bahasa komputer bukan hanya digunakan oleh para programmer untuk mengembangkan web, membuat aplikasi, atau membuat software saja. Akan tetapi juga digunakan dalam data science. bahkan, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu hal yang penting dalam proses pengolahan data, terutama data yang sangat besar. Dengan menguasai bahasa pemrograman, proses pengolahan data science akan semakin mudah, cepat dan efisien. Adapun bahasa pemrograman yang diperlukan dalam data science beberapa diantaranya adalah Python, R, SQL, Scala, Julia, Javascript, Matlab, C/C++.

data science


4. Visualisasi Data

Ketika seseorang selesai dalam proses pengolahan data tentunya perlu menyampaikan hasil analisis. Penyampaian hasil analisis ini perlu dilakukan atau ditampilkan dengan menarik dan mudah dimengerti namun tetapi mencakup isi kesimpulan hasil analisis. Oleh karena itu diperlukannya visualisasi data sebagai materi dasar dalam data science. Dengan menguasai visualisasi data  maka audience terutama bagi yang tidak begitu paham mengenai data akan lebih mudah memahami hal yang disampaikan.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Praktek Belajar Data Science di DQLab

Data science adalah ilmu penting yang sudah banyak diterapkan dalam era digital ini. Terdapat beberapa materi dasar data science seperti matematika, bahasa pemrograman, machine learning, dan visualisasi data. Semua materi dasar data science itu dapat kita pelajari di DQLab.


Dengan belajar di DQLab kita dapat mengerti mulai dari dasar, memahami dan mempraktekkan materi secara live code sehingga tidak perlu menginstall aplikasi. Selain itu di DQLab juga menyediakan berbagai modul serta ebook sebgaai referensi tabahan belajar.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :