TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 4 Jam 6 Menit 28 Detik

Intip Materi yang Bisa Diperoleh di Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2024-01-19-171359_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang sedang populer di kalangan praktisi data. Saat ini telah banyak praktisi data yang menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, namun python masih menjadi salah satu terfavoritnya. Python ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti machine learning, pengujian perangkat lunak, membuat aplikasi, membuat website, data science, dan lainnya. Saat ini pun telah tersedia banyak bootcamp python yang bisa diikuti untuk semakin mengasah skill.


Data science merupakan suatu disiplin ilmu yang secara umum bertanggung jawab terhadap data terutama data yang berukuran besar atau biasa disebut dengan big data. Big data ini perlu dianalisis lebih lanjut untuk menghasilkan suatu kesimpulan.


Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan skill analisis data adalah dengan mengikuti bootcamp. Terdapat banyak bootcamp yang bisa diikuti, contohnya seperti bootcamp python. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa materi yang didapatkan di dalam bootcamp python.


1. Basic Data

Data adalah bagian utama dan penting dalam proses analisis data. Data merupakan suatu hal yang bisa dianalisis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan yang bisa dibuat untuk bahan pertimbangan dalam membuat keputusan. Dalam bootcamp akan dikenali basic data atau pengenalan data dari dasar, seperti pengertian data, pengertian proses bisnis, data story, data to insight, data driven, business data, dan memulai dengan project data untuk dianalisis.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Data Analysis

Data analysis merupakan suatu proses pengolahan data untuk menjadi insight. Data analysis secara umum memiliki alur cleaning, transforming, modeling, dan questioning. Seseorang yang melakukan data analysis disebut dengan data analyst. Data analysis akan memperoleh dataset dari data engineer.


Setelah proses analisis data lalu akan divisualisasikan. Beberapa materi yang bisa didapatkan adalah data analysis fundamental, skills and tools in data analysis, statistics, business metrics, marketing business, correlation analysis, text analysis, dan lainnya.


3. Python Fundamental

Bahasa python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan untuk proses analisis data. Pada umumnya dalam bootcamp data science akan mempelajari dasar-dasar python. Kemungkinan beberapa materi yang didapatkan adalah pengenalan python function dalam python, struktur data python, string python, pengenalan pandas, data visualization menggunakan matplotlib, dataframe, lindexing, slicing filtering, shorting, data frame aggregate, datetime, dan mempelajari beberapa studi kasus.


4. Python for Data Analysis

Seperti yang telah kita ketahui bahwa umumnya data yang dikelola adalah big data. Big data sangat kecil kemungkinannya jika diproses menggunakan cara manual. Oleh karena itu diperlukan bantuan bahasa pemrograman untuk  memudahkan proses analisis data. Beberapa materi yang bisa didapatkan antara lain seperti data import, data query, data cleansing, data binning, descriptive statistics, data visualization, dan mengerjakan berbagai project yang berkaitan dengan data analysis.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang patut dipelajari untuk memudahkan proses analisis data. Kamu bisa belajar python dari dasar dengan mudah di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :