SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 25 Menit 39 Detik

Intip Mode Akses Operasi Python dalam Membaca File

Belajar Data Science di Rumah 18-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dfa177bf3112b0a8d3ac81310efc73c0_x_Thumbnail800.jpeg

File merupakan salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam melakukan aktivitas pengolahan data. Tanpa file, operasi pengolahan data juga tidak akan berhasil. Bahasa pemrograman Python punya banyak mode operasi yang dapat diaplikasikan dalam melakukan penanganan file. Salah satu contohnya adalah fungsi read() pada Python. Secara bahasa, read sendiri artinya adalah baca. Mode operasi read() ini mengembalikan seluruh teks dan bisa menentukan berapa banyak karakter yang ingin dikembalikan


Fungsi read punya tiga cara dalam melakukan pembacaan file. Mulai dari read([n]), readline([n]), readlines(). Mode operasi ini biasanya dipakai dalam membaca data pada file yang sama. Sebelum kamu membaca file, ada dua jenis file yang bisa ditangani untuk melakukan operasi read() yaitu normal text files dan binary files. 


Dalam artikel kali ini kita akan bahas beberapa alternatif mode operasi yang biasanya dipakai untuk membaca file sebaris maupun baris demi baris. Tenang saja, sintaks-sintaksnya yang diberikan sangat mudah untuk diikuti pastinya bagi pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Python. Apa saja operasinya? Simak selengkapnya melalui postingan berikut.


1. Membaca File dengan Readlines()

Mode operasi pertama untuk membaca file adalah dengan menggunakan sintaks readlines(). Readlines() digunakan untuk membaca semua baris sekaligus dan kemudian mengembalikannya sebagai setiap baris elemen string dalam daftar. Fungsi ini dapat digunakan untuk file kecil, karena membaca seluruh konten file ke memori, lalu membaginya menjadi beberapa baris terpisah. Kita dapat mengulangi daftar dan menghapus karakter ' ' baris baru menggunakan fungsi strip(). Berikut adalah contoh cara membaca filename dengan menggunakan readlines(), simak sintaks berikut ini:

Python

Berdasarkan sintaks diatas maka sistem akan menghasilkan output berikut:

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Membaca File dengan Readline()

Operasi selanjutnya yaitu readline(). Fungsi readline() membaca satu baris file dan mengembalikannya dalam bentuk string. Dibutuhkan parameter n, yang menentukan jumlah maksimum byte yang akan dibaca. Namun, tidak membaca lebih dari satu baris, meskipun n melebihi panjang baris. 


Hal ini akan efisien saat membaca file besar karena alih-alih mengambil semua data sekaligus, ini mengambil baris demi baris. readline() mengembalikan baris berikutnya dari file yang berisi karakter baris baru pada akhirnya. Juga, jika akhir file tercapai, itu akan mengembalikan string kosong. Berikut adalah contoh cara membaca filename dengan menggunakan readline(), simak sintaks berikut ini:

Python


Berdasarkan sintaks diatas maka didapatkan output sebagai berikut:

Python


3. Membaca File dengan Operasi Loop()

Objek iterable dikembalikan oleh fungsi open() saat membuka file. Cara terakhir membaca file baris demi baris ini mencakup iterasi atas objek file dalam satu lingkaran. Dalam melakukan ini, kami memanfaatkan fungsi Python bawaan yang memungkinkan kami untuk mengulang objek file secara implisit menggunakan loop for dalam kombinasi dengan menggunakan objek yang dapat diulang. Pendekatan ini membutuhkan lebih sedikit baris kode, yang selalu merupakan praktik terbaik yang layak untuk diikuti. Berikut adalah contoh cara membaca filename dengan menggunakan operasi loop(), simak sintaks berikut ini:

Python

Berdasarkan sintaks diatas maka didapatkan output sebagai berikut:

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Membaca File dengan Loop dan List

Operasi terakhir untuk membaca file adalah dengan menggunakan Loop dan List. List terdiri dari tanda kurung yang berisi ekspresi, yang dieksekusi untuk setiap elemen bersama dengan loop for untuk mengulangi setiap elemen. Di sini, kita akan membaca file teks dan mencetak data mentah termasuk karakter baris baru di keluaran lain, kita menghapus semua karakter baris baru dari daftar. Berikut adalah contoh cara membaca filename dengan menggunakan bantuan loop dan list, simak sintaks berikut ini:


Python


Berdasarkan sintaks diatas maka didapatkan output sebagai berikut:

Python


Jadi gimana sudah paham kan mode operasi apa saja yang diterapkan dalam Python untuk melakukan penanganan file. Mulai dari membaca file hingga menambahkan komponen ke dalam ekstensi file yang sudah kamu pilih sebelumnya. 


Kalau misalnya kalian penasaran dengan bagaimana cara mengoperasikan bahasa pemrograman Python, lebih lanjut kalian bisa belajar di DQLab. Disini kamu bisa mencoba modul gratis dari kita nih sahabat DQLab yaitu Introduction to Data Science with Python. Kalian bisa mulai coba deh modulnya dan asah kemampuan coding kamu biar makin jago! 


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login