#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 0 Jam 59 Menit 17 Detik

Intip Ragam Fungsi Excel Serta Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 05-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2023-09-05-153645_x_Thumbnail800.jpg

Belakangan ini kita sering mendengar berbagai skill yang perlu dimiliki oleh praktisi data untuk mengimbangi kecanggihan teknologi di era revolusi industri 4.0. Salah satu dari sekian banyak skill tersebut adalah menguasai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang telah banyak dikenal dan digunakan adalah microsoft excel. Software ini dikenal memiliki banyak rumus yang bisa digunakan. Ragam fungsi excel ini bisa digunakan untuk data numerik maupun non numerik.


Microsoft excel adalah suatu software bagian dari Microsoft. Software ini telah lama dikenal mulai dari usia pelajar sampai pekerja sekalipun. Microsoft excel memiliki banyak kegunaan seperti untuk menghitung kumpulan data dalam berbagai operasi, membuat daftar laporan keuangan, mencari nilai dari kumpulan data, membuat daftar nilai, membuat daftar kehadiran, menghitung kurs mata uang, menganalisis data, menyajikan data dalam berbagai bentuk visualisasi, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa fungsi excel yang biasa digunakan.


1. COUNT

Pada data excel, ada kalanya setiap baris dalam data tidak selalu terisi dengan angka. Untuk mengetahui ada berapa sel yang terisi dengan angka, pengguna dapat menerapkan rumus count, yaitu rumus dalam excel yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. Dengan demikian pengguna tidak perlu menghitung secara satu persatu sel mana saja yang berisi angka.


Rumus umum dari count adalah =COUNT(value1:value2). Berikut contoh mudah menggunakan rumus count.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. AVERAGE

Rumus Average merupakan salah satu rumus excel yang sering digunakan dalam perhitungan matematika. Sebagai contoh mudah seorang guru yang merekap nilai siswanya mulai dari menentukan nilai tertinggi, nilai terendah, dan mencari nilai rata-rata.


Untuk mempermudah pekerjaannya dengan banyaknya data jumlah siswa yang ada, pengguna dapat menerapkan rumus Average dalam excel sehingga tidak perlu menghitungnya dengan cara manual.

 Excel


3. UPPER dan LOWER

Jika pada beberapa contoh di atas rumus excel hanya digunakan untuk perhitungan matematika, kali ini akan dikenalkan salah satu rumus excel yang tidak digunakan untuk menghitung, melainkan untuk menangani data yang berbentuk teks.


Kira-kira rumus apakah itu? Rumus tersebut adalah rumus UPPER dan LOWER. Rumus UPPER merupakan rumus yang digunakan untuk mengkonversi semua karakter menjadi huruf besar. Adapun rumus LOWER merupakan rumus yang digunakan untuk mengkonversi semua karakter menjadi huruf kecil. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan contoh berikut.

Excel


4. SUM

Rumus SUM berfungsi untuk menjumlahkan data-data atau total data dalam rentang tertentu. Di dalam Excel tidak mengenal rumus pengurangan, namun kamu bisa menggunakan tanda operasi minus (-). Penulisan sel yang diinputkan pun bisa ditulis dengan cara manual maupun dengan menarik atau men drag kursor pada sel-sel yang akan dihitung.


Rumus SUM ini akan sangat membantu pengguna dalam menjumlahkan data terutama yang memiliki skala sangat besar sehingga pengguna tidak perlu menghitung secara manual. Adapun rumus umumnya adalah =SUM(value1;value2). Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh berikut.

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel dikenal sebagai software atau aplikasi yang memiliki banyak rumus. Rumus dalam excel tidak hanya bisa digunakan untuk data numerik saja, melainkan bisa diterapkan terhadap data teks pula.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :