FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 8 Jam 11 Menit 26 Detik 

Intip Tutorial Singkat SQL GROUP BY

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/74e8383689fdfd3975e1b08fb72caa7e_x_Thumbnail800.jpg

Sebelum beranjak lebih jauh kita akan membahas apa itu SQL. Jadi SQL adalah bahasa query yang biasa digunakan untuk mengambil sebuah informasi dari database. SQL ini digunakan juga untuk mengakses database, mengubahnya dan juga memanipulasikan database tersebut.


Di dalam SQL juga terdapat berbagai macam jenis statement, salah satu statement yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah SQL Group By. Jenis statement ini biasanya digunakan untuk mengelompokkan baris yang memiliki nilai yang sama.


Biasanya ketika kita melakukan sebuah penelitian pastinya kita akan menemukan dataset yang isinya lumayan banyak dan cenderung sulit untuk kita kelola. Dari hal ini tentunya kita membutuhkan SQL untuk membantu kita salah satu SQL yang bisa kita pakai adalah Group By.


Oleh karena itu kita perlu memahami fungsi SQL yang satu ini untuk mempermudah pekerjaan kita. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas statement ini jadi simak terus ya!


1. Pengertian Group By SQL

Group By ini biasa digunakan dengan menyatakan SELECT untuk mengatur data yang identik ke dalam group. Group By ini juga mengikuti dari klausa WHERE dalam pernyataan SELECT dan mendahului klausa ORDER BY.


Berikut kita akan melihat syntax dari Group By SQL. Jadi Group By harus bisa mengikuti kondisi di dalam WHERE dan juga harus bisa mendahului dari ORDER BY jika kalian ingin gunakan.

SELECT column1, function_name(column2)FROM table_nameWHERE conditionGROUP BY column1, column2ORDER BY column1, column2;function_name: Nama function yang digunakan pada contoh, SUM() , AVG().table_name: nama tabel.condition: kondisi.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Penerapan Group By dalam Single Column

Group by jenis ini memiliki arti sebagai penempatan semua baris dengan masing-masing data memiliki nilai yang sama hanya di dalam kolom tertentu pada satu group. Sebagai contoh kita akan membuat baris dengan nama duplikat yang dikelompokkan dibawah nama yang sama dan nim yang sesuai adalah dari nim baris duplikatnya. Fungsi SUM () dari SQL yang digunakan untuk menghitung jumlah.


Syntax dari group by ini adalah :

SELECT nama, SUM(nim) FROM mahasiswa GROUP BY nama;


Hasilnya akan seperti ini :

SQL


3. Penerapan Group By dalam Multiple Column

Group by jenis ini memiliki fungsi untuk dapat digunakan dalam mengelompokkan data dengan menggunakan kriteria dari dua kolom ataupun lebih. Misalnya kita ingin mengelompokkan data berdasarkan nim dan nama.


Caranya hampir sama dengan yang sebelumnya tetapi untuk output yang dihasilkan pada kolom nim yang akan ditampilkan lebih dari satu baris.


Syntax nya seperti ini :

SELECT nama, nim, Count(*)FROM StudentGROUP GROUP BY nama, nim;


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. Having

Untuk syntax WHERE yang biasa digunakan untuk menempatkan kondisi pada kolom. Nah bagaimana jika kita ingin menempatkan WHERE ini pada group. Maka dari itu kita membutuhkan Having untuk digunakan. Having ini sendiri digunakan untuk menempatkan kondisi untuk bisa memutuskan group mana saja yang akan menjadi bagian dari kumpulan hasil akhir. Kita juga pasti tidak bisa menggunakan fungsi agregat seperti SUM(), COUNT() dan sebagainya.


Untuk syntax dari having itu sendiri adalah :

Syntax:

SELECT column1, function_name(column2)
FROM table_name
WHERE condition
GROUP BY column1, column2
HAVING condition
ORDER BY column1, column2;


Contoh :

SELECT nama, SUM(nim) FROM mahasiswa GROUP BY nama HAVING SUM(nim)>22300200;

SQL


Nikmati trilogi modul Fundamental SQL menarik  lainnya bersama DQLab. Tidak perlu khawatir, kamu tetap bisa belajar ngoding meskipun belum familiar dengan bahasa pemrograman sekalipun. Belajar SQL adalah langkah yang tepat untuk membangun pembiasaan kamu untuk ngoding dan semakin memperkaya skill data science kamu. Yuk, Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :