GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 16 Menit 46 Detik 

Istilah Coding Python Yang Wajib Diketahui Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b54bae71af53f60971911e6ebdfdb36a_x_Thumbnail800.png

Siapa yang tidak kenal dengan Python? Bahasa pemrograman paling populer idaman para developer yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Guido van Rossum ini terus mengalami pembaruan hingga saat ini. Nama Python sendiri diambil dari program televisi favoritnya yang bernama œMonty Python Flying Circus.  Python adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan di seluruh dunia untuk mengembangkan situs web, algoritma dan menyederhanakan proses otomatisasi. Melalui bahasa pemrograman python, setiap program akan menjadi lebih ringkas jika dibandingkan bahasa pemrograman lain. Tak hanya itu, Python bertujuan untuk menghasilkan kode yang lebih jelas dan lebih logis untuk berbagai keperluan. Proses pengkodean Python sangat sederhana sehingga memberikan keleluasaan bagi developer untuk mengembangkan fitur baru dari suatu situs atau aplikasi. Dengan kemudahan yang diberikan, tak heran Python lebih mudah dipelajari oleh pemula. Berbicara mengenai bahasa pemrograman Python, ternyata bahasa ini dieksekusi oleh sebuah interpreter. Interpreter tersebut bertugas untuk memparsing sintaks python, dan kemudian mengkonversinya menjadi sebuah instruksi mesin satu persatu (maksudnya adalah satu baris-satu baris). 


Tapi, perlu kalian ketahui sahabat data bahwa dalam bahasa pemrograman apapun harus mengetahui istilah-istilah khusus dalam proses coding. Bagi kalian seorang pemula di bidang data, pemahaman istilah-istilah dasar merupakan hal terpenting sebelum kalian benar-benar menguasai keseluruhan bahasa pemrogramannya. Apalagi istilah coding Python perlu dipelajari agar nantinya tidak salah dalam pengaplikasiannya. Berbagai istilah-istilah pun bermunculan seperti code, comments, sintaks yang selalu ada saat kita melakukan analisis data dengan bantuan bahasa pemrograman Python. Oleh karena itu, istilah ini bisa kalian bawa sebagai pegangan bagi pemula data menekuni ilmu tentang data science terkhusus Python. Lalu kira-kira apa saja ya istilah-istilah dalam coding Python. Penasaran kan pastinya. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai istilah-istilah Python yang seringkali muncul dalam coding Python. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data untuk memutuskan belajar data science. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!


1. Code 

Code merupakan sebuah bahasa sederhana yang mempunyai syntax dan aturan (rule) sangat ketat. Digunakan oleh manusia untuk membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan. Istilahnya code dibuat untuk menghasilkan output dari hasil ketikan kode. Coding Language merupakan sebuah aturan dan syntax yang spesifik sehingga memungkinkan pengguna komputer membuat program yang dapat dijalankan dengan menggunakan aturan tersebut. Hal ini juga termasuk programming, assembly, dan bahasa markup seperti Ruby, PHP, HTM dan bahasa pemrograman yaitu Python.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya! 


2. Sintaks

Dalam dunia pemrograman, sintaks adalah rangkaian aturan atas susunan kode atau ekspresi secara terstruktur. Aturan tersebut mengacu pada bahasa pemrograman yang dipilih. Jika memenuhi aturan, maka sistem komputer akan mampu mengenali maksud kode program yang ditulis oleh programmer. Salah satu bahasa pemrograman yang memiliki aturan penulisan sintaks tersendiri adalah Python.


Aturan penulisan python terbagi menjadi beberapa sub bahasan; mulai dari struktur baris kode, statement, komentar, penugasan, indentasi, dan lain sebagainya. Secara umum ketentuan penulisan sintaks pada python memiliki sifat-sifat seperti case sensitive, tidak menggunakan titik koma, indentasi sebagai pembentuk struktur, tidak ketat terhadap tipe data dan human friendly


3. Comment 

Comments merupakan sekumpulan teks yang dituliskan di dalam sebuah program yang tidak akan mempengaruhi hasil dari sebuah program. Walaupun tidak mempengaruhi hasil program, comments merupakan salah satu komponen yang penting dalam pengembangan program. Hal tersebut dikarenakan comments dapat diselipkan di antara sekumpulan statements yang telah dituliskan, untuk berkomunikasi dengan rekan programmer lainnya dalam satu tim. Terdapat dua jenis comments di dalam Python, yaitu single dan multi line comment.

Single line comment adalah sekumpulan teks yang dituliskan hanya dalam satu baris saja. Contoh: perintah yang saya tuliskan tidak akan NOT FOUND

Multi line comment adalah sebuah comments yang dituliskan dalam beberapa baris yang dapat dituliskan di teks coding tersebut. Contoh:

       Perintah ini adalah perintah dari coding Python

       Ketika perintah ini dirunning maka akan menghasilkan output

       Output tersebut selanjutnya digunakan dalam pengolahan data


4. Whitespace

Python, tidak seperti bahasa pemrograman lainnya, menggunakan white space untuk indentasi. Indentasi digunakan untuk body dari sebuah block. Block yang dimaksud adalah block pada iterasi for loop atau while loop juga pada conditional if elif else block dan blok fungsi. Penandaan bahwa kita akan memulai sebuah blok dengan menggunakan ":" (tanda colon / titik dua). Whitespace, yang memisahkan antar pernyataan / perintah. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Belajar Data Science Tanpa Laptop Berspesifikasi Tinggi Bersama DQLab!

Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu menggunakan laptop berspek tinggi loh. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan. Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. 


Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :