#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 2 Jam 2 Menit 58 Detik

Jadi Data Engineer Hebat dengan Kuasai Skill Ini

Belajar Data Science di Rumah 08-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8750567d-0ab7-47c8-9b1f-43d952bb7ba4-2023-06-08-211158_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer adalah profesi yang bertanggung jawab dalam mempersiapkan data mentah agar bisa digunakan untuk analisis oleh Data Scientist maupun Data Analyst. Data Engineer juga menjadi salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Mengingat pekerjaan seorang Data Engineer adalah sesuatu yang bersifat teknis, sehingga mereka dituntut untuk memiliki skill khusus agar bisa menyelesaikan pekerjaannya. 


Beberapa skill teknik (hard skill) yang harus dikuasai seperti memahami konsep ETL (Extract, Transform, Load) data, kemampuan menjalankan bahasa pemrograman dan tools visualisasi, serta mampu menggunakan teknologi big data. Menariknya, untuk menjadi Data Engineer yang hebat, kita tidak hanya membutuhkan hard skill, namun juga soft skill untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efektif. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai soft skill yang harus dimiliki oleh Data Engineer agar bisa menjadi Data Engineer yang hebat. Yuk, simak pembahasannya!


1. Problem Solving dan Manajemen Project

Data Engineer

Sudah seharusnya seorang Data Engineer memiliki kemampuan analitis yang kuat untuk menganalisis data dengan cermat untuk mengidentifikasi pola, tren, atau masalah yang relevan. Kemampuan problem solving yang efektif dapat membantu mereka mengatasi tantangan teknis dan menemukan solusi yang tepat. Selain itu, Data Engineer juga harus memiliki kemampuan dalam manajemen project. Biasanya Data Engineer akan sering terlibat dalam project pengelolaan data yang kompleks. Sehingga dengan adanya skill manajemen project bisa membantu mereka mengatur prioritas, mengelola sumber daya, serta tidak melewati batas waktu project.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Skill Kolaborasi

Data Engineer

Biasanya, Data Engineer akan tergabung dalam tim yang terdiri dari berbagai profesional data. Kemampuan untuk berkolaborasi dengan Data Scientist, Data Analyst, serta Software Developer menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan bersama dan memastikan kesuksesan proyek. Tidak hanya bisa berkolaborasi dengan tim data, Data Engineer juga kerap kali harus berkolaborasi dengan tim yang non teknis atau tim lintas disiplin, sehingga memiliki skill kolaborasi ini memang harus dimiliki.


3. Komunikasi

Data Engineer

Komunikasi adalah hal cara kita untuk menyampaikan serta menerima informasi. Hampir semua profesi membutuhkan skill komunikasi yang baik, termasuk Data Engineer. Untuk bisa melakukan kolaborasi, maka komunikasi ini menjadi sangat penting dalam proses diskusi atau dalam berbagi informasi dan pengetahuan. Jika Data Engineer tergabung dengan tim yang non teknis, mereka harus dapat menjelaskan konsep teknis dengan jelas kepada rekan kerja non teknis. Selain itu, mereka juga butuh untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan bisnis untuk memahami kebutuhan mereka.


4. Kemampuan Belajar yang Cepat

Data Engineer

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi terjadi begitu pesat dan dalam waktu yang lebih singkat. Termasuk bidang data engineering yang terus berkembang, dan teknologi baru muncul dengan cepat. Untuk beradaptasi dengan hal tersebut, seorang Data Engineer harus memiliki kemauan belajar yang tinggi, ingin terus mengikuti perkembangan terbaru, dan mengadopsi alat dan teknologi baru yang relevan. Tentu saja ini akan sangat berpengaruh untuk karir mereka ke depannya.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Data Engineer sangat bergantung pada berbagai tools untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi. Dengan menggunakan tools ini, data engineer dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efisien dan efektif, memastikan bahwa data tersedia dan siap digunakan untuk analisis dan pengambilan keputusan.Data Engineer bisa kamu jadikan sebagai salah satu tujuan karir mu mengingat kebutuhan akan profesi ini disebutkan akan terus mengalami kenaikan. Untuk bisa menjadi Data Engineer, kamu bisa mulai dengan mempelajari modul-modul Python, R, dan Tableau yang disediakan oleh DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :