SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 35 Menit 12 Detik

Jago Analisis dengan Rumus Standar Deviasi Excel

Belajar Data Science di Rumah 18-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/915ef0373b03beeab8b689e58be2cad5_x_Thumbnail800.jpeg

Standar deviasi adalah rumus yang digunakan untuk mengukur sebaran pada kumpulan data berdasarkan rata-ratanya. Semakin dekat standar deviasi ke nol, semakin rendah variabilitas data dan rata-rata semakin dapat diandalkan. Artinya, kumpulan data tidak jauh berbeda. Standar deviasi sama dengan 0 menunjukkan bahwa setiap nilai dalam kumpulan data sama persis dengan rata-rata. Semakin tinggi standar deviasi, semakin banyak variasi dalam data dan semakin kurang akurat rata-ratanya.


Standar deviasi adalah pengukuran variasi dalam kumpulan data. Formula ini menjadi statistik yang sangat berguna untuk memahami seberapa mirip atau tidak miripnya data. Microsoft excel dapat menghitung standar deviasi dalam hitungan detik, selama kita mengetahui rumus dan perintah mana yang harus digunakan. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi penggunaan standar deviasi, menjelaskan cara menggunakan excel untuk menghitung standar deviasi dan hal penting lainnya. Jadi, catat baik-baik poin berikut ya!


1. Mengapa Kita Menggunakan Standar Deviasi?

Standar deviasi dapat membantu kita untuk memberikan wawasan yang bermanfaat tentang konsentrasi data dalam excel. Dengan kata lain, rumus ini menunjukkan apakah angka dalam kumpulan data dikelompokkan bersama atau tersebar. Standar deviasi yang rendah menunjukkan bahwa semua titik data mendekati rata-rata, sedangkan standar deviasi yang tinggi menunjukkan bahwa titik data tersebar dalam rentang yang lebih luas. Kita dapat menghitung deviasi standar dengan mengambil akar kuadrat dari varians untuk kumpulan data. Jika dihitung menggunakan cara manual, prosesnya akan memakan waktu cukup lama, tetapi dengan menggunakan fungsi rumus di Microsoft Excel, kita dapat melakukannya dengan cepat dan efisien.


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Kegunaan Standar Deviasi

Banyak profesional menggunakan standar deviasi untuk lebih memahami varians dalam kumpulan data tertentu. Misalnya, seorang marketer menggunakan standar deviasi untuk menghitung uang yang diperoleh dari iklan untuk memprediksi dengan lebih baik kisaran pendapatan yang mungkin mereka dapatkan di masa depan. Forecaster cuaca juga biasanya menggunakan standar deviasi untuk menjelaskan margin kesalahan yang dapat ditolerir oleh publik dalam ramalan mereka. Profesional yang bekerja di bidang keuangan juga sering menggunakan standar deviasi untuk menganalisis dan mengelola investasi dan portofolio.

Excel


3. Jenis Standar Deviasi

  • STDEV.P, rumus ini menghitung standar deviasi untuk seluruh populasi berdasarkan informasi numerik saja. Formula ini mengabaikan teks dan nilai logis dalam excel.

  • STDEVA, rumus ini menghitung standar deviasi sampel dari kumpulan data dan menyertakan teks dan nilai logika dalam perhitungan. Semua nilai FALSE diwakili oleh 0, dan nilai TRUE diwakili oleh 1.

  • STDEVPA, rumus ini menghitung standar deviasi untuk seluruh populasi dan menyertakan teks dan nilai logika dalam perhitungan. Seperti STDEVA, semua nilai FALSE diwakili oleh 0, dan nilai BENAR diwakili oleh 1.

  • STDEV, rumus ini adalah versi lama dari rumus STDEV.S yang digunakan Excel untuk menghitung standar deviasi sampel sebelum 2007. 

  • STDEVP, rumus ini adalah versi lama dari rumus STDEV.P yang masih ada untuk kompatibilitas.

Excel


4. Rumus Standar Deviasi

Secara umum, rumus standar deviasi dibagi menjadi dua, yaitu standar deviasi untuk data populasi dan data sample. Standar deviasi untuk data populasi dilambangkan dengan ‘tau’ sedangkan standar deviasi untuk data sample adalah huruf s kecil.

Excel

N adalah jumlah keseluruhan data. Xi adalah data ke-i dan miu atau Xbar adalah rata-rata.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Selain rumus standar deviasi, excel juga menyediakan rumus statistika lain yang sangat berguna bagi pengolahan data dan penelitian. Yuk uji pengetahuan excel kamu dengan menyelesaikan kuis dari DQLab! Kuis ini FREE, loh! Kamu bisa kerjakan kapanpun dan di manapun. Yuk akses kuisnya dengan cara sign up melalui DQLab.id kemudian masuk ke menu My Class dan pilih menu Quiz lalu klik button excel dan akses kuis persiapan “Quiz Basic Excel”. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login