TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 11 Jam 26 Menit 25 Detik

Jago Python dengan Mengikuti Bootcamp, Ini Tipsnya!

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f140a678bd0f82a423964a011859aa33_x_Thumbnail800.jpeg

Bootcamp Python adalah program pelatihan intensif yang dirancang untuk membantu peserta belajar dan menguasai bahasa pemrograman Python dalam waktu yang singkat. Adapun waktu yang disediakan untuk peserta dalam mengikuti bootcamp Python mulai dari dua minggu bahkan berbulan-bulan sehingga waktunya relatif singkat. 


Dengan demikian, pihak penyelenggara bootcamp memberikan pelatihan praktis yang intensif dan mendalam terkait skill-set yang berkaitan dengan bahasa pemrograman Python. Tujuan diselenggarakan bootcamp Python yaitu untuk membantu peserta belajar Python dengan mudah, efektif, dan terstruktur. 


Dalam sebagian besar bootcamp, para peserta akan diajarkan terkait konsep-konsep dasar Python seperti sintaks dasar, tipe data, struktur kontrol aliran, fungsi, dan modul. Selain itu, peserta akan mempelajari topik-topik tingkat lanjut seperti pembuatan aplikasi web dengan Python atau melakukan pengembangan games dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Namun, seperti dengan semua program pelatihan lainnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengikuti bootcamp Python. 


Kira-kira apa saja faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih program bootcamp Python? Simak informasinya berikut ini yuk sahabat DQLab.


1. Tujuan dan Kebutuhan Pelatihan

Setiap peserta memiliki tujuan dan kebutuhan pelatihan yang berbeda-beda. Beberapa peserta mungkin ingin mempelajari Python untuk meningkatkan keterampilan teknis mereka, sementara yang lain mungkin ingin memulai karir di bidang pemrograman maupun industri data. Oleh karena itu, sebelum memilih bootcamp Python, peserta harus mempertimbangkan tujuan dan kebutuhan pelatihan pribadi mereka untuk memastikan bahwa bootcamp yang mereka pilih sesuai dengan kebutuhan mereka. Pastikan mereka juga memiliki niat yang kuat sebelum mengikuti bootcamp sehingga mereka dapat menyelesaikan sampai akhir.

Python


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL 


2. Biaya

Biaya menjadi salah satu pertimbangan yang penting dalam mengikuti bootcamp. Apabila pihak penyelenggara mematok harga terlalu murah maka calon peserta pastinya meragukan kredibilitas dari bootcamp yang dilaksanakan. Biaya bootcamp Python dapat bervariasi tergantung pada program dan penyelenggara. Pastikan untuk memperkirakan biaya total termasuk biaya pendaftaran, biaya pelatihan, biaya bahan belajar, dan biaya lainnya. Selain itu, pastikan bahwa bootcamp Python memberikan nilai tambah yang sepadan dengan biaya yang dibayarkan.

Python


3. Kurikulum

Kurikulum bootcamp juga menjadi salah satu pertimbangan calon peserta. Sebab, sekeluarnya nanti setelah lulus dari bootcamp mereka akan langsung terjun ke dunia industri. Setiap bootcamp Python memiliki kurikulum yang berbeda. Pastikan untuk memeriksa kurikulum program pelatihan yang akan diikuti, dan pastikan bahwa itu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Pastikan juga bahwa kurikulum menawarkan pembelajaran yang terstruktur, didukung oleh instruktur yang berkualitas, serta tugas-tugas dan proyek yang akan memberikan pengalaman belajar yang efektif.

Python


4. Instruktur

Instruktur yang berkualitas sangat penting dalam membantu Anda belajar Python dengan efektif. Pastikan bahwa instruktur bootcamp Python memiliki kualifikasi dan pengalaman yang memadai dalam bidang Python dan pelatihan. Terkadang dalam menentukan instruktur juga pihak penyelenggara pastinya akan mempertimbangkan. Mulai dari skill, kredibilitas tenaga pengajar dalam bootcamp, kesesuaian bidang keahlian yang ditekuni dengan expertise saat membawakan materi bootcamp kepada peserta.

Python


5. Lokasi

Beberapa bootcamp Python dapat diikuti secara online, sementara yang lain dilakukan secara tatap muka. Jika Anda memilih untuk mengikuti program pelatihan secara tatap muka, pastikan bahwa lokasi bootcamp Python mudah diakses dan sesuai dengan lokasi Anda.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


6. Durasi

Durasi program pelatihan juga perlu dipertimbangkan. Beberapa bootcamp Python hanya berlangsung selama beberapa hari, sementara yang lain mungkin berlangsung selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Pastikan bahwa durasi program pelatihan cocok dengan jadwal dan kebutuhan Anda.

Python


7. Ulasan dan Testimoni

Melihat ulasan dan testimonial dari mantan peserta bootcamp Python dapat memberikan wawasan tentang pengalaman mereka dalam program pelatihan tersebut. Ulasan dan testimonial dapat membantu Anda memilih bootcamp Python yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Python

Salah satu bootcamp yang tersedia di DQLab adalah bootcamp yang berjudul “Data Analyst with Python & SQL”. Dalam kelas ini peserta akan membangun skill data analyst melalui materi fundamental Python & SQL untuk mengolah dan menganalisis data. Tentunya kelas ini akan dibimbing oleh para mentor yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari - 19 April 2023.

Python

Beberapa materi yang akan dipelajari adalah memahami coding dasar dengan Python secara bertahap, melakukan pengolahan data dengan SQL untuk pengambilan data, pengurutan sampai penggabungan data, menerapkan pengolahan data dasar dengan Python, merancang dan menghasilkan visualisasi dengan menggunakan library-library Python, dan masih banyak lainnya.


Kalian bisa belajar melalui program Bootcamp Live Class yang disediakan oleh DQLab. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python.


Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang Data Science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?

  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian atau Sign Up dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :