Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Jangan Tunda, Ini Manfaat Pelatihan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 14-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-02-2023-11-14-171559_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital seperti sekarang, kebutuhan profesi data scientist terus meningkat. Namun, untuk bisa menjadi data scientist profesional tentu dibutuhkan kemampuan baik hard skill maupun soft skill. Semua kemampuan ini perlu dipersiapkan dengan baik. Kalian bisa mulai dengan belajar mandiri atau bahkan mengikuti pelatihan agar proses belajar lebih terstruktur dan terukur.


Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan data scientist? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut beberapa manfaat tersebut. Manfaat ini tentunya tidak akan kalian dapatkan jika dilakukan dengan belajar mandiri. Penasaran apa saja manfaat tersebut? Cari tahu sekarang pada pembahasan berikut ini!


1. Mengasah Kemampuan Problem Solving

Data Scientist

Mengikuti pelatihan data scientist memberikan manfaat signifikan terutama untuk mengasah kemampuan problem solving. Seorang data scientist akan dihadapkan pada tantangan untuk mengidentifikasi masalah, merancang pendekatan analisis yang efektif, dan menghasilkan solusi yang dapat diterapkan dalam konteks bisnis.


Pelatihan membekali peserta dengan pengetahuan matematis dan statistik yang mendalam, sehingga kalian dapat memecahkan masalah kompleks dengan menggunakan algoritma dan teknik machine learning.


Dengan memahami permasalahan secara menyeluruh, kalian menjadi mampu mengidentifikasi parameter yang relevan, mengumpulkan data yang diperlukan, dan merancang solusi yang tepat. Hal ini melibatkan kombinasi antara keahlian teknis, pemahaman kontekstual bisnis, dan kemampuan berpikir kritis. Kalian bisa mendapatkan kemampuan problem solving ini melalui pelatihan data scientist.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Meningkatkan Kredibilitas Profesional

Data Scientist

Mengikuti pelatihan data scientist juga memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kredibilitas profesional seseorang. Sertifikasi atau pelatihan formal dalam data science memberikan bukti konkret kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh seorang individu dalam bidang ini.


Kredibilitas ini juga dapat membantu dalam negosiasi gaji atau promosi, karena pemilik sertifikasi atau pelatihan data science sering dianggap memiliki nilai tambah bagi perusahaan.


Seorang data scientist yang telah mengikuti pelatihan resmi cenderung memiliki akses ke komunitas profesional yang luas, termasuk sesama profesional data scientist, instruktur, dan pakar industri. Hal ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, tetapi juga membuka peluang kolaborasi dan pertumbuhan profesional lebih lanjut.


3. Memperluas Networking Praktisi Data

Data Scientist

Mengikuti pelatihan data scientist juga membuka peluang untuk memperluas jaringan profesional di antara praktisi data. Selama pelatihan, kalian memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan instruktur yang berpengalaman dan sesama peserta yang mungkin berasal dari berbagai latar belakang industri.


Dengan ini kalian dapat bertukar ide, memecahkan masalah bersama, dan belajar satu sama lain. Networking ini tidak hanya dapat memberikan dukungan dalam pemecahan masalah dan pemahaman konsep yang kompleks, tetapi juga membuka pintu bagi peluang kerja atau proyek kolaboratif di masa depan.


Selain itu, memperluas jaringan profesional dalam komunitas data scientist juga membantu kalian tetap up-to-date dengan perkembangan terbaru di dunia data science. Kalian dapat mengikuti tren industri, berbagi informasi tentang perkembangan teknologi, dan mendapatkan akses ke sumber daya tambahan melalui networking ini.


Dengan demikian, pelatihan data scientist tidak hanya memberikan keahlian individu, tetapi juga membangun networking profesional yang akan kalian butuhkan ke depannya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Peluang Karir yang Lebih Baik

Data Scientist

Mengikuti pelatihan data scientist secara signifikan juga akan meningkatkan peluang karir. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan, kalian menjadi lebih kompeten dalam menangani permasalahan kompleks yang berkaitan dengan analisis data.


Jika kemampuan kalian semakin terasah, tentu akan menciptakan peluang untuk menduduki posisi-posisi yang lebih strategis dan berpengaruh dalam perusahaan. Selain itu, kebutuhan akan profesional data scientist yang terampil semakin tinggi di berbagai sektor, termasuk teknologi, keuangan, kesehatan, dan e-commerce, membuka peluang untuk mencari pekerjaan di berbagai industri.


Wah ternyata sangat penting untuk segera mengikuti pelatihan data scientist terutama di era digital seperti sekarang. Apakah SahabatDQ masih bingung memilih tempat pelatihan atau kursus yang tepat? Kalian bisa mulai belajar di DQLab. Modul ajarnya lengkap dan bervariasi. Semua skill yang dibutuhkan akan diajarkan. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri.


Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jika kalian terdaftar sebagai member Platinum, kalian bisa mengakses semua modul pembelajaran. Mulai dari R, Python, SQL, dan Excel. Skill kalian akan lebih matang lagi.

Data Scientist



Yuk, segera lakukan Sign Up dan persiapkan diri untuk menjadi seorang data scientist profesional bersama DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Dita Feby

Editor: Annisa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login