MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 2 Jam 24 Menit 46 Detik 

Jenis Analisis Data serta Kelebihan dan Kekurangannya

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d2112fed0e3e2782eab6c03c61befbe0_x_Thumbnail800.png

Saat ini kita sedang berada di era revolusi industri 4.0 dimana hampir sebagian besar kegiatan dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan internet. Perkembangan internet ini berdampak ke berbagai hal, salah satunya adalah bidang data. Pada bidang data saat ini sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘big data’, yaitu data yang memiliki ukuran atau volume yang sangat besar. Big data ini tentunya perlu melalui proses analisis data sehingga menghasilkan informasi. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali beberapa jenis analisis data yang dapat digunakan.


Sebelum mengenal lebih jauh terkait jenis analisis data, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu analisis data. Secara singkat, analisis data merupakan sebuah proses pengolahan data mulai dari pengumpulan, pemeriksaan, pengolahan sampai penyajian data. Proses analisis data memiliki beberapa teknik atau metode yang perlu disesuaikan dengan jenis data yang digunakan. Hal itu dikarenakan pemilihan teknik yang tepat akan mempengaruhi hasil analisis data. Berikut ini merupakan beberapa penjelasan terkait jenis analisis data, yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.


1. Analisis Data Kualitatif

Jenis analisis data yang pertama merupakan analisis data kualitatif. Sesuai dengan namanya, analisis data kualitatif diterapkan pada data kualitatif. Data kualitatif merupakan data yang tidak dapat diolah atau disajikan dalam bentuk angka, hal ini berarti data kualitatif tidak bersifat numerik. Biasanya data kualitatif dapat berupa teks, gambar, video, artikel, dsb. Adapun teknik analisis yang dapat diterapkan pada data kualitatif antara lain seperti wawancara, observasi lapangan, kajian pustaka, dll 


Baca juga : Analisis Data Adalah: Mengenal Pengertian, Jenis, Dan Prosedur Analisis Data


2. Kelebihan dan Kekurangan Analisis Data Kualitatif

Setelah kita mengetahui data yang akan diolah adalah jenis data kualitatif, kita perlu memilih kira-kira apakah metode atau teknik yang tepat yang dapat diterapkan pada data. namun ada hal lain yang perlu diketahui terkait analisis data kualitatif,yaitu kelebihan dan kekurangannya. Adapun beberapa kelebihan analisis data kualitatif antara lain:

  1. Informasi dari informan dapat diperoleh secara mendalam

  2. Penelitian lebih berjalan subjektif

  3. Memiliki landasan teori yang sesuai dengan fakta

  4. Lebih efektif jika memerlukan tanggapan informan dikarenakan bertemu secara langsung, dll

Adapun kekurangan analisis data kualitatif antara lain:

  1. Bersifat sirkuler

  2. Ukuran penelitian kecil

  3. Kurang efektif jika digunakan untuk penelitian secara besar

  4. Peneliti lebih bertanggung jawab atas informasi yang diberikan oleh informan, dll


3. Analisis Data Kuantitatif

Pada bagian sebelumnya telah mengenali apa itu analisis data kualitatif. Secara pengertian tidak banyak berbeda dengan analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif pun digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Data kuantitatif berkebalikan dari data kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang dapat diolah dan disajikan dalam bentuk angka serta bersifat numerik. Beberapa teknik analisis data yang sering digunakan antara lain  analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, dll.


4. Kelebihan dan Kekurangan Analisis Data Kuantitatif

Setiap jenis analisis data tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut tentunya dapat digunakan sebagai dasar untuk pemilihan teknik yang tepat pada data yang digunakan. Kelebihan analisis data kuantitatif antara lain:

  1. Penelitian berjalan secara sistematis

  2. Penelitian lebih berjalan objektif

  3. Dapat diterapkan pada data yang berukuran besar

  4. Lebih spesifik, rinci dan jelas, dll

Adapun kekurangan analisis data kuantitatif antara lain:

  1. Penelitian tidak subjektif

  2. Keterlibatan informan lebih sedikit

  3. Orientasi hanya terbatas pada nilai dan jumlah, dll


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnismu


5. Belajar Analisis Data Bersama DQLab

Analisis data merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam kegiatan penelitian. Analisis data pun memerlukan berbagai teknik analisis data yang tepat. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!