Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Jenis-Jenis Grafik Populer di Excel

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cf6bf35ca8125cc23587ad6332dfc27c_x_Thumbnail800.jpeg

Grafik di excel sangat diminati di industri profesional saat ini. Oleh karena itu, mempelajari basic grafik di excel akan membawa kita selangkah lebih maju di dunia kerja yang sangat kompetitif ini. Grafik di excel didefinisikan sebagai chart untuk menyajikan data yang dianalisis. Dengan menggunakan berbagai grafik yang dikhususkan untuk tipe data yang berbeda, data numerik dapat disajikan dengan cara yang komprehensif dan sangat mudah.


Grafik excel dapat menunjukkan berbagai informasi, mulai dari pertumbuhan, penurunan, perbandingan, situasi keseluruhan, dan lainnya hanya dengan beberapa gambar yang disajikan. Agar dapat menggunakan grafik dengan baik, kita harus memiliki banyak pemahaman tentang masing-masing grafik agar dapat menampilkan informasi yang tepat berdasarkan data tersebut. Excel memiliki berbagai jenis grafik. Pada artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis grafik populer di excel. Penasaran apa saja? Yuk kita simak bersama!


1. Column Chart

Saat kita bekerja dengan data yang berubah dari waktu ke waktu dan ingin menempatkan kumpulan data serupa untuk menyajikan pertumbuhan atau pengurangan komparatif, kita bisa menggunakan column chart untuk menjelaskan informasi dalam data tersebut secara efektif. Ada empat kriteria utama di column chart excel yang dapat kita pilih berdasarkan data yang kita miliki dan preferensi estetika kita.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Line Chart

Line chart pada dasarnya adalah garis yang terhubung dalam area grafik yang bekerja dengan cara yang sama seperti bar chart tetapi dengan intensitas yang lebih tinggi untuk menunjukkan perbedaan. Jika diperhatikan, line chart lebih terlihat seperti garis detak jantung pada titik data berbeda yang digunakan untuk memahami naik turunnya data.

Excel


3. Doughnut Chart

Chart donat merupakan grafik di excel yang menyerupai pie chart. Chart ini disebut dengan grafik donat karena bentuknya yang mirip dengan donat. Bedanya dengan pie chart adalah pie chart menggunakan semua area lingkaran sedangkan chart donat lebih tepat dan mendorong area data ke margin untuk pemahaman yang lebih baik.

Excel


4. Scatter

Scatter chart dapat digunakan untuk mengukur dua set data variabel terhadap dasar yang sama. Misalnya, jika waktu diukur terhadap jarak, satu sumbu dapat mengukur waktu yang dibutuhkan sepeda dan sumbu lainnya waktu yang dibutuhkan mobil dan menempatkan semua data dalam area grafik. Dengan melihat setiap titik data, kita dapat menyajikan informasi langsung mengenai masing-masing sumbu yang diuntungkan atau dirugikan.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Yuk aplikasikan chart excel dengan data yang mencerminkan data real di dunia industri bersama DQLab! DQLab itu apa sih? Well, DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login