Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Jenis Pelatihan yang Cocok untuk Jadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 09-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2024-05-09-194922_x_Thumbnail800.jpg

Hai, Sobat Data Science! Jika kamu tertarik untuk memulai karir sebagai Data Scientist, pasti kamu bertanya-tanya, "Apa saja jenis pelatihan yang tersedia untuk menjadi Data Scientist?" Jangan khawatir, karena di dunia digital yang serba canggih ini, terdapat berbagai macam pelatihan yang bisa kamu ikuti, mulai dari yang formal di perguruan tinggi hingga kursus online yang bisa diakses kapan saja. Simak artikel ini untuk mengetahui pilihan pelatihan yang cocok untuk memulai karir sebagai Data Scientist!


Pertama-tama, penting untuk dipahami bahwa menjadi data scientist tidak harus melalui jalur formal perguruan tinggi. Saat ini, ada banyak pilihan pelatihan dan kursus yang dapat membantu kamu menguasai keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia data science. Mulai dari yang paling mendalam hingga yang lebih praktis, ada sesuatu untuk setiap orang yang ingin mengejar karir menarik ini. Berikut adalah beberapa jenis pelatihan yang bisa kamu pertimbangkan:


1. Kursus Online Mandiri

Data Scientist

Salah satu cara paling populer untuk memulai perjalanan sebagai data scientist adalah dengan mengambil kursus online mandiri. Di platform seperti DQLab, Coursera, atau Udemy, kamu bisa menemukan kursus-kursus khusus data science yang disampaikan oleh para ahli. Kursus ini biasanya dapat diakses kapan saja dan memiliki beragam materi, mulai dari pengenalan data science hingga teknik analisis data yang lebih kompleks.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bootcamp Data Science

Jika kamu ingin belajar intensif dalam waktu singkat, bootcamp data science bisa menjadi pilihan yang tepat. Bootcamp ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan dan menawarkan pengalaman langsung dalam proyek-proyek data science. Kamu akan belajar langsung dari praktisi industri dan dapat membangun portofolio yang kuat.


3. Program Sarjana atau Magister

Data Scientist

Bagi mereka yang mencari pendidikan yang lebih formal, mengambil program sarjana atau magister dalam bidang data science atau ilmu komputer bisa menjadi langkah yang baik. Program akademis ini memberikan landasan yang kokoh dalam teori dan praktik data science, serta memungkinkan untuk jaringan yang luas dengan rekan sejawat dan profesional industri.


4. Sumber Daya Gratis Online

Tidak semua pelatihan data science harus mahal. Ada banyak sumber daya gratis online seperti blog, tutorial YouTube, dan forum diskusi yang dapat membantu kamu memahami konsep dasar data science. Meskipun tidak formal, sumber daya ini dapat menjadi tambahan berharga untuk pengembangan karirmu.


5. Kursus Spesifik Teknologi

Data Scientist

Selain itu, kamu juga dapat mengambil kursus spesifik untuk teknologi tertentu yang banyak digunakan dalam data science, seperti Python, R, SQL, TensorFlow, dan sebagainya. Memahami alat-alat ini dengan baik akan membantu memperluas peluang karirmu dalam industri data science.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Tertarik untuk memulai perjalananmu sebagai data scientist? Jangan ragu untuk bergabung dengan kursus-kursus data science kami di DQLab! Kami menawarkan berbagai program pelatihan yang dirancang untuk membantu kamu memulai dan memperdalam keterampilan data science. 


Yuk bangun portfolio di bidang data science kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login