PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 16 Menit 35 Detik 

Jenis Teknik Analisis Data Berdasarkan Pendekatan Statistik dan Matematika

Belajar Data Science di Rumah 17-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5ee834e385a30242ba8ea224c345b298_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data adalah teknik yang biasanya melibatkan beberapa kegiatan seperti pengumpulan, pembersihan, dan pengorganisasian data. Proses ini biasanya memerlukan software analisis data untuk menyiapkan data yang akan berguna bagi perkembangan bisnis. Analisis data digambarkan sebagai ilmu yang bertujuan untuk menganalisis data mentah untuk menarik kesimpulan berdasarkan data. 


Metode dan teknik analisis data berguna untuk menemukan insight dalam data, seperti metrik, fakta, dan angka. Dua metode utama untuk analisis data adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data ini dapat digunakan secara independen atau dikombinasikan dengan yang lain untuk membantu para stakeholders memperoleh insight bisnis dari tipe data yang berbeda.


Analisis data adalah proses menangkap informasi yang berguna dengan memeriksa, membersihkan, mengubah dan memodelkan data menggunakan suatu tools. Jenis teknik analisis data dibedakan menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah jenis teknik analisis data yang dibedakan berdasarkan pendekatan statistika dan matematika. Apa saja metode yang masuk ke dalam jenis teknik analisis data tersebut? Yuk kita simak bersama artikel ini sampai akhir!


1. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan langkah awal yang penting untuk melakukan analisis statistik. Metode ini memberi kita gambaran tentang distribusi data, membantu mendeteksi outlier, dan mengidentifikasi hubungan antar variabel sehingga kita bisa mempersiapkan data untuk melakukan analisis statistik lebih lanjut. Analisis deskriptif dari kumpulan data yang sangat besar dapat dipermudah dengan cara memecahnya menjadi dua kategori, yaitu analisis deskriptif untuk setiap variabel individu dan analisis deskriptif untuk kombinasi variabel.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Regresi

Analisis regresi adalah salah satu teknik analisis data yang paling banyak digunakan di industri saat ini. Dalam teknik semacam ini, kita dapat melihat hubungan antara dua atau lebih variabel yang menarik atau dengan kata lain kita akan mempelajari pengaruh satu atau lebih variabel independen terhadap variabel dependen. Untuk melihat apakah ada hubungan antara variabel atau tidak, pertama-tama kita perlu memplot data variabel dependen dan independen pada grafik.Sebagai contoh, perhatikan grafik di bawah ini.

Teknik Analisis Data


3. Analisis Faktor

Analisis faktor adalah jenis teknik analisis data yang membantu kita dalam menemukan struktur yang mendasari dalam satu set variabel. Metode ini bekerja dengan cara menemukan variabel independen dalam kumpulan data yang menggambarkan pola dan model hubungan. Teknik analisis data ini adalah langkah pertama menuju prosedur pengelompokan dan klasifikasi. Analisis faktor juga berkaitan dengan Principal Component Analysis (PCA).


4. Analisis Time Series atau Deret Waktu

Analisis deret waktu adalah teknik analisis data yang berhubungan dengan data deret waktu atau analisis trend. Data deret waktu adalah data dalam rangkaian interval atau periode waktu tertentu. Jika kita melihat secara ilmiah, sebagian besar pengukuran dilakukan dari waktu ke waktu.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


5. Belajar Penerapan Teknik Analisis Data Dengan Data Industri

Sudah paham bagaimana cara kerja teknik analisis data dan ingin mempraktekkannya secara langsung? Yuk praktek bersama modul dari DQLab! Modul DQLab dilengkapi dengan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita bisa belajar dan merasakan secara langsung bagaimana kondisi data real di berbagai industri.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses MODUL GRATIS "Introduction to Data Science" dengan R dan Python dan nikmati pengalaman menarik menggunakan live code editor dari DQLab.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :