SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 21 Menit 28 Detik

Jenjang Karir Sebagai Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7da8567e4fab237e6fb9b65c7d925b1b_x_Thumbnail800.jpeg

Data Engineer merupakan salah satu profesi idaman di industri data. Tak heran, jika profesi ini masuk ke dalam sub engineering yang termasuk dalam high paying jobs di seluruh dunia. Data Engineering merupakan subbidang dari software engineering yang fokus pada pengembangan sistem dan infrastruktur perdataan. Data engineering fokus pada bagaimana data scientist dapat mengakses data yang dibutuhkan dengan cepat dan akurat. Secara garis besar, data engineer bertugas membangun sistem atau infrastruktur yang berkaitan dengan volume data dalam jumlah besar. 


Peran seorang Data Engineer telah menjadi semakin penting di dunia bisnis yang didominasi oleh data. Mereka bertanggung jawab untuk membangun, mengelola, dan memelihara infrastruktur data yang memungkinkan perusahaan memanfaatkan potensi data mereka secara maksimal. Tidak menutup kemungkinan apabila Data Engineer ini membuka banyak posisi sesuai dengan tingkatan karir, pengalaman, tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Setiap jenjang karir yang dimiliki oleh posisi data engineer punya tingkat kesulitan dan tantangannya masing-masing. Adapun setiap posisi bobotnya juga berbeda tergantung pada setiap tingkatannya mulai dari junior sampai top management. 


Penasaran dengan apa saja jenjang karir dari posisi data engineer beserta tugas dan job descriptionnya? Kamu bisa kepoin lebih lanjut melalui postingan berikut ini ya sahabat DQLab!


1. Junior Data Engineer

Posisi Junior Data Engineer adalah posisi awal dalam karir Data Engineer. Biasanya, seorang Junior Data Engineer memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman, querying, basis data, dan konsep dasar pemrosesan data. Mereka akan bekerja di bawah pengawasan dan bimbingan seorang Senior Data Engineer atau Data Engineer yang lebih berpengalaman. Tugas-tugas mereka meliputi membangun alur kerja data sederhana, menjalankan proses ETL yang telah ditentukan, serta membantu dalam pengumpulan, pemrosesan, dan penyimpanan data.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Intermediate Data Engineer

Setelah memperoleh pengalaman dan pemahaman yang lebih dalam tentang prinsip-prinsip data engineering, seorang Junior Data Engineer dapat naik ke tingkat Intermediate Data Engineer. Pada tingkatan ini, mereka memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang bahasa pemrograman, querying, dan basis data. Intermediate Data Engineer dapat merancang dan mengimplementasikan alur kerja data yang lebih kompleks, melakukan transformasi data yang lebih lanjut, dan memecahkan masalah teknis yang lebih kompleks. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan tim analisis data untuk memahami kebutuhan bisnis dan menyediakan solusi data yang sesuai.


3. Senior Data Engineer

Senior Data Engineer adalah tingkatan yang lebih tinggi dalam karir Data Engineer. Pada tingkat ini, seorang Data Engineer telah mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang berbagai teknologi dan konsep dalam bidang data engineering. Mereka dapat merancang, membangun, dan mengelola infrastruktur data yang kompleks dan scalable. Seorang Senior Data Engineer juga berperan dalam mengarahkan strategi data dan mengawasi implementasi proyek-proyek data engineering. Mereka dapat berperan sebagai mentor bagi Data Engineer yang lebih junior (bawah) dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan bisnis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kesempatan baru dalam pengolahan data.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Data Engineering Architect/Lead

Posisi Data Engineering Architect atau Data Engineering Lead adalah tingkatan yang lebih tinggi dalam hierarki karir Data Engineer. Seorang Data Engineering Architect memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengarahkan arsitektur data keseluruhan perusahaan. Mereka memastikan bahwa infrastruktur data memenuhi kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan, serta mendukung tujuan strategis perusahaan. Data Engineering Architect juga dapat memimpin tim Data Engineer, mengawasi proyek-proyek penting, dan berkolaborasi dengan tim manajemen eksekutif untuk membentuk visi dan strategi data.


5. Data Engineering Manager/Director

Pada tingkatan ini, seorang Data Engineer dapat memegang peran manajerial sebagai Data Engineering Manager atau Data Engineering Director. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk memimpin tim Data Engineer, tetapi juga mengelola anggaran, sumber daya, dan strategi data engineering dalam organisasi. Seorang Data Engineering Manager/Director berfokus pada pengembangan tim, perencanaan proyek, serta melibatkan diri dalam keputusan strategis terkait teknologi dan arsitektur data.


Jadi, gimana sudah tahu kan bahwa posisi data engineer ini memiliki tingkatan posisi yang semakin naik sesuai dengan jenjang karir dan seberapa banyak pengalaman yang mereka tekuni ketika ingin menduduki posisi ini. Penting untuk diingat bahwa skillset seorang Data Engineer terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, sehingga selalu penting untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri ini.


Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai Data Science & Artificial Intelligence (AI) bersama DQLab menggunakan bahasa pemrograman populer, serta fitur ChatGPT. DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based yang ramah pemula! Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id.


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login